05
Feb
13

Massachuset menjadi negara bagian pertama di Amerika yang melarang pembuangan limbah makanan komersial

Spoiled for : sampah makanan

Sobatsepeda ,Tidak henti-hentinya manusia mencari dan memburu sumber energy alternatif adalah sebagai wujud kemarahan hari ini, seiring semakin berkurangnya persediaan bahan bakar dan semakin meningkatnya kebutuhan akan energy .Tren ini telah mendorong kami untuk menciptakan berbagai peralatan dari panel sel surya , kincir angin hingga bahan bakar sel.Akan tetapi sebuah sumber yang bisa menjadi andalan bagaikan senjata bermata dua adalah limbah makanan .Untung membuat bahan bakar bio atau (Biofuel) sekaliguns membersihkan sampah dalam prosesnya yang merupan sebuah langkah win-win dalam sebuah situasi .Untuk langkah ini sepertinya negara bagian  Massachusetts telah menjadi wilayah pertama di Amerika yang benar-benar menerapkan larangan  untuk pembuangan limbah makanan komersial yang memang biasanya langsung ditemukan pada tempat pembuangan akhir .setelah satu inisiatif telah berlangsung , sepertinya akan merebak dan dialkukan pada wilayah negara-negara yang lainnya juga (wicak)

Spoiled for : sampah makanan

Larangan ini akan mencakup berbagai perusahaan seperti Hotel , Restauran, Pabrik-pabrik serta Rumah sakit. Telah diperkirakan akan menghasilkan sampah sekitar 1,4 juta ton sampah makanan di negara bagian Massachusetts setiap tahunnya. Tentunya angka itu adalah angka yang sangat besar yang memang biasanya tidak pernah didaur ulang atau dibiarkan saja menggunung ditempat sampah.Dengan peraturan larangan itu , bukan hanya akan ribuan ton sampah makanan yang akan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik , akan tetapi hal ini akan membantu mengurangi jumlah volume sampah yang seharusnya berada di tempat pembuangan akhir dalam jumlah yang sangat besar (wicak) .

System daur ulang limbah makanan moderen memanfaatkan bakteri untuk mengurai sampah makanan dan menghasilkan gas Hydrogen maupun methan  dimana kedua gas tersebut bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan arus listrik .Di  Massachusetts inisiatif ini masih dalam proses legislasi dan para pejabat berharap bahwa larangan ini akan perlahan akan diperluas hingga rumah hunian dimasa yang akan datang.Proposal ini diharapkan akan berlaku sekitar lima tahun yang akan datang (wicak).

Menurut data PBB , Negara-negara yang paling kaya didunia menghasilkan sampah sekitar 222 juta ton sampah makanan setiap tahunnya . Bukan hanya menyumbat tempat-tempat pembuangan samah saja akan tetapi sampah-sampah itu akan mengeluarkan gas-gas berbahaya ke atmosfer bumi .Apabila gas-gas itu bisa dikumpulkan serta dimanfaatkan untuk tujuan yang lebih bermanfaat dengan tidak membiarkan terbuang begitu saja ke udara , maka tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan saja akan tetapi juga menjadi sumber energy yang sangat penting dan tentunya sangat bermanfaat (wicak).

Implikasi : di Kota-kota besar diIndonesia sampah menjadi sesuatu yang sangat pelik dan sangat menyusahkan setiap hari bulan dan tahunnya . bahkan dengan volume yang kian menggunung tanpa penyelesaian yang berarti. kami sajikan artikel ini semoga menjadi sebuah acuan yang mudah-mudahan bermanfaat untuk hari ini , esok maupun selanjutnya (wicak)

Sumber :http://sobatsepeda.com/2013/02/05/massachusetts-menjadi-negara-bagian-pertama-di-amerika-yang-melarang-membuang-limbah-makanan-komersial/

Iklan

0 Responses to “Massachuset menjadi negara bagian pertama di Amerika yang melarang pembuangan limbah makanan komersial”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: