19
Des
12

jam kerja yang panjang, gaji rendah akan tetapi dikerjakan sepenuh hati dan cinta, untuk para kurir bersepeda

Array

Michael Malone, photografer oleh  Alex Weaver

Sobatsepeda, Artikel ini hasil konstribusi dari  Alex E. Weaver, seorang mahasiswa pasca sarjana di  Northwestern University’s Medill School of Journalism. Beberapa bagian juga telah tercantum dalam website  Medill . Tulisan Alex mencakup issue transportasi yang sedang dihadapi dunia komuter di  Chicago, dengan fokus pada dunia kurir bersepeda dan budaya bermobil (wicak).

Tidak terjadi setiap hari para pekerja berpenghasilan rendah ini,Berbagai industri hingga jasa pengantaran makanan memanfaatkan jasanya bahkan para profesional pun mengandalkan keahliannya. bahkan menginspirasi sebuah filem action Hollywood menyajikan rutinitas harian mereka , penuh persaingan dan kreatifitas. Dan lagi , seorang pengisim pesan di Chicago yang tidak setiap hari datang ke kantor anda .”Pengantar dokumen bersepeda dapat sedikit perhatian karena terdapat sesuatu yang romantis dalam pekerjaan mereka “, kata  Jeffrey Kidder, Seorang mantan pengantar dokumen bersepeda dan mempelajari kehidupan serta tingkah laku mereka .”cukup cepat , membutuhkan fisik yang kuat dan penuh resiko  “(wicak)

The Chicago Department of Transportation (CDOT) memperkirakan terdapat sekitar 300 pengantar dokumen bersepeda beroperasi di kota itu , melengkapi lebih dari 1,1 juta jasa pengantaran pertahun. Dan kemudian jumlah jasa pengantaran yang cenderung menurun sejak resesi dan munculnya e-mail , dan jalan-jalan di Chicago masih dipenuhi para pengantar dokumen daredevil biker – dengan areal antaran hingga New york dan Washington, D.C.(wicak)

“bila dibandingkan dengan pekerja jasa bidang lainnya , pengantar dokumen bersepeda memberikan warna budaya dalam jumlah cukup besar ,” kata Kidder, seorang profesor sosiologi di  Northern Illinois University dan penulis buku , Urban Flow: Bike Messengers and the City.

Array

Sebagai pekerja layanan jasa lainnya , pengantar bersepeda telah berbuat banyak dibelakang layar . Pengantar formulir legal , blueprint arsitektur , dokumen perbankan dan layanan meningkat hingga pengantaran makanan diperkotaan dan seterusnya. Mereka menyajikan layanan on-demand service dari timeline dan level konsistensi yang tentunya tidak dapat dilakukan oleh kendaraan bermotor ditengah parahnya kemacetan metropolitan (wicak).

“Para pengantar dokumen bersepeda telah berperan   sangat penting dalam keberhasilan  bisnis kami ,” kata Jacqueline Carlis, seorang manager akuntan firma hukum  McDermott, Will and Emery, di  Monroe dan Franklin. “Tanpa mereka ,seseorang harus pulang pergi hingga lebih dari 4 kali sebelum dokumen kami sepenuhnya ditandatangani . Dengan pengantar bersepeda , kami bisa lebih fokus pada klien .”(wicak)

Untuk perkembangan pengantar dokumen bersepeda , anggaran bisnis yang cukup ketat , sebuah kota harus tetap fokus pada pendapatan skala International ditengah kepadatan lalulintas perkotaan . Wajar saja , semua berjalan secara alami , dan kehadiran kurir bersepeda sangatlah dibutuhkan dan memiliki perkembangan yang paling pesat . Bisnis berskala besar serta kemacetan lalulintas yang amat sangat (macet dan bising ) disinilah sahabat para kurir bersepeda (wicak).

“Akses untuk bisnis dan informasi selalu dievaluasi dari waktu ke waktu dan secara terus menerus ,” kata Charlie Short,Manager   Safety dan Edukasi untuk   CDOT’s bicycle program. “Bersepeda tanpa ragu cara untuk berkeliling kota .”

Beberapa kurir bersepeda menceritakan pekerjaan mereka dengan penuh hormat dan rasa syukur , dan mereka hanya tidak bisa percaya seseorang membayar mereka untuk melakukan hal-hal yang mereka sukai untuk hidup : berkendara diatas sepeda mereka , dengan cara mereka (wicak).

Array

4 Star Courier’s Jeff Perkins tengah bersiap untuk balapan di Northbrook velodrome
Photo oleh Edmund White.

Tom Willett seorang GM dari  Service First Courier, yang memperkerjakan kurir bersepeda dengan penuh waktu .Permintaan sedikit menurun , kata  Willett. Lebih dari satu dekade yang lalu , Dia telah jatuh bangun dua kali hingga usaha yang dia miliki sekarang . Akan tetapi dia tetapi sebuah penilaian dari putaran pedal yang seakan tidak pernah berhenti melalui pesan radio yang mengirimkan mereka , bisnis tampak berjalan stabil .”Terdapat gaya yang romantis dalam hal ini ” kata  Willett lagi. “Itulah pekerjaan , profesi yang cukup menantang dan keren .” Ketika itu , panggilan lain datang , dan  Willett sedikit tertawa kemudian meresponnya : “Ban kempes ?baiklah …setidaknya tidak saat hujan .”(wicak)

Cuaca buruk adalah penghalang yang cukup konstan . Ditambah kondisi lalulintas yang selalu tak terduga dan ketatnya penjagaan gedung oleh saptam yang lumayan garang , Daya tarik profesi ini semakin berkurang dan memudar dari tahun-ketahun . Ini juga disebabkan gaji yang cukup rendah . Kata  Willett kurir sepeda yang baik setidaknya menghasilkan $10 perjamnya , dan target per hari biasanya sekitar $100 . Jeff Perkins,seorang kurir sekaligus pemilik  4 Star Courier Collective mengatakan hari yang cerah telah menghasilkan $ 80 untuk sekitar 50 jasa pengantaran (wicak).

“Gaji yang mungkin kurang sebanding dengan harga sparepart sepeda yang semakin mahal ,” kata Michael Malone, seorang kurir bersepeda paling lama sekitar 4 tahun .Jadi apa yang menyebabkan ? mengapa perkembangan budaya kurir bersepeda serasa sebuah intrik ? dan menagapa mereka mematok harga sedemikian minim dengan tekanan kerja sedemikian tinggi ? (wicak)

Array

2008 North American Cycle Courier Championships (NACCC) di Chicago’s Garfield Park. Photo oleh Steven.

“Kurir bersepda memiliki sejumlah besar otonomi ,” kata Kidder. “Ini adalah sebuah pilihan kreatif yang menghasilkan sesuatu yang diinginkan . Ini adalah sesuatu yang beda untuk sebuah bidang pekerjaan perpenghasilan rendah dari sektor jasa .”

Perkins setuju,dan menambahkan : “serasa jiwa petualangan disana saat melakukannya. Saya sering berfikir hal ini hampir seperti permainan Video game dalam kehidupan nyata (wicak).”

Para kurir terkadang mengeluh dengan rendahnya upah kerja dan jam kerja yang lumayan panjang , hampir seperti pekerja sektor jasa yang lain . Akan tetapi mereka bersepda dengan penuh gairah dan semangat – serta sedikit kesombongan – dan itulah mereka .Mereka sangat kompetitif dan bangga dengan layanan yang mereka berikan  dan mewarnai kota dimana mereka bekerja . Event tahunan Cycle Messenger World Championships (CMWC) ke 20  diselenggarakan di  Chicago pada August lalu. dengan tema “Anda tidak memiliki juru masak goreng berkeliling dunia saling berkompetisi untuk menjadi juru masak goreng terbaik ,” kata Kidder . “Akan tetapi semua anda lakukan dengan seorang kurir.”(wicak)

mungkin inilah kehidupan nyata mereka dijalanan

Implikasi : Seorang terkadang dapat melakukan pekerjaan dengan senang hati meski dengan upah minim, akan tetapi kebutuhan serta tuntutan hidup semakin melambung terkadang tidak bisa ditolelir untuk sebuah profesi yang dilakukan dengan penuh cinta.Seorang kurir bersepeda harus tetap berfikir akan masa depan mereka(wicak).

Sumber:http://sobatsepeda.com/2012/12/19/jam-kerja-yang-panjang-gaji-rendah-akan-tetapi-dikerjakan-sepenuh-hati-dan-cinta-untuk-para-pengantar-dokumen-bersepeda/

Iklan

0 Responses to “jam kerja yang panjang, gaji rendah akan tetapi dikerjakan sepenuh hati dan cinta, untuk para kurir bersepeda”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: