11
Feb
13

Batam’s car free day

Spoiled for : Batam’s car free day

Sobatsepeda, Pagi itu tepat jam 05.30 pagi saya keluar rumah dengan sepeda kesayangan, kupacu dengan kecepatan tinggi karena tidak sabar melihat rekan-rekan panitia dalam melakukan persiapan pagi itu. Matahari belum menampakkan diri jadi suasana pagi itu relatif gelap. Car Free Day sebuah kegiatan yang kami nanti dan kami harapkan untuk menjadi sebuah agenda rutin untuk sebuah wilayah perkotaan yang super sibuk seakan tidak pernah istirahat. Sekitar 12 kilometer jarak yang kami tempuh mencapai lokasi Batam Car Free Day 2013(wicak).

Setelah semua persiapan sudah kelar, giliran kami menikmati kebut-kebutan dijalan yang biasanya super sibuk kini kami kuasai sendiri dengan menaiki kendaraan roda dua tanpa mesin dan kecepatan tinggi , menyusuri track sepanjang 2, 09 kilometer dalam satu putaran yang memang kami persiapkan untuk sebuah Criterium untuk event skala nasional maupun regional dimasa yang akan datang(wicak)

Spoiled for : Batam’s car free day

Masih dengan acara Car free day , dengan jalanan yang sepi dari hiruk pikuk kendaraan bermotor , karena biasanya kami harus menghadapi kepulan asap emisi yang tentunya memiliki kandungan logam berat serta bagai polutan lainnya belum lagi debu serta deru yang terkadang hampir melebihi ambang decible pendengaran kami serta suara klakson yang sengat memekakkan telinga, atau kami kena sikat ditengah jalanan atau minimal kena srempet dan menambah daftar panjang korban lakalantas(wicak).

Disediakan berbagai hiburan dalam launching acara ini dari seni debus serta berbagai atraksi dari komunitas hobbies yang ada dikota batam seperti : komunitas sepeda yang dikoordinir oleh Bike to work Chapter batam ,batam  Inline skate , batam BMX dan juga terdapat hiburan yang disajikan line dancer yang juga menghiasi pagi itu.Kesenian debus yang memang asli Indonesia juga tak kalah seru yang ditampilkan pagi itu semoga belum diklaim negeri tetangga (wicak).

Memperbaiki kwalitas udara artinya minimal satu atau beberapa parameter yang bisa kami menjadikan acuan.Tercatat partikel menurut alat yang dipasang oleh Bapedalda Batam sekitar 30 mg/ meter kubik karena dalam jam yang sama diarea yang sama secara reguler tercatat sekitar 80 mg/meter kubik sangat signifikan perubahannya , kami berharap semakin luas area bersih dan bebas dari emisi dengan berbagai cara baik dengan membebaskan dari kendaraan bermotor maupun penambahan spot area Hijau dengan penanaman pepohonan berdaun lebat(wicak).

Sukses Batam Car Free Day sukses untuk lingkungan yang lebih hijau , dan terimakasih kepada pihak-pihak yang bekerja dibalik layar maupun didepan layar, serta rekan-rekan panitia yang bekerja tanpa kenal lelah dan sukarela sehingga acara ini berjalan dengan lancar dan sukses, untuk melihat bidikan kamera kami yang lain dapat anda lihat disini (wicak).

Implikasi : semakin baik kwalitas udara semakin sehat masyarakat yang hidup didalamnya . kami berharap semakin banyak area yang memiliki kwalitas udara bersih, dan semakin berkwalitas pertumbuhan generasi penerus yang tentunya memikul tanggung jawab yang tidak ringan dimasa yang akan datang, disamping ruang terbuka bebas yang semakin sempit dan terkadang sama sekali tidak ada, semoga untuk kedepannya semakin banyak dibukannya ruang terbuka bebas dan hijau untuk kami , serta berbagai fasilitas bagi kami untuk pejalan kaki , pengguna sepeda tanpa harus bersinggungan dijalanan dengan pengguna jalan bermotor(wicak)

Sumber:

Iklan

0 Responses to “Batam’s car free day”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: