02
Nov
12

10 kuil paling menakjubkan didunia

Sobatsepeda, sudah lama tidak menyapa sobatsepeda sekalian yang berbahagia  kerena sebuah kesibukan . Pagi ini kami unggah artikel mengenai 10 kuil yang paling menakjubkan di dunia. kuil-kuil yang kami tampilkan kali ini adalah untuk penganut agama Budha , Hindu, Sikhisme dan Taoisme . Yang tentunya tempat ini merupakan tempat pemujaan dalam wadah sebuah kuil , dengan beragam gaya arsitektur  serta latar belakan agama, sejarah  dan budaya sehingga membuat bentuk mereka benar-benar sangat berbeda , saya kira tridak perlu berpanjang lebar lagi inilah 10 kuil yang paling menakjubkan dari seluruh belahan penjurur dunia :

1. Wat Rong Khun: – Wat Rong Khun yang berada di kota Chiang Rai, Thailand yang terkenal dengan kuil putih , dan memang semuanya serba putih dengan kandungan ornamen sangat tinggi dengan cermin mozaic agar selalu bersinar. kuil  Wat Rong Khun masih dalam pengerjaan dan mungkin masih akan berlangsung sekitar 90 tahun lagi dan diharapkan akan menjadi bagian keajaiban dunia dimasa yangakan datang (wicak).

2. Shwedagon Pagoda: –Dipercaya telah dibangun pada abad 6 sampai 10 masehi , juga dikenal sebagai  Shwedagon Paya (atau Pagoda) dalam bahasa Myanmar,yang disebut sebagai  “golden temple(kuil emas )” dan memang dibangun dengan warna keemasan (karena sebagian memang terbuat dari emas ).Masyarakat Budha telah menabung beberapa tahun untuk membeli  paket kecil yang terdiri dari daun emas dan akan menempelkannya pada dinding kuil ini .Puncak menara dari stupa ini atau Dome ditutupi lebih dari 5000 buah  berlian dan 2000 buah  batu Ruby .pada Pagoda Shwedagon terdapat salah satu relic paling disucikan dalam agama Budha yaitu : delapan helai rambut sang Budha (wicak) .

3. Biara sarang harimau atau Tiger’s Nest Monastery: – Tiger’s Nest Monastery (yang berada di Taktshang, Goemba),berada di bibir jurang setinggi 3000 kaki  pada tebing Paro  Valley , yang merupakan tempat yang paling disucikan di Bhutan . Menurut legenda mengatakan bahwa guru Rinpoche , yang merupakan Budha angkatan ke 2 , terbang keatas tebing dengan melalui punggun seekor harimau betina , dan kemudian melakukan meditasi kedalam sebuah goa  yang sekarang berada didalam dinding kuil .Untuk masa sekarang untuk masuk kesana sangat dibatasi , hanya untuk yang belajar tentang Budhisme (wicak).

4. Prambanan: – Dibangun sekitar abad 850 Masehi,  Prambanan adalah salah satu kuil agama Hindu yang berada di Jogjakarta, Indonesia. Candi ini terdiri dari 8 kuil utama yang dikelilingi 250 stupa yang labih kecil . terdapat dinding-dinding dengan relief yang menerangkan tentang reinkarnasi dewa Wisnu , petualangan Hanoman (raja kera ), Epic ramayana dan berbagai legenda lainnya (wicak).

5. Temple of Heaven: –Dibangun pada abad 14 Masehi ,Temple of Heaven adalah kuil penganut Taoisme di kota Beijing, Ibukota negara  China. Semua  ada di kuil ini , dimana yang mewakili Surga , berbentuk melingkar dan  pada permukaan tanah , yang mewakili Bumi , berbentuk persegi (wicak).

6. Borobudur: – Pada abad 19 , pada masa penjajahan Belanda di Indonesia telah ditemukan reruntuhan kuno dengan ukuran raksasa jauh didalam tanah  dibawah hutan belantara pulau Jawa . Dan yang mereka temukan adalah sebuah komplek yang kita kenal sekarang dengan Borobudur , sebuah struktur raksasa yang dibangun terdiri dari hampir 2 juta kubik kaki (55000 meter kubik ) batu. candi ini hampir terdiri dari 2700 panel relief dan 504 patung Budha . hingga hari ini , tidak seorang pun tahu kapan dan mengapa candi ini dibangun , maupun alasan mengapa bangunan ini ditinggalkan hingga ratusan tahun yang lalu . beberapa kalangan sarjana percaya bahwa Borobudur merupakan buku raksasa ajaran Budhisme sesungguhnya, sebagian besar Bas relief menceritakan tentang sejarah kehidupan sang Budha serta berbagai prinsip ajarannya . Untuk membacanya , seorang peziarah harus berjalan melalui 9 platform yang artinya harus berjalan sejauh 2 mile (wicak).

7. Chion-in Temple: – Dibangun pada tahun 1234 Masehi  Chion-in Temple adalah kuil termasyur di Jepang .Pengunjung  Chion-in Temple harus terlebih dahulu melewati gerbang terbesar di Jepang : dua cerita gerbang San-mon .Lonceng kuil ini memiliki gaya tersendiri : dengan berat 74 ton dan memerlukan 17 biarawan untuk membunyikannya selama perayaan tahun baru .Chion-in Temple memiliki lantai bernyanyi atau dikenal dengan  “singing” yang terdapat pada  Assembly Hall yang sangat disebut dengan istilah  uguisu-bari atau lantai burung bulbul.yang terbuat dari papan kayu (plank) yang khusus didesain untuk berderit saat diinjak pada setiap pijakan kaki untuk memperingatkan para biksu akan datangnya penyusup (wicak).

8. Golden Temple: – dikenal juga dengan  Harmandir Sahib (yang artinya  sebuah pertanda dari Tuhan) atau hanya kuil emas di  Punjab, India yang merupakan Kuil yang paling sakral dan disucikan untuk penganut Sikhisme. Untuk penganut Sikh , Golden Tempel adalah sebuah Simbol kebebasan tak terbatas dan kekebasan dalam beragama.Situs kuil ini dimulai dengan danau kecil yang sangat damai saking damainya bahkan sang Budha sendiri pernah datang untuk meditasi ditempat ini. Ribuan tahun berikutnya , Guru Nanaj , penemu ajaran Sikhisme yang juga datang dan bermeditasi di danau ini . Pembangunan Golden tempel ini dimulai pada tahun 1500-an Masehi, ketika Guru keempat ajaran Sikhisme melebarkan danau tersebut sehingga menjadi sebuah Amritsar atau kolam dari nectar dari sebuah keabadian , disekitar candi kota pun tumbuh . Candi itu sendiri didekorasi dengan patung-patung marmer , disepuh emas dan tertutup batu mulia(wicak).

9. Angkor Wat, Angkor Thom, dan Bayon: – Angkor Wat dibangun pada awal abda 12 Masehi di walayah yang sekarang ini bernama  Cambodia. yang sangat terkenal didunia pertama kali untuk seorang Hindu satu , yang didedikasikan untuk sang Wishnu . pada abad 14 atau 15 , ajaran Budhis saat itu menyapu kawasan Asia, ini menjadi kuil Budha .Dunia barat melihat sekilas Angkor Wat sekitar abad 16 Biksu Portugis yang mengunjungi kuil ini sangat fasih menggambarkan “sebuah konstruksi yang luar biasa dan sangat tidak mungkin dilukiskan dengan sebuah pena, terutama tidak seperti bangunan lain yang ada didunia . ini memiliki menara dan dekorasi serta semua perbaikan yang sangat rapi dan hanya manusia jeniuslah yang bisa memahaminya “Katanya masih terdengar hingga hari ini. Para turis yang berkinjung ke Angkorwat biasanya juga berkunjung pada reruntuhan disekitarnya yaitu Angkor Thom dan Bayon , yang merupakan dua kuil fantastis yang terdapat di Ibukota dimasa kejayaan kekaisaran  Khmer(wicak).

10. Kuil Vishnu di Srirangam: – Kuil  Srirangam (Sri Ranganathaswamy Temple), yang terdapat di salah satu kota di  India  , Tiruchirapalli (atau Trichy), Adalas sebuah Kuil Hindu terbesar didunia yang masih berfungsi. Legenda lama mengatakan , Seorang bijak telah beristirahat menaruh sebuah patung Wishnu yang berbaring diatas ular besar.Ketika dia akan  melanjutkan perjalanan , dia menemukan bahwa patung tidak dapat digerakkan apalagi diangkat , jadi kemudian dibangunlah sebuah kuil kecil untuk menutupinya . Selama berabad-abad kuil pun tumbuh menjadi bentuk yang lebih besar , dan dibangun diatas bangunan yang telah ada . Komplek kuil ini sangat luas : meliputi area seluas 150 are (63 hektar) dengan 7 dinding konsentris, dinding terluar sepanjang 2,5 mil atau 4 km , dinding membatasi wilayah luar  dan wilayah yang lebih dalam , bagian yang lebih dalam merupakan wilayah yang lebih suci dan disakralkan , dan wilayah ini tidak semua kalangan bisa masuk kedalam kecuali umat Hindu (wicak).

Inilah yang bisa kami unggah pagi ini kirim komentar serta saran untuk kemajuan blog kami , dan semoga bermanfaat bagi sobatsepeda sekalian (wicak )

Implikasi : berbagai kuil yang ada didunia merupakan warisan leluhur yang perlu dilestarikan. dan merupakan sebuah pesan yang berasal dari masa lalmpau untuk generasi yang akan datang. yang kemungkinan belum bisa dimengerti oleh generasi jaman sekarang (wicak)

Sumber : berbagai sumber

Iklan

0 Responses to “10 kuil paling menakjubkan didunia”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter


%d blogger menyukai ini: