12
Des
12

Tahukah anda ?… berapa banyak oxigen dihasilkan oleh tumbuhan ?

 tumbuhan  Anacharis objek tanaman percobaan 

Sobatsepeda, semakin banyaknya manusia dibumi ini yang mungkin telah menginjak angka 7 milliar lebih tentunya membutuhkan oxigen lebih banyak untuk bernafas. Akan tetapi tahukan anda seberapa banyak Oxigen yang dihasilkan oleh tanaman disekitar kita ? mudah-mudahan uraian kami berikut ini dapat memberikan jawaban yang memuaskan serta memberikan solusi dikemudian hari(wicak).

spoiled : tumbuhan menghasilkan Oxigen untuk bernafas

Berapa banyak tanaman dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan oxigen seseorang setiap jamnya ? Kami melakukan eksperimen dengan menggunakan tumbuhan  Anacharis (wicak).

Masalah dapat dipecahkan ketika di urai menjadi beberapa pertanyaan yang lebih mudah dan kecil :

1.Berapa banyak oxigen yang diperlukan seseorang untuk bernafas setiap jamnya ?

2. Berapa banyak Oxigen yang dapat dihasilkan oleh tanaman setiap jamnya ?

3.Berdasarkan uraian diatas , berapa banyak tanaman yang diperlukan untuk menghasilkan Oxigen yang diperlukan untuk bernafas seseorang setiap jamnya ?

pepohonan yang rimbun serta berdaun lebat akan menghasilkan Oxigen jauh lebih banyak dari pada lahan gundul tanpa pepohonan 

Disini kami uraikan jawaban dari pertanyaan pertama : saat beristirahat , seorang pria dewasa dalam rata-rata , dihari yang cukup sejuk bernafas membutuhkan sekitar 53 liter oxigen setiap jamnya . Rata-rata , saat beristirahat , seseorang yang telah dewasa membutuhkan sekitar 500 ml udara dalam setiap hembusan nafas . Inilah yang disebut Normal tidal volume . Sekarang , sekitar 150 ml dari udara yang dihisap akan menuju tempat diperut dan pada area non-fungsional , yang dinamakan “dead space”. Rata-rata hembusan nafas setiap orang sekitar 12 tarikan nafas permenit . Jadi , jumlah rata-rata udara yang dibutuhkan setiap nafas sekitar 12 x (500mL -150 mL) = 4200mL /menit . Dikalikan dengan 60 akan mendapatkan angka 252.000 mL/jamnya .Artinya , dalam setiap jam , seseorang akan membutuhkan sekitar 252 Liter udara  untuk bernafas. Jadi sekarang , pada skala rata-rata , suasana sejuk , hari yang cerah , hanya 21 % udara terdiri dari Oxigen .Jadi , 21% persen dari 252 L adalah hanya sekitar 53 Liter . Lebih jelasnya , dalam satu jam , seseorang membutuhkan Oxigen untuk bernafas sekitar 53 Liter (wicak).

Seperti yang mungkin anda lihat , terdapat banyak sekali asumsi untuk berbagai alasan diatas : kesehatan rata-rata , seorang dewasa dalam kondisi istirahat rata-rata , kondisi sejuk , hari yang cerah . Beberapa parameter yang mungkin bisa mengubahnya seperti : jenis aktifitas , kesehatan, ukuran , jenis kelamin dan lain-lain dari seseorang atau temperatur , kelembaban , tekanan udara (skala barometer) , dan lain-lain. Sepanjang hari akan banyak sekali perubahan dan mungkin sangat berbeda dengan yang kami gambarkan. Akan tetapi . Marilah kita berangkat dengan angka rata-rata 53 Liter tidak terlalu buruk untuk sebuah angka rata-rata (wicak).

Sekarang , untuk menjawab pertanyaan ke 2 , berapa banyak oxigen yang bisa dihasilkan oleh sebuah tanaman dalam satu jamnya . Aktualnya , Saya memiliki data yang mendukung untuk berapa banyak Oxigen yang dihasilkan oleh selembar daun ,sekitar 5 mL saja.Apabila anda perkirakan dalam satu tanaman terdapat 30 lembar daun , akan terjadi sebuah angka perhitungan 5 mL / lembar x 30 lembar daun  = 150 mL / tanaman / jamnya . Jadi , jika seorang  manusia rata-rata membutuhkan 53000 mL (53 liter) oxigen setiap jamnya .Jadi 53.000 / 150 = 353 tanaman . Dan angka ini kami dapat dari berbagai  gambaran pembulatan , bisa dikatakan sekitar 300 sampai 400 tanaman dibutuhkan untuk menghasilkan cukup Oxigen untuk seseorang  bertahan hidup dalam satu jam . Lagi-lagi , angka-angka yang kami dapat dari berbagi  asumsi : rata-rat daun , rata-rata tanaman . Ditambah Anda mungkin akan membutuhkan untuk menghitung jumlah Oxigen yang dihasilkan dikurangi konsentrasi karbon dioksida ditambah asumsi hipotikal seseorang yang berada didalam sebuah ruangan tertutup dengan semua tanaman didalamnya , konsentrasi CO2 akan bertambah seiring expirasi pernafasan . Ini akan menghambat laju photo syntetis tanaman.Selain itu kita juga membutuhkan  cahaya dan air dengan jumlah yang mencukupi (wicak).

keragaman hayati yang harus dijaga sampai kapanpun sebagai sumber Oxigen hari ini , esok dan masa yang akan datang

Yang pasti keberadaan tanaman hijau disekitar kita sangat bermanfaat untuk kelangsungan hidup kita sekarang , nanti dan beberapa puluh tahun yang akan datang. karena kita sanga memerlukan Oxigen untuk bernafas setiap desahan nafas.Terlepas dari jenis tanaman yang kami jadikan objek percobaan dengan kapasitas sangat minim karena lebih memudahkan asumsi serta perhitungan , marilah kita lestarikan keragaman hayati disekitar kita kalau perlu kita tambah ruangan terbuka hijau disekeliling kita untuk membantu kecukupan Oxigen harian kita (wicak)

Implikasi :  Tercatas 20 % Oxigen diseluruh dunia ini dihasilkan oleh kawasan yang bernama Amazon yang berada di Brazilia karena keragaman hayati yang terdapat disana sangat terjaga secara alami dalam sebuah ekosistim yang sangat sehat, itu informasi yang kami dapat 20 tahun yang lalu. mudah-mudahan masih terjaga hingga detik ini. Marilah kita lihat keragaman hayati negeri kita , Kalimantan merupakan penhasil kayu jati terbesar didunia selama puluhan tahun terakhir disamping pembukaan lahan tambang batu-bara serta kelapa sawit yang tidak pernah berhenti setiap detiknya , Sumatera  tidak kalah parah disamping pembukaan lahan kelapa sawit juga berbagai galian mineral yang lain , Pulau jawa hampir tinggal kenangan hitan-hutan yang ada telah lama menggundul, jadi keragaman hayati manakah yang bisa kita andalkan untuk kecukupan Oxigen masyarakat kita sekarang nanti serta sepuluh tahun kedepan ? mudah-mudahan hal ini bisa menjadi sebuah renungan kita semua sobatsepeda yang berbahagia (wicak).

Sumber :http://sobatsepeda.com/2012/12/12/tahukah-anda-berapa-banyak-oxigen-dihasilkan-oleh-tumbuhan/


0 Responses to “Tahukah anda ?… berapa banyak oxigen dihasilkan oleh tumbuhan ?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter

temukan kami di Facebook


%d blogger menyukai ini: