20
Jul
12

5 makanan laut teraneh dari seluruh penjuru dunia

Fish Heads

Photo: Sandra Rybicki

Sobatsepeda,Apabila sesuatu yang paling aneh yang pernah anda makan adalah Hamburger Mc Donald,mungkin anda akan sedikit terkejut dengan yang akan anda baca sekarang ini. Atau , anda ingin menikmati berpetualang dengan berwisata kuliner menikmati tarantula atau iguana goreng ?, tentunya hal ini akan memberikan lebih banyak ide aneh yang siap untuk dicoba(wicak).

5. Saos ikan 

Bottled Fish SaucePhoto: Beket Chai

Saus ikan pada dasarnya diperoleh dari fermentasi jus ikan .kedengaran sangat lezat? , Mungkin rasanya kurang baik dengan sendirinya , akan tetapi saus ini sangat diperlukan dalam membangun cita rasa khas dalam bumbu masak pada masakan Thailand .Masakan Thailan tanpa saus ikan bagaikan kentang goreng tanpa garam , atau tumis kangkung  tanpa kecap .hal ini tentunya memberikan sentuhan spesial pada makanan dan diapakai diberbagai negara selain Thailand, termasuk Laos dan Cambodia(wicak) .

Fish Sauce PreparationPhoto: Poida.Smith

Saus ikan dibuat dari ikan teri segar,yang kemudian ditaruh pada drum atau botol kecil yang diisi air garam .kemudian ditempatkan dibawah paparan sinar matahari selama 9 bulan hingga 1 tahun , untuk membiarkan sistim tersebut mengalami fermentasi .Secara berkala , tempat tersebut dibiarkan pada udara terbuka dan memberikan aroma spesial pada produk akhir (dapat anda duga seperti apa hasilnya) dan produk akhir akan berwarna merah kecoklatan .Kemudian ,  setelah cukup waktu untuk jus ikan bisa terurai secara keseluruhan , tong kemudian digelontor pada kran yang ada dibagian bawah dan dialirkan pada guci-guci. Dialirkan keluar untuk mengurangi bau menyengat yang ada dan kemudian,Voila, Jus ikan ini telah siap untuk ditambahkan pada hidangan khas Thailand favorit anda (wicak).

4. Stinkheads

King SalmonPhoto: Isaac Wedin

Apabila anda berfikir bahwa saus ikan itu terlihat jorok dan keji , persiapkan diri anda untuk menghadapi sesuatu yang benar-benar kotor diluar perkiraan anda.Tidak terlalu banyak yang bisa kami ceritakan tentang hidangan ala Eskimo akan tetapi hal ini merupakan resep tradisional yang bisa kami katakan : kepala ikan King Salmon yang dipenggal kemudian dibentuk kepalan sebesar bola sepak , dibungkus dengan rumput , dan dikubur didalam lubang berlumut selama 4 sampai 6 minggu . Kemudian , digali lagi kepala ikan yang busuk tersebut untuk dikonsumsi (wicak).

Mungkin sekarang anda tahu mengapa makanan ini disebut sebagai” stinkhead”. bau busuk yang ditimbulkan sebagai efek samping proses pembuatan , rupanya metode ini dipersiapkan khusus untuk membuat tulang menjadi lebih lembut saat dikunyah bersama daging yang membusuk .Lezat bukan ? bagaimanapun juga mekanan ini adalah kebangaan suku Eskimo , dan mereka mengklaim bahwa orang kulit putih tiidak akan bisa memakannya .dan dalam hal ini mungkin saja kita setuju . Akan tetapi bagaimana anda membayangkan bahwa bagaimana  mereka tidak sakit setelah memakan makanan lezat namun busuk tersebut ?, ini semua tergantung dengan sebuah persiapan .Pada metode tradisional , kepala ikan difermentasi dengan cara aerobik , tentuny pada temperatur rendah atau dingin (wicak).

Sayangnya , beberapa orang telah memulai pembuatannya dengan menggunakan kantong Ziplock dan ember , karena bisa memangkas proses hingga separo waktu .hal ini membuat stinkhead merupakan lahan subur bagi bolutisme , dan mungkin bisa membuat anda sakit berat bahakan kematian .Apabila anda ingin mencoba mengkonsumsinya , pastikan anda tahu dan paham apa-apa yang harus dipersiapkan (wicak).

3. Lutefisk

LutefiskPhoto: Karl Baron

Lutefisk adalah masakan ala Norwegia , meskipun hanya sekitar 2% saja dari orang Norwegia yang mengkonsumsinya saat perayaan Natal .Sebenarnya biasa dikonsumsi oleh orang-orang Norwegia-Amerika. Lutefisk dimulai dengan ikan Cod atau Ling.Yang direndam di dalam air selama sekitar 1 minggu , yang kemudian di transfer kedalam cairan alkali campur air selama beberapa hari .apabila terlalu lama paca campuran alkali , lemak ikan akan benar-benar berubah menjadi sabun . dan tentunya tidak ada satupun orang yang mau memakannya (wicak).

LutefiskPhoto: Andria

Pada titik ini , Ikan akan membengkakn dari ukuran aslinya , seperti Jelly , dan memiliki Ph hingga 11 .Yah , ini caustic.Terasa bagaikan mebakar kulit ? tentunya tidak ?  Lutefisk ini direndam masih selama seminggu lagi, dengan air yang selalu berganti setiap hari untuk mengurangi efek racun dan membuatnya bisa dikonsumsi .biarkan dia menguap lalu memakannya (lebih mudah diucapkan dari pada melakukannya).Satu lagi, untuk pencegahan , bersihkan wajan anda tepat setelah selesai memakannya karena lutefisk tidak akan mudah dilepas setelah anda membiarkannya sepanjang malam .dan juga jangan pernah menggunakan peralatan makan yang terbuat dari perak karena ini makanan amis yang akan menyebabkan karat pada peralatan tersebut(wicak).

2. Hakarl

HakarlPhoto: Troy

Hakarl adalah salah satu masakan khas Icelandia yang berbahan dasar daging ikan hiu khas Green land.Binatang laut ini tidak dilengkapi saluran kencing , jadi selama ini memiliki cara pengeluaran racun dari dalam tubuh melalui kulit mereka , yang tentunya membuat mereka sangat beracun untuk dimakan.Akan tetapi , seperti yang kita pelajari sejauh ini , kenyataanya makanan ini yang mengadung racun tidak jauh dari berbagai konsep pencegahan. Untuk membuat Hakarl, daging ikan hiu dipotong-potong menjadi bagian-bagian kecil dan dipendam kedalam timbunan kerikil (atau ditempatkan kedalam kotan yang terdapat lubang didalamnya).

Eating HakarlPhoto: Audrey

Tergantung dengan musim , daging tersebut diperam selama 6 minggu hingga beberapa bulan .Selama kurun waktu itu , Asam urayt yang mematikan itu merembes keluar melalui kulit .Setelah itu daging ikan hiu yang ada digantung di gudang , terjauh dari paparan sinar matahari , untuk pengeringan selama 2 hingga 4 bulan .angin akan berhembus menghilangkan bau dan merubah warna luar daging hiu tersebut menjadi berwarna coklat.Setelah dikeringkan , bagian luar daging ini akan menjadi berwarna coklat , dan meninggalkan bagian dalam daging hiu yang berwarna putih yang mengundang selera (semua tergantung cuaca anda suka atau tidak ) seperti makan keju dengan sedikit Amoniak , atau bagaikan makan air kencing yang dipadatkan , lezaat bukan ? (wicak).

1. Drunken Shrimp

Drunken ShrimpPhoto: Laurel F

Apabila memakan daging ikan yang busuk tergolong hal kuno pagi anda , mengapa tidak mencoba untuk memakan  super-fresh drunken shrimp? Namun , hal ini mungkin meperingatkan anda akan masakan khas China ini mungkin akan melompat dari piring anda atau mencapit bibir anda saat akan memakannya .Ternyata ,seseorang telah memutuskan bahwa memakan udang mentah  tidak cukup aneh sehingga memutuskan untuk memakannya hidup-hidup .Resep ini cukup sederhana : tempatkan udang hidup tersebut kedalam mangkok yang telah berisi alkohol manis , bisa menggunakan arak putih (white wine), jepit udang dengan menggunakan sumpit anda dan berduel dengan udang hingga mati .Udang yang malang tersebut tentunya toidak memiliki banyak kesempatan untuk bertahan , jadi , mungkin bagaikan bertarung bersenjata sumpit melawan udang tersebut , mungkin sedikit kejam dan bengis namun itulah sensasi yang mereka rasakan (wicak).

Drunken ShrimpPhoto: Laurel F

Tentu saja , beberapa orang sangat suka berbagai versi masakan  drunken shrimp… dimana mereka menyalakan alkohol dalam mangkok yang tentunya akan melalap mahkluk-makhluk kecil tersebut .ya mungkin itu bukan cara terburuk untuk mati : yang akhirnya dijepit oleh gigi-gigi raksasa , atau dibakar hidup-hidup , semua anda yang menentukan (wicak).

Implikasi : berbagai masakan khas dan menggungah selera ? mungkin sebagian dari kita tidak dapat menerima cara-cara mereka dalam mendapatkan kuliner khas wilayah mereka yang berlatar balakang berbagai budaya iklim serta  lingkungan yang melatar belakangi keberadaannya . mungkin kita kurang tahu proses pembuatan terasi atau petis yang kemungkinan tidak bisa diterima akal sehat mereka (wicak).

sumber:http://sobatsepeda.com/2012/07/20/5-makanan-laut-teraneh-dari-seluruh-penjuru-dunia/#more-2028

Iklan

0 Responses to “5 makanan laut teraneh dari seluruh penjuru dunia”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: