22
Jul
12

Konsep Kincir ES Pipe mengubah aliran air ledeng menjadi sumber energi listrik terbarukan

Sobatsepeda, kali ini yang dibidik adalah negara dunia ketiga , yang nota bene sangat minim akses ke sumber air dan juga arus listrik negara .bahkan saat mereka mendapatkan suplai air bersih untuk keperluan minum telah mengalami peningkatan yang cukup pesat seperti penggunaan sumur bor , Pasokan listrik konstan belum dapat diandalakan dan beberapa masyarakat disana bertarung denga kegelapan menggunakan lampu minyak dengan cahaya cukup remang-remang atau menggunakan lampu bertenaga baterai dengan kemapuan sangat terbatas.Untuk beberapa wilayah dengan kemampuan yang sangat terbatas seperti dibenua Afrika , seorang deaainer yang bernama Ryan Jongwoo Choi telah memperkenalkan konsep  ES Pipe Waterwheel dimana dengan sistim ini bisa mengubah aliran air menjadi penggerak generator hydroelektrik mini (wicak).

ES Pipe Waterwheel concept

Konsep kincir air ES Pipe 
ES Pipe Waterwheel concept
Kincir air konsep ES Pipe 

Adalah salah satu karya finalis IDEA Award 2012  (International Design Excellence Award), dimana konsep yang lebih maju dihadirkan dalam sebuah pipa ledeng biasa untuk pembangkit listrik mikrohydro(wicak).

ES Pipe Waterwheel concept

Seperti inilah kosep kincir air ES Pipe 

Setiap kali kran dibuka , aliran air akan melewati pipa yang telah dipasang kincir air didalamnya , dan akan mengubah energi kinetik yang dihasilkan menjadi listrik yang bisa dimanfaatkan untuk menyalakan bola lampu untuk penerangan (wicak).

ES Pipe Waterwheel concept

Skema konsep kincir air ES Pipe 

Instalasi ini tentunya akan menghasilkan sumber tenaga yang bersih dengan memanfaatkan sumber energi dari aliran air kran yang belum pernah dimanfaatkan .sangat mudah dipasang dan dilepas , kincir air dapat menghasilkan energi listrik yang dapat disimpan pada sebuah baterai dan dapat digunakan dengan mudah dalam berbagai aplikasi portable baik untuk menyalakan lampu emergency maupun berbagai perangkat elektronik lainnya , cukup taktis bukan ?(wicak).

ES Pipe Waterwheel concept

aliran aiar pada konsep kincir air ES Pipe 

Konsep kincir air  ES Pipe dapat juga diaplikasikan pada sebuah selang air yang mudah dipasang maupun dilepas sehingga lebih nyaman (wicak).

Implikasi : sesuatu yang terkadang terlihat remeh bisa saja menghadirkan sebuah inovasi yang tidak terpikirkan oleh orang lain .Akan tetapi meski terlihat berdaya kecil dan tampak kurang memiliki daya besar bisa dibayangkan berapa sumber energi yang bisa diselamatkan dibumi ini , yang jelas-jelas bersih tanpa meninggalkan jejak karbon sama sekali (wicak).

Sumber:http://sobatsepeda.com/2012/07/22/konsep-kincir-es-pipe-mengubah-aliran-air-ledeng-menjadi-sumber-energi-listrik-terbarukan/

Iklan

0 Responses to “Konsep Kincir ES Pipe mengubah aliran air ledeng menjadi sumber energi listrik terbarukan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: