14
Okt
12

Tingkatkan keahlian dalam bersepeda gunung , sangat penting berbagi pengalaman serta teknik sesama pecinta sepeda gunung

Sobatsepeda, seperti yang anda tahu , kami datang sebagai pecinta sepeda gunung dengan sedikit latar belakang Down hill (Ski gunung ). Ketika saya melakukan ski downhillseperti anak-anak yang mengambil pelajaran pertama (pemula ), dan ketika telah mencapai sekolah menengah saya akan mengambil program latihan lanjutan , dengan menghadiri klinis keahlian setiap minggunya , dan secara berkala mempelajari lebih dan lebih dalam berbagai teknik  keahlian  yang semakin dikembangkan (wicak).

Banyak sekali kemajuan saya dalam teknik maupun keahlian melalui tangan dingin  para pelatih serta instruktur ahli .Dapat dikatakan , untuk keseluruhan olah raga sangat memerlukan kemampuan teknik yang serius atau memerlukan tingkat kemahiran serta keterampilan tertentu : dimana keahlian yang harus selalu diasah dan dipelajari melalui seorang instruktur atau literatur yang  benar, dan untuk seorang instruktur kebanyakan memerlukan bayaran untuk setiap sesi latihan (wicak).

Mengapa dalam bersepeda gunung harus sedikit berbeda ?

Untuk beberapa alasan , sebagian besar orang menilai bahwa bersepeda gunung adalah sedikit berbeda lebih dari sekedar berkendara sepeda ditengah hamparan hutan . Kata  Chris Skolnick, Instruktur kami pada waktu itu dalam acara BetterRide mountain bike skills camp yang saya hadiri beberapa waktu yang lalu ,mengatakan , “beberapa orang bertanya , ‘mengapa anda harus belajar mengendarai sepeda ? saya telah belajar mengendarai sepeda ketika masih kanak-kanak ‘!”(wicak)

Seperti kebanyakan dari kita telah mengetahui : berkendara sepeda gunung bukan sekedar bersepeda ditengah hutan belantara . hal ini jauh lebih rumit dari itu (wicak).

Photo diatas : Chris Skolnick yang mendemonstrasika beberapa teknik menikung yang tepat.

Mengapa kita harus berteman dengan seorang pelatih profesional 

Jadi mengapa kita tidak bisa sekedarbelajardari seorang teman yang telah memiliki keahlian bersepeda gunung ? tentu saja , anda bisa belajar dari mereka namun hanya mencapai titik tertentu … akan tetapi memiliki kecenderungan hanya sejauh itu tidak lebih (wicak).

Selama SMA , Saya mencari uang jajan tambahan dengan keahlian saya dalam  main ski dengan mengajarkan teknik bagi pemula / lanjutan dalam main ski dan snowboarding .Untuk mejadi seorang instruktur ski , saya harus mengambil kelas yang mengajarkan bagaimana cara mengajar yang baik , tidak  semudaah mengajarkan keahlian yang saya miliki . Malakuakan olah raga dengan keterampilan merupakan suatu keahlian , dan mengajarkan pada  orang lain dalam berolah raga merupakan keterampilan lain yang sangat diperlukan secara keseluruhan (wicak).

Hanya dengan memiliki keterampilan dalam bersepeda gunung bukan berarti  orang itu berbakat dalam mengajarkan teknik bersepeda gunung yang baik . terkadang seorang pengedara yang ahli sekalipun sangat sulit mengarikulasikan  dengan tepat apa yang sebenarnya telah mereka lakukan , apalagi menjelaskan secara bertahap tentang sebuah manuver yang cukup sulit , seperti cornering (wicak)

pelatih BetterRide 

Chris menerangkan teori serta teknik dalam  cornering .

Para instruktur  BetterRide adalah pengajar keahlian dalam bersepeda gunung  bisa disejajarkan dengan seorang instruktur ski profesional . Mereka sangat paham secara tepat bagaimana cara mengajarkan keahlian yang anda ingin ketahui (wicak).

Instruktur profesional BetterRide mengarahkan :

  • Memecah setiap keterampilan rumit menjadi bagian-bagian yang lebih mendasar jadi lebih mudah dimengerti oleh anda .
  • Mendemontrasikan setiap gerakan jadi anda bisa melihatnya.
  • Mengatur program latihan sehingga anda dapat memahaminya.
  • Selalu memberikan feedback kepada anda tetang bagaimana anda menyelesaikan sesi latihan itu : apakah yang anda lakukan itu baik , dan apa yang anda lakukan lebih baik .
  • Masukkan semua bagian teknik dasar secara bersamaan dan menunjukkan pada anda sebuah manuver yang rumit terselesaikan .
  • Membantu anda memulai memasukkan keterampulan yang rumit secara bersamaan bigi anda sendiri.
  • Bahkan bersedia memberikan latihan lebih buat anda .
  • Dan wow akhirnya anda menguasai sebuah manuver yang cukup canggih yang mungkin suatu saat akan anda lakukan sendiri dikemudian hari.

Kurikulum yang disampaikan dalam  BetterRide, selama 13 tahun terakhir pembuatan terus mengalami peningkatan , memiliki perkembangan yang berbeda dalam skill selama mengikuti kursus dan camping , yang memang didesain khusus untuk merubah para MTB-er dari memiliki kemampuan dasar untuk memiliki skill yang lebih rumit dan terbukti bekerja dengan baik (wicak).

Sederhananya , para instruktur telah diajari bagaimana mengajarkan teknik yang mereka sampaikan dengan baik – dan memang mereka terbukti telah melakukannya dengan sangat baik (wicak)

Kebetulan Instruktur saya minggu lalu adalah  Chris Skolnick yang berasal dari Asheville, North Carolina. Selain memang menjadi seorang pembalab MTB yang sangat berbakat , Chris menjadi seorang instruktur benar-benar memiliki semangat dan cukup peduli dengan apa yang dia ajarkan pada kami .Dia sangat sabar membimbing kami  dan cukup memberikan dorongan pada semua murid yang diajarinya , dan dia selalu bersedia menjawab berbagai pertanyaan dan menunjukkannya secara langsung bagaiamana berkendara seperti yang dia ingin sampaikan meski harus mengulang beberapa kali (wicak).

Jika anda ,memang ingin belajar disini dan belajar melalui seorang  Chris, saya sangat merekomendasikannya !

Biaya

Mungkin biaya sekitar US$618 sangatlah besar bagi beberapa orang dan cenderung menolaknya.Akan tetapi apa bila anda mempertimbangkan sebuah kenyataan apabila anda dengan maksimum 7 orang murid yang lain dilatih oleh seorang yangmemang profesional dibidangnya , melatih anda dengan intensif selama 6 jam sehari selama 3 hari berturut-turut , dimana anda disediakan  waktu seluas-luasnya untuk berlatih teknik sendiri , serta beberapa paket catatan yang bisa anda bawa pulang , dan mendapatkan email sacara berkala untuk menindak lanjuti perkembangan skill anda salama dirumah , saya kira itu adalah sebuah harga yang sebanding dengan apa yang akan anda dapatkan , apabila dibandingkan dengan latihan  olah raga profesional yang lain (wicak) .

Bukan hanya untuk para pemula

Photo diatas : berlatih cornering pada sebuah medan cukup terjal , perlu jam terbang yang cukup untuk mencapai skill yang diingingkan .

Sebagian banyak dari kita yang telah lama bersepeda gunung mungkin akan sedikit meremehkan sebuah ide untuk memperkenalkan berbagai teknik bersepeda gunung melalui sebuah khursus . bahkan saya sendiri telah bersepeda gunung dalam waktu yang cukup lama secara intensif dan cukup serius slama 7 tahun terakhir , dan saya secara pribadi bisa mengatakan telah memilik berbagai teknik dasar yang kira kira sangat diperlukan dalam hal ini (meski  tidak pernah mencoba berkata “saya telah mengetahui segalanya”).

Beberapa hal yang mengherankan saya selama 3 hari masa khursus yang telah saya lakukan . Yah …saya telah melakukan beberapa hal dengan benar …akan tetapi dalam beberapa hal serat beberapa kondisi , yang saya lakukan hampir tepat (wicak).

Mungkin dalam beberapa hal saya banyak tahu seperti kamera digital hingga senapan serbu . Dalam bersepeda gunung , bisa dikatakan hampir memahami  menurut saya saat itu . Saya yang telah datang dari tempat yang cukup jauh akhir minggu ini untuk menambah begitu banyak informasi baru tentang bagaimana melakukan sebuah hal yang telah saya lakukan bertahun-tahun dan ternyata kurang tepat , dan beberapa darinya saya dapatkan kemampuan baru yang memang tidak saya miliki sebelumnya (wicak).

Saya sarankan hal ini sangat baik untuk para pembalap muda , akan tetapi saya  benar-benar berharap memiliki kesempatan untuk mengambil khursus jenis ini  pada satu atau 2 tahun pertama saat mulai mengenal sepeda gunung pada waktu itu (wicak).

Jadi hal ini sangat saya rekomendasikan untuk para pengendara pemula bahkan untuk yang sudah mahir , karena cukup menambah wawasan anda dalam bersepeda gunung (wicak).

Dan inilah yang saya dapat

Saya tidak akan meninggalkan anda dalam sebuah klaim abstrak tentang apa yang telah saya pelajari . Sebaliknya , disini adalah beberapa contoh konkrit tentang beberapa hal yang telah saya pelajari pada camp akhir minggu ini dan membutuhkan latihan lanjutan untuk menambah jam terbang :

Visi: Saya telah mempelajari bahwa saya telah terpaku pada beberapa hal , khususnya pada saat melewati tanjakan atau saat melakukan lompatan . sebaliknya , saya harus bisa menemukan referensi dua langkah kedepan dimanapun saya berada saat itu (wicak).

  • Posisi tubuh : Saya seharusnya melawan kecenderungan saat menikun menarik siku dan memang seharusnya dibiarkan kebawah untuk mengimbangi gerakan menikung selain dada pada posisi siap (wicak).
  • Cornering(menikung): Posisi tubuh saya dan beberapa pendekatan untuk menikung sebelum mengikuti pelatihan sepertinya telah benar , akan tetapi ternyata kurang begitu benar. Saya hanya membutuhkan untuk tetap fokus untuk memisahkan diri dari sepeda dengan cara menekan stang kearah lingkar dalam tikungan dan merebahkan sepeda sementara menjaga posisi tubuh tetap tegak terhadap permukaan tanah , menekan siku luar agak keluar tikungan , dan memutar pingguk kearah luar tikungan (sementara hal ini juga membutuhkan beberapa titik referensi). memutar pinggul adalah hal baru yang saya dapatkan akan tetapi hal ini benar-benar membuat sebuah perubahan besar pada kemampuan saya dalam menikung (wicak).
  • Coaster Wheelie: Saya telah belakar bagaimana cara manual/coaster wheelie… Saya belum pernah tahu bahwa teknik ini cukup layak dipelajari sebelumnya . saya merasa memiliki teknik cukup baik saat berada diatas kendaraan berpedal ini , akan tetapi  coaster wheelie merupakan teknik yang sangatlah berbeda untuk situasi yang sama sekali berbeda (wicak).
  • Angkat ban belakang : Saya telah mempelajari  bagaimana cara mengangkat ban belakang atau setidaknya , saya telah memiliki teori akan hal ini dan bagaimana cara melakukannya . dikombinasikan dengan  coaster wheelie, Saya harus mengetahui secara teori bagaimana melakukan J-hop setidaknya mengetahui saat yang tepat untuk melakukannya (wicak).
  • Setup sepeda : Saya harus menurunkan posisi sadel.Saya hanya memerlukan satu hal .saya tidak bisa berkendara  tanpa suatu hal . atau setidaknya saya tidak bisa mengendarai sepeda dengan baik tanpa satu hal .selain itu , anda memerlukan ban besar , stang laber dan sebuah stem pendek (untuk hal ini sudah saya patuhi dalam waktu cukup lama). Dan Chris telah membuat banyak referensi untuk posisi seatposnya yang  sempat dijadikan bahan gurauan saat itu ,”dan hal ini menunjukkan mengapa anda membutuhkan grafitasi dengan posisi sadel lebih pendek “. Bahkan kami sempat menanyakan apakah gaya grafitasi dapat dialihkan selain menggunakan sadel pendek dan Chris pun tertawa dan berkata Tidak , akan tetapi setelah melihat bagaimana mudahnya berlatih posisi menikung yang baik dan hampir semua ahlinya melakukan dengan sadel yang lebih pendek , Saya dapat berkata , sebenarnya saya bersedia diadu dengan mereka (saat itu , agak kepedean kaleee….hehehe) .

Chris menjelaskan pada  Eric dan Jeff bagaimana mereka dapat meningkatkan kemampuan dalam cornering setelah mereka menikung pada sebuah pohon yang sama .

Ok inilah beberapa hasil latihan yang berhasil kami himpun yang kami dapatkan selama 3 hari latihan , dan bahkan bisa saya katakan untuk beberapa hal saya hanya hampir menyentuh .Selama latihan anda bisa menyelami beberapa teknik lebih dalam dan sangat detail . bahkan , kami hampir menghabiskan waktu sepanjang hari hanya untuk membahas teknik cornering saja .untuk mempelajari lebih jauh dalah setiap camp pelatihan , berbagai type camping telah disediakan , dan kapan serta dimana akan dilakukan . pastikan anda mendapatkannya didalam  BetterRide.net.(wicak)

Sekarang saya telah siap mendaftar dalam  Core Skills 2!

kami ucapkan banyak terimakasih pada  BetterRide karena telah mengijinkan untuk mereview proses pelatihan dalam Core Skills 1 .

Implikasi : sebuah keahlian harus diasah untuk mendapatkan kemampuan yang pada tingkat yang diinginkan. sebuah hal yang terkadang tidak kita ketahui adalah kemampuan yang memang tidak pernah kita pelajari. terkadang otodidak memang baik tapi kebanyakan salah arah dan cenderung memaksakan teknik yang ternyata memerlukan referensi dari sumber yangbisa dipertanggung jawabkan (wicak).

Sumber :

0 Responses to “Tingkatkan keahlian dalam bersepeda gunung , sangat penting berbagi pengalaman serta teknik sesama pecinta sepeda gunung”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

follow us on twitter


