28
Agu
12

Mungkinkah suatu saat becak di Indonesia memakai konsep seperti ini ?

Airpod concept car

Sobatsepeda, kendaraan bersumber tenaga udara kompresi , tentunya konsep ini telah ada beberapa puluh tahun yang lalu dengan teknologi 2 tahap lebih maju dan dihentikan perkembangannya pada saat industri minyak bumi mulai diperkenalkan dan diharapkan akan senjadi sebuah komoditi yang menggiurkan dimasa yang akan datang.Dengan konsep diatas tentunya becak yang kami tampilkan akan lebih manusiawi dengan bentuk serta konsep yang futuristis , apalagi bersumber energi terbarukan , yang bisa kita dapatkan dari kompresor tambal ban yang memang menjamur disepanjang jalan(wicak) .

Tata Motor telah memamerkan konsep baru , sebuah mobil yang bisa meluncur dengan memanfaatkan tekanan udara terkompresi dan akan bergerak sejauh 125 mile pada kondisi tangki penuh ….hanya dengan angin ? (wicak).

Konsep kendaraan beroda 3 yang diperkenalkan ini dikemudikan dengan memakai joystick dari pada roda kemudi (stir bundar) dan dilengkapi dengan motor pneumatik , yang menggunakan udara terkompresi untuk menggerakkan piston .Tata motor mengatakan bahwa konsep kendaraan yang mereka perkenalkan dapat mencapai kecepatan maksimal hingga 50 mil /jam (wicak).

Akan tetapi kendaraan ini bukan dibuat karena alasan kecepatan tetapi faktor ekonomis.Pada sebuah tangki penuh yang terdiri dari 175 liter udara terkompresi memerlukan biaya hanya 1 Euro , dimana yang dikatakan oleh Tata Motor dapat menjangkau jarak sejauh 125 mile. Untuk harga kendaraan ini sendiri ? yang mungkin berharga sekitar 7000 Euro (wicak) .

Kendaraan bertenaga angin ini yang diperkenalkan sebagai Air pod dapat mengangkut 3 orang termasuk pengemudi yang didesain untuk sopir menghadap depan dan tentunya penumpang menghadap jendela belakang (wicak).

Entah mengapa tahun kemarin dikategorikan sebagai produk gagal , yang kurang jelas tendensiusnya . Akan tetapi konsep yang saya tahu diperkenalkan pertama kali oleh seseorang berkebangsan Perancis bernama Guy Negre ini diteruskan oleh putranya yang bernama Cyril Negre, terlihat sangat sempurna dengan konsep futuristis dan sangat ramah lingkungan(wicak)

Tata Motor berharap untuk mengembangkan kendaraan ini dan meluncur dijalanan India mulai awal tahun depan , yang juga akan diminati penduduk Afrika selatan (wicak).

Implikasi : Dengan semakin langkanya sumber daya mineral baik minyak bumi dan batu bara , maka harus ada sumber daya pengganti dengan ketersediaan lebih renewable, yang jelas tersedia dimana-mana . apa bila dibandingkan konsep mobil listrik jelas lebih ekonomis . Tidak memerlukan colokan listrik dengan daya 2200 VA (10 Ampere) yang jelas-jelas memerlukan investasi lebih banyak ,belum lagi teknologi baterai dengan nilai investasi tidak murah hampir 40% harga mobil, dan tentunya berbahan sel yang belum tentu memiliki limbah ramah lingkungan, dengan berbagai penyempurnaan yang dilakukan tentunya teknologi ini akan bisa diandalkan dimasa yang akan datang(wicak).

sumber : likecool.com

Iklan

0 Responses to “Mungkinkah suatu saat becak di Indonesia memakai konsep seperti ini ?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: