23
Feb
13

‘Power Buoy’ bekerja memanfaatkan gerakan gelombang untuk menghasilkan arus listrik sebesar 400 watt

Sea Technology

Sobatsepeda , Sebuah agen yang bergerak dalam proyek pengembangan bidang pertahanan dan sebuah tim peneliti dari MBARI yang dipimpin oleh Andy hamilton telah bekerja sama dalam sebuah proyek “power buoy” hal ini akan bermanfaat untuk mensuplay kebutuhan arus listrik untuk beberapa instrumen oceanographic di teluk Monterey.basis proyek ini adalah memanfaatkan kekuatan gelombang dan mengubahnya menjadi pembangkit arus listrik . Setelah 9 bulan dilakukan penelitian secara intensif, Hamilton merancang sebuah pelampung berdiameter 2,5 meter , yang menggantung diatas permukaan air sebuah plat besi sangat besar nerukuran lebar 3 meter dan panjang 5,5 meter .Selama bekerja Tim tersebut berhadapan dengan berbagai tantangan seperti gelombang laut yang tidak menentu serta gangguan system hidrolik yang sangat komplek ,semua hambatan tersebut dibahas setelah mereka istirahat(wicak) .

Gerakan ombak terjadi pada permukaan samudera membuat buoy bergerak mengikuti permukaan , sehingga plat yang menggantung memiliki gerakan yang relatif stabil . Sebuah silinder hidrolik dengan piston yang berukuran besar didalamnya , akan bergerak dengan gaya tekanan ombak . ketika ini terjadi , cairan hidrolik akan dialirkan melalui sebuah motor hidrolik sehingga akan berputar dan menghasilkan arus listrik (wicak).

Ketika bekerja dalam proyek ini, beberapa tantangan dihadapi oleh tim ini . tantangan pertama adalah mengubah gerakan vertikal gelombang menjadi gerakan memutar untuk menggerakkan sebuah dynamo untuk generator . setelah melakukan beberapa percobaan , Tim ini akhirnya merancang system mereka sendiri yang menggunakan porors motor hidrolik itu sendiri yang digerakkan oleh cairan hidrolik ujntuk memutar poros. Dan system ini bekerja dengan tingkat efisiensi sekitar 95% (wicak).

Tantangan berikutnya adalah untuk membuat piston kembali pada posisi semula setelah dilewati gelombang . Untuk mengatasinya , Tim ini telah mengembangkan sebuah pegas pneumatik yang didalam didalam silinder tersebut , yang terdapat sebuah ruangan yang diisi dengan gas nitrogen yang sudah terpasang pada salah satu ujung piston . yang akhirnya dapat mengembalikan system nejadi kembali seperti semua berulang kali (wicak).

Pada akhir 2011 ,Kekuatan yang dihasilkan oleh Buoy atau pelampung tersebut yang dikembangkan di teluk Monterey dapat menghasilkan daya hingga 400 watt . dan untuk tantangan berikutnya , Tim ini akan mengembangkan  pembangkit listrik dengan tegangan 24 volt yang stabil hingga 2012 dan akan memperluas penggunaanya sebagai pembangkit listrik sekaligus stasiun pengisian bawah air seperti yang dibutuhkan oleh robot bawah air (wicak).

Implikasi : Tim seperti ini sebenarnya bisa dibentuk dinegeri yang memiliki garis pantai terpanjang didunia, bahkan gelombang laut tertinggi didunia . Dengan khasanah keilmuwan yang kita miliki pasti kita sanggup mengatasi masalah seperti yang mereka hadapi. semoga dengan diunggah artikel ini bisa bermanfaat untuk pengembangan energi hijau ramah lingkungan dimasa yang akan datang(wicak).

Sumber :http://sobatsepeda.com/2013/02/23/power-buoy-bekerja-memanfaatkan-gerakan-gelombang-untuk-menghasilkan-arus-listrik-sebesar-400-watt/

Iklan

0 Responses to “‘Power Buoy’ bekerja memanfaatkan gerakan gelombang untuk menghasilkan arus listrik sebesar 400 watt”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: