30
Mar
13

Energy gelombang selalu terbarukan dan tak pernah habis

spoiled for: generator pelamis

Sobatsepeda, sebagai seorang insan dilahirhan dinegeri dengan garis pantai terpanjang didunia yang dikaruniai gelombang pantai terbanyak dan tertinggi didunia.Seakan terpanggil untuk mencurahakan segala kemampuan dan tenaga untuk menwujudkan negeri ini sebagai negeri yang mandiri dalam berbagai bidang khususnya bidang energy yang terbarukan. Di negeri yang kita cintai ini terkadang mengalami krisis energy. yang terdengar sangat lucu dan tidak pantas kalau memang kita alami sebagai bagian negeri yang sangat kaya raya akan sumber energy serta mineral (wicak ) Baiklah kita tidak perlu berpanjang lebar dengan narasi yang semakain membuat kita bingung , langsung saja .Sebuah perusahaan yang bergerak dibidang energy di Portugal yang bernama Enersis telah mengerjakan sebuah proyek komersial yang memanipulasi energy gelombang yang mereka kerjakan dibagian utara Portugal. konstruksi yang telah mereka mulai pada akhir oktober 2006. Proyek ini menggunakan teknologi generator Pelamis (yang dibuat oleh  Ocean Power Delivery )untuk mengumpulkan energi dari permukaan samudera. Setelah melakukan hampir 2 dekade dalam penelitian dan pengetesan pada   the Lisbon Technical Institute, , pada tahap awal proyek energy samudera ini intensif menghasilkan 2,25 Mega Watt dan telah menerangi banyak perumahan melalui system kabel-kabel listrik perusahaan listrik negara. Ocean Power Delivery telah dipertimbangkan sebagai pelopor dan pemimpin perusahaan dalam pemanfaatan energy samudera diseluruh dunia (wicak).

Apa yang anda pikirkan ? apabila kita bisa menangkap sebuah kekuatan gelombang sebagai sumber energy alternatif baru tentunya tantangan akan krisis energi yang terjadi sekarang ini bisa terjawab. Bisa diestimasi bahwa apabila kita pasang alat ini sepanjang 142 meter tentunya akan merubah energy gelombang hampir seluruh samudera di dunia , tentunya sekitar 2 tera watt energy yang bisa kita hasilkan – kurang lebih dua kali lipat  kebutuhan energy  listrik diseluruh dunia  untuk sekarang ini.Yah …tentunya kita tahu energy alternatif jenis ini tidak mudah untuk dipraktekkan apalagi dilaksanakan akan tetapi kita bisa memanfaatkannya dalam skala kecil untuk energi hijau yang sangat ramah lingkungan ini.Energy alternatif ini tentunya dapat memberikan jeda akan kebutuhan energy planet yang mulai kelaparan ini (wicak).

Dalam satu unit terdiri dari 4 silinder yang membentuk formasi seperti seekor ulat yang digunakan untuk mengkonversi energi gelombang menjadi arus listrik. Silinder baja karbon yang berfungsi merubah energy gelombang menjadi listrik ini dibuat sepanjang 142 meter dan berat sekitar 700 ton .Yang memang didesain dan dibuat menjadi sebuah generator pelamis yang bisa membangkitkan listrik sebesar 2,25 MW.Converter energy ombak menjadi energy listrik ini dapat menghasilkan energy yang bersih untuk menerangi sekitar 1500 rumah pada jam sibuk (beban puncak).Agucadoura sebuah stasiun listrik akan membangun 25 unit lagi generator pelamis pada tahapan berikutnya, yang tentunya akan memenui kebutuhan listri sekitar 21 MW. yang tentunya akan mengurangi emisi CO2 sebanyak 60.000 ton per tahunnya apabila dibandingkan dengan energi yang dihasilkan oleh sebuah power plan bertenaga fosil.Peradaban manusia telah merealisasikan energy samudera yang terbu8kti sebagai sumber energy alternatif yang memang sangat baik dan ramah lingkungan (wicak).

Setiap converter gelombang terdiri dari empat bagian yang masing-masing bisa terartikulasi . ketika ombak bergerak keatas dan kebawah dan keempat artikulator tersebut akan ikut bergerak juga . Pada saat ombak bergerak keatas terjadi gerakan antara potongan , ram hidrolik akan bergerak menghasilkan gerapan pada generator listrik , dan menghasilkan arus listrik .Dan energi ini akan disalurkan melalui kabel listrik bawah laut  menuju gardu listrik milik the Agucadoura substation dan kemudian disalurkan jalur kabel listrik negara Portugal yang kemudian menambah kebutuhan energi dinegara yang sekarang mengalami krisis finansial itu (wicak).

Implikasi :Energi mineral yang dihasilkan perut bumi semakin lama semakin menipis , jumlah manusia semakin banyak begitu pula jumlah kendaraan yangtak kalah banyak dengan manusia yang membutuhkan kendaraan , yang tentunyaakan sangat rakus akan energy. belum lagi efek samping emisi gas buang yang dihasilkan, mungkin saya pribadi tidak bisa berharap banyak dari sebuah negeri yang terdapat berbagai benturang kepentingan serta kekuatan politik , apalagi dari sebuah negeri yang memiliki utang luar negeri sekitar 2700 triliun rupiah, tentunya akan banyak yang ngatur dan syarat yang diajukan oleh pengutang (wicak)

Sumber :http://sobatsepeda.com/2013/03/30/energy-gelombang-yang-terbarukan-dan-tak-pernah-habis/

Iklan

2 Responses to “Energy gelombang selalu terbarukan dan tak pernah habis”


  1. 08/22/2013 pukul 08:33

    kapan ya indonesia bisa kaya gitu…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: