26
Feb
13

4 rencana inovatif untuk mengurangi polusi sampah plastik di samudera

Spoiled for : sampah plastik

Sobatsepeda, Manusia selalu membuang sampah sepanjang hidupnya kedalam permukaan air untuk bertahan hidup, bahkan untuk beberapa tujuan yang sulit diterima akal sehat . Lebih dari puluhan tahun , Polusi yang diakibatkan sampah plastik di permukaan samudera kami, dan telah menjadi masalah lingkungan yang sangat besar dan cukup merepotkan. Puing-puing sampah bukan hanya menghasilkan pemandangan yang kurang sedap dipandang mata ,akan tetapi juga cukup menjadi gangguan serius kehidupan biota laut dan pesisir  . Masalah besar utamanya adalah plastik yang ada sama sekali tidak dapat diurai secara biologis atau non biogradeable . berikut ini kami sampaikan beberapa rencana inovatif yang mudah-mudahan dapat banyak membantu mengurangi timbunan plastik yang mengotori dan berada disamudera kami selama berpuluh-puluh tahun itu(wicak) .

Spoiled for : sampah plastik

1. Recycled island(pulau daur ulang)

Pulau yang indah ini merupakan proyek penelitian yang diusulkan oleh  Dutch architect Ramon Knoester. Dengan tajuk ‘recycled island’, sangat tepat untuk sebutan itu, yang terletak antara kepulauan Hawaii dan San Francisco di samudera Pasific. Projek ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang terdiri dari kumpulan sampah plastik , dan membersihkan permukaan samudera dengan jelas . Selain itu , dengan melakukan beberapa hal seperti merubah sampah plastik menjadi bagian material atau bahan bangunan . Kepulauan hasil daur ulang  hampir sebesar Hawaii dapat dibuat disana bahkan lebih konon terdapat tumpukan sampah hampir seluas wilayah Indonesia. Tidak akan tergantung negara lain untuk kebutuhan sumberdaya yang ada untuk bertahan hidup , akan tetapi pulau ini akan dibuat bisa mencukupi kebutuhan makanan serta energy secara mandiri , seperti pembangkit listrik bertenaga surya dan kincir angin .Pulau mengambang secara mandiri , tidak akan menghasilkan limbah maupun polusi dan akan ada sangat harmonis dengan alam sekitardan tentunya tidak akan mengganggu keberadaan ekology global . Pulau yang berkelanjutan tersebut akan selalu dikembangkan dengan segala macam kehidupan moderen dengan berbagai teknology daur ulang yang sangat ramah lingkungan . Dengan ide yang sangat murni Hijau dan sangat ambisius , akan tetapi hambatan seperti kurun waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk rencana ini tetap ada , dan tentunya tidak dapat dikesampingkan (wicak).

Spoiled for : sampah plastik

2.   Robot Ecomobile

Robot eko mobile, yang didesain oleh  Ejiuson Ueda,adalah salah satu system yang sudah dikembangkan untuk membersihkan sampah dari semua samudera diseluruh dunia . Platform apung tersebut dibuat bertujuan  mendukung organisasi internasional dalam sebuah kegiatan seperti aquaculture dan juga untuk meminimalisir peningkatan temperatur permukaan samudera ,  Yang selanjutnya kita ketahui berakibat peningkatan permukaan air laut . Pelampung yang mengambang ini seperti kita ketahui mungkin sedikit mirip dengan Rig pengeboran minyak akan tetapi memiliki sistem kerja yang sangat jauh berbeda . Robot ecomobile tersebut terdiri dari berbagai sensor utuk mengenali kwalitas air serta terdapat pompa hisap berkekuatan tinggi untuk menghisap sampah plastik dan berbagai sampah beracun lainnya dari permukaan yang cukup dalam dibawah permukaan air .Untuk beberapa Zat yang bersih serta air laut yang telah bersih akan dikembalikan lagi kepermukaan samudera .Sampah dari material yang berbahaya akan dikumpukan dalam sebuah kontainer khusus dan dibuang kesebuah lokasi yang aman dan telah ditentukan . Robot ecomobile tersebut terhubung dengan satelit diseluruh belahan dunia yang tentunya untuk memantau serta memonitor area yang perlu diawasi bahkan memerlukan pembersihan. System inovatif ini tentunya akan sangat membantu kehidupan Biota laut untuk mendapat lingkungan yang jauh lebih bersih untuk bertahan hidup , serta membuat kehidupan samudera menjadi tidak beracun, akan tetapi disisi lain harga robot tersebut belum tentu ramah dikantong ….(wicak).

Spoiled for : sampah plastik

3.Gerakan Pengumpulan dan pendaurulangan sampah plastik

Kontaminasi limbah plastik telah menjadi salah satu isu yang sangat besar hari ini . Meskipun terdapat system yang membersihkan serpihan plastik dipermukaan samudera , yang sering mereka sebut Nurdles, yang juga sering disebut air mata putri duyung , yang dengan mudah dapat kita temui hampir setiap pantai .Nurdle-nurdle ini yang berasal dari serpihan pecahan telur ikan yang biasanya memang dikonsumsi makhluk laut lainnya , dimana kali ini banyak yang mati karena telah menelan sampah plastik . Terdapat sebuah tim yang terdiri dari  Kieran Jones, Azusa Murakami, Alexander Groves, yang merupakan lulusan dari  Royal College of Art, UK yang datang dengan pragram  ‘the Sea chair project’ yang ternyata dapat merubah masalah kontaminasi yang terjadi di lautan menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Para desainer ini berhasil merubah berbagai berang bekas seperti bekas pukat nelayan menjadi sebuah kursi malas ditepi laut yang benar-benar berfungsi dengan baik dan bermanfaat diannya menjadi lembaran dimana butiran plastik dikumpulkan serta dipisahkan menurut jenis dan ukurannya .Serpihan plastik ditemukan mengapung disetiap mil persegi dipermukaan samudera, didapat dari baik kebocoran penyimpanan pabrik maupun tumpahan dari kapal yang sedang transit.Butiran plastik yang telah  dikumpulkan dan dijadikan bahan kursi pantai yang cantik berbahan plastik(wicak).

Spoiled for : sampah plastik

4. Kapal pengumpul sampah plastik di samudera

Bertujuan untuk membuat kapal tanpa awak yang bertugas untuk mengumpulkan sampah plastik disamudera pasifik bagian utara . Kapal otomatis ini bersumbar tenaga energi terbarukan seperti sel surya dan tanaga angin , bahkan juga menggunakan biofuel (bahan bakar bio), Kapal ini dipandu dengan sistim navigasi berbasis teknology GPS. Terdapat dua set lengan yang bisa berputar yang tugasnya untuk mengumpulkan sampah plastik.Dimana lengan depan digunakan untuk mengumpukan sampah berukuran besar dan pada bagian belakang untuk sampah yang lebih kecil .Sampah plastik akan dibawa oleh kapal yang lain utnuk didaur ulang didaratan (wicak).

Spoiled for : sampah plastik

Implikasi : Bayangkan seandainya pantai serta samudera kita berair jernih serta permukaan pasir tanpa sampah , betapa indahnya saat kita singgah disana akan tetapi bagaimana kalau terdapat timbunan sampah yang tidak sedap dipandang mata dan menimbulkan bau yang tidak sedap, dapat kita bayangkan seperti apa yang kita hadapi. sampah plastik sebaiknya memang diurai dan didaur ulang, seperti bahan plastik yang masih dalam gugus Benzena tentunya bisa diubah menjadi bahan bakar yang sangat bermanfaat dimana semakin hari semakin langka keberadaannya bahkan dengan harga semakin melambung tinggi, masih banyak metode yang lain dan lebih inovatif yang bisa dilakukan untuk pembersihan sampah plastik yang semakin hari semakin menggunung (wicak).

Spoiled for : sampah plastik

Sumber :http://sobatsepeda.com/2013/02/26/4-rencana-inovatif-untuk-mengurangi-polusi-sampah-plastik-di-samudera/

Iklan

0 Responses to “4 rencana inovatif untuk mengurangi polusi sampah plastik di samudera”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: