12
Agu
12

Bikerack terbuat dari palet kayu

bikerack-08.JPG

 Sobatsepeda, saya tergolong orang yang malas , dan seperti yang anda duga saya juga menemui berbagai masalah sepanjang hidup saya , hingga suatu saat saya menemukan sebuah masalah yang mengharuskan berfikir paling simpel , dengan solusi paling murah yang harus saya bayangkan .dan saya menemukan sebuah solusi dengan teknologi yang cukup mudah tapi efektif sehingga saking mudahnya hampir tidak terfikirkan oleh orang lain (wicak).
Sebuah masalah yang telah menunggu sejak lama untuk sebuah solusi adalah berserakannya sepeda yang ada diteras rumah .tentu saja Orang rumah tidak akan pernah diam dengan kondisi yang ada dan saya harus setuju kalau beberapa sepeda tersebut harus tertata dengan rapi akan tetapi saat itu kami membutuhkan semacam Rak yang mungkin harus kami beli , tentunya dengan anggaran yang mungkin tidak bisa ditolelir oleh menteri keuangan keluarga saat itu (bisa dibayangkan ngomelnya  kayak apa…..hehehhe)
Kembali pada masalah setiap hari rata-rata sepeda yang parkir disana sekitar 4 sampai 7 buah , tergantung kondisi yang ada karena biasanya teman-teman ada yang minta direpair atau sekedar perawatan berkala dan beberapa tetangga sekitar rumah yang membutuhkan bantuan saya .Untuk rak yang saya butuhkan , saya membayangkan sebuah konstruksi sederhana , akan tetapi tidak membutuhkan banyak pemotongan serta perakitan , seperti saya katakan diatas : saya cukup malas untuk melakukan itu semua (wicak).
bikerack-01.JPG

Kira-kira seperti diataslah masalah harian saya, berkutat dengan sepeda yang sebagian besar bukan milik saya, bisa dibayangkan untuk keruwetan yang saya hadapi saat itu, dan rentetan pertanyaan yang harus saya jawab , dan penjelasan yang sangat panjang. Dan bisa anda bayangkan penderitaan saya saat itu. Disamping menghadapi omelan orang rumah dan sepeda-sepeda yang tidak ada habisnya(wicak).

Hingga Akhirnya saya temukan sebuah solusi taktis namun efektif , saking simpelnya hingga terlihat sedikit konyol : terdiri dari 2 palet kayu yang dibaringkan salah satu diantaranya .Ini sangat sederhana .memang sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan marilah kita ikuti langkah berikut ini …..

Langkah ke 1 tentunya dua palet yang diperlukan 

bikerack-02.JPG

Dua palet ini , yang kami ambil tentunya dari tempat sampah atau minta pada teman yang  bekerja didivisi pengepakan , tentunya kita buat sedikit berbeda ,tentunya untuk proyek yang satu ini .Salah satu papan yang lebih tipis ditempatkan pada bagian atas , pada celah  papan sempit digunakan untuk slot tempat penjepit ban sepeda.sementara palet yang lain ditempatkan terbalik , untuk lebih jelasnya ikuti langkah berikutnya ….

Langkah ke 2 Perakitan palet untuk rak 

bikerack-03.JPG
bikerack-07.JPGbikerack-04.JPG
Untuk palet yang ditaruh pada lantai , diperlukan ruang slot yang lebih lebar untuk penyesuaian slot verlikal pada palet tegak .Anda akan memarkirnya pada palet yang dibawah , Seperti yang ada lihat , yang sangat nyaman untuk roda tersedia cross-brace sebagai penahan , menjaga ban agar tidak menggelinding keluar .Catatan pada gambar ketiga , jarak antara dinring yang disandarai dengan palet yang dibawah -yang harus membentuk sudut yang tepat untuk palet yang harus menyandar pada dinding (ingat kami sama sekali tidak melakukan pemakuan apalagi berbagai join screw…yang tentunya terlalu banyak pekerjaan yang harus dilakukan)(wicak).

Langkah ke 3 Rak sepeda terbuat dari palet

bikerack-06.JPG

Beberapa orang sangat perhatian pada hal tersebut yang mungkin membahayakan ban sepeda.saya kurang konsen dengan hal ini :karet  ban sepeda sangat kuat akan tetapi palet kebanyakan dibuat dari kayu yang cukup lunak .Akan tetapi apabila anda tidak keberatan tentunya sedikit pekerjaan bisa dilakukan (ehhem…), lakukan sedikit gosokan dengan memakai sebuah kikir (wicak).

Langkah ke 4 rak sepeda terbuat dari palet

bikerack-08.JPG

5845643031_c83bd96160_b.jpg

Dan selesai , cukup ruangan , terlihat lebih rapi dan bersih dan ruangteras depan rumah terlihat lebih lega dan orang rumah tidak ngomel-ngomel lagi (wicak).Unuk jangka panjang , rak sepeda ini memerlukan sedikit pengaturan dan penyesuaian setiap bulannya atau lebih .Akan tetapi desain ini cukup stabil untuk sebuah solusi yang tidak memerlukan paku dan skrup , bahkan lem ataupun lakban (wicak).
Implikasi : sebuah solusi sederhana namun taktis terkadang sangat diperlukan terutama dalam kondisi darurat? bahkan bikerack darurat saya masih bertahan hingga sekarang hampir satu tahun …sangkin malasnya . mudah-mudahan bermanfaat tapi jangan ditiru kemalasannya (wicak).sumber:http://sobatsepeda.com/2012/08/12/bikerack-terbuat-dari-palet-kayu/
0 Responses to “Bikerack terbuat dari palet kayu”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

