04
Apr
13

kekurangan dan kelebihan energi angin

spoiled for : energi angin

Sobatsepeda, Seperti kita ketahui pergerakan angin akan selalu bergerak dari tekanan tinggi menuju tekanan yang lebih rendah dan selalu seperti itu karena memang sudah sifat angin dan merupakan hukum alam (wicak).

Keberadaan angin dikarenakan panas matahari memberikan peningkatan suhu pada permukaan dibawahnya pada suatu kurun waktu.Udara yang lebih dingin akan diisi oleh udara yang bertekanan lebih tinggi  ,karena kekosongan tekanan hingga suhu seimbang (wicak).

Menurut  Department of Energy (DOE) Negara Amerika ,Energi angin adalah energi yang paling pesat perkembangaanya di seluruh dunia (wicak).

Ini adalah sumber energy yang bersih dan tidak mencemari lingkungan .Energi angin juga termasuk energi yang paling murah dari berbagai jenis energi terbarukan , dibawah ini kami uraikan berbagai karakter dan fakta tentang energi angin:

spoiled for : energi angin

Fakta pertama tentang energi angin – cerita kuno 

Belanda telah merevolusi desain bilah yang digunakan pada kincir angin pada rumah-rumah penduduk (wicak).

Energi angin telah digunakan di Mesir lebih dari 5000 tahun yang lalu untuk berlayar sepanjang sungai Nil (wicak).

Bahkan nenek moyang kita yang memang benar-benar pelaut handal dari tanah air menuju Madagaskar hingga tanjung Harapan menggunakan perahu bercadik juga menggunakan kekuatan angin yang artinya berlayar yang kurang lebih 5000 tahun yang lalu terbukti banyak keturunan jawa di kedua wilayah tersebut, karena tidak mungkin mendayung sejauh ribuan mil laut dari pulau Jawa menuju Madagascar(wicak).

Antara 500 hingga 900 masehi kincir angin telah berkembang di Persia , yang mereka gunakan untuk menggiling biji-bijian dan memompa air(wicak).

Pada tahun 1888 Charles Brush pertama menggunakan sebuah kincir angin di Amerika untuk mengasilkan listrik di  Cleveland Ohio(wicak).

Pada tahun 1930  Belanda telah merevolusi  teknologi kincir angin dengan merubah bentuk bilah , dan menyempurnakannya menjadi multi level tower(wicak).

Kincir angin ini didesain khusus untuk menggiling biji-bijian dan untuk keperluan akomodasi para keluarga pekerja penggilingan (wicak).

Fakta kedua tentang energi angin –  konsep yang sama, hasil berbeda

terdapat tiga type kelompok besar pemanfaatan tenaga angin :  sumber energi mekanik , energi listrik dan energi untuk berlayar. dan masing-masing dari mereka dalam membangkitkan tenaga menggunakan sebuah air foil (wicak).

Airfoils adalah sebuah permukaan yang menghasilkan sebuah kekuatan aerodinamik- yang menyebabkan sebuah perahu bergerak kedepan dengan sebuah rotor yang berputar(wicak).

Anda mungkin bisa menyebutkan bahwa layar adalah sebuah Airfoil yang paling sederhana ; hembusan angin menerpa layar menciptakan area lengkung bertekanan udara tinggi , dan mendorong perahu hingga bergerak kedepan (wicak).

Sebuah kincir angin terdiri dari beberapa Airfoil dalam bentuk sebuah kipas ; dan angin menggerakkannya sepanjang satu putaran , dimana akan memutar sebuah poros (wicak).

Energi dari putaran ini yang disebut kincir angin mekanikal yang digunakan untuk melakukan sebuah pekerjaan seperti memutar batu besar untuk menggiling biji gandum menjadi tepung terigu (wicak).

Sebuah kincir angin listrik juga memiliki konsep yang sama , akan tetapi dia memutar sebuah dinamo generator . didalam generator , sebuah koil bergerak keluar masuk medan magnet dengan cara berputar , dengan cara itu dihasilkan arus listrik(wicak).

Fakta ketiga tentang energi angin-berdasarkan ukuran meter

Kincir angin untuk rumah tangga rata-rata dibuat dengan ketinggian 10 meter sementara untuk komersial bisa lebih tinggi dari 100 meter (wicak).

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada ukuran kincir angin berdasarkan keperluan . kincir yang lebih kecil kebanyakan untuk memenuhi kebutuhan listrik hanya untuk satu unit rumah dan memiliki kapabilitas dibawah 100 kilowatt – dan kebanyakan hanya menghasilkan listrik sebesar 2000 watt(wicak).

Kincir angin skala komersial memiliki kapabilitas hingga 5 juta watt. untuk merubah energi angin menjadi tenaga listrik membutuhkan kecepatan angin rata-rata 14 mil/jam (wicak).

Ketinggian serta bilah kincir angin sangatlah berbeda antara kom ersial dengan rumah tangga biasa . Untuk rumah tangga biasanya menggunakan ketinggian sekitar 10 meter , sementara untuk kebutuhan komersial sekitar 30 sampai 100 meter (wicak).

Fakta keempat tentang energi angin  – energi angin tidaklah sempurna

terdapat beberapa kekhawatiran tentang pembangkit energi tenaga angin ; ini tentang efek negatif terhadap kelangsungan populasi burung dan kelelawar , dan efek fisual pada laut serta daratan , terutama untuk lokasi turis atau wisatawan (wicak).

Fakta kelima  tentang energi anginAngin sangat tidak stabil

Karena kecepatan angin selalu berubah-ubah , terkadang bertiup kencang , terkadang sama sekali tidak bertiup , jadi tidak mungkin energi angin dijadikan sumber energi utama yang memiliki kapabilitas untuk memenuhi semua kebutuhan akan energi (wicak).

Lebih jauh lagi , sejumlah faktor sangat diperlukan untuk penempatan lokasi kincir angin yang cocok agar tidak terlalu banyak berhenti .jadi tidak semua lokasi sesuai untuk itu , akan tetapi meski India bukan lokasi yang cocok mereka tetap berusaha tanpa henti dan pantang menyerah (salut untuk Negara India ).

Namun ,menurut perkiraan DOE, kemungkinan pada tahun 2030 energi angin akan mencukupi kebutuhan seluruh energi di Amerika sekitar 20 persen (wicak).

Masa depan produksi energy secara mentalitas diharapkan dapat merubah secara dramatik dari 24/7 kapabilitas dari bahan bakar konvensional kedalam satu tempat dimana sumber energi berbeda dengan digunakan dalam situasi berbeda dan waktu yang berbeda pula (wicak).

Energi Angin dan Matahari akan sangat bermanfaat apabila matahari bersinar dan angin berhembus , dan energi alternatif lain atau generasi konvensional akan digunakan pada waktu yang lain – lebih seperti permainan jigsawa puzzle dalam bidang produksi energy (wicak).

Fakta keenam tentang energi angin-paling besar didunia

Salah satu yang paling menarik mengenai fakta energi angin adalah rumah-rumah yang ada di Hawaii memiliki kincir angin yang terbesar didunia . Dengan rotor sepanjang lapangan sepak bola , dan setinggi bangunan 20 tingkat (wicak).

Tidak ada batasan untuk berbagai pilihan yang tersedia untuk bertahan dengan energi bersumber tenaga hijau ramah lingkungan .Angin , surya , geothermal ,dan air sebagai sumber pembangkit energi listrik semua memberikan kita alternatif yang menarik untuk menggantikan gas alam dan minyak mentah (wicak).

Implikasi :Energi angin memang perlu banyak penyempurnaan dan optimalisasi , dari segi bentuk maupun posisi. akan tetapi bukan teknologi ini tidak berguna . kehandalan teknologi ini adalah sejauh mana kita iklim sekitarnya, jangan sampai bernasib sama dengan PLTA dimana keberadaan sumber air di hulu sungai tidak bisa dijaga dengan penggundulan hutan yang terjadi di Indonesia padahal di dataran Eropa dan Amerika masih bisa terjaga dengan baik (wicak)

Sumber: http://sobatsepeda.com/2013/04/04/kekurangan-serta-kelebihan-energi-tenaga-angin/

Iklan

0 Responses to “kekurangan dan kelebihan energi angin”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: