16
Jul
12

Kekurangan dan kelebihan pembangkit energi tenaga sampah

energi yang dihasilkan untuk menggerakkan turbin uap pembangkit listrik 

Sobatsepeda,Sebut saja salah satu bahaya dari pertumbuhan masyarakat perkotaan yang cenderung semakin cepat, Kota-kota semakin besar dan padat dan seluruh dunia menghadapi tantangan baru yang sama yaitu pembuangan sampah dengan jumlah yang sangat besar. Menurut perkiraan , lebih dari 2.1 Miliar ton limbah rumah tangga dihasilkan diseluruh dunia setiap tahunnya.kebanyakan biasanya penanganan sampah dengan cara membuangnya pada sebuah lokasi yang telah ditentukan dan dikembangkan secara terorganisir .Pengalaman menunjukkan bahwa pembuangan sampah akhir selalu menghasilkan gas-gas berbahaya , seperti gas methane dan CO2 dalam jumlah yang sangat besar . Namun ,para peneliti telah berhasil menunjukkan bahwa gas berbahaya yang dihasilkan dari timbunan sampah dapat dijebak secara kreatif untuk tujuan pembangkit energi listrikk , bio-fuel , dan Pupuk (wicak)

harvesting energy from landfills

Skema daur ulang sampah menjadi bentuk energi terbarukan 
Membangkitkan energi dari sampah 

Masih , terdapat berbagai pro dan kontra tentang pemanfaatan energi berbaahan sampah . Dan dibawah ini akan kami uraikan secara lebih detail.

Kebaikan 

Limbah menjadi energi :

Material limbah yang berada di area pembuangan sampah dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit energi listrik untuk konsumsi domestik . Kenyataanya , data yang kami peroleh dari the International Energy Agency menunjukkan beberapa negara telah memulai pemanfaatan energi jenis ini yang mereka dapatkan dari sampah rumah tangga maupun Industri yang sebelumnya dibuang pada sebuah tempat pembuangan sampah dengan jumlah yang sangat besar .lebih dari 400 Terra watt energi listrik dihasilkan di seluruh dunia , melalui pemanfaatan sampah (wicak).

Tempat pembuangan sampah mengandung sejumlah besar sampah organik seperti sisa makanan , kertas , textil dan sisa pembuangan halaman . Dan dari material itu bisa menghasilkan gas rumah kaca dalam jumlah yang sangat besar seperti Methana dan CO2.Sebuah yayasan di Amerika yangbernama   Environment Protection Agency (EPA) mengatakan bahwa tempat pembuangan sampah adalah sumber terbesar ke tiga manusia yang berhubungan dengan emisi gas methan di Amerika , berjumlah sekitar 17 % dari total emisi gas methan(wicak).

Dengan dikembangkannya teknologi baru , hal inoimejadi lebih masuk akal dan memungkinkan untuk pemanfaatan sejumlah besar gas methan untuk menhasilkan listrik bersih dan ramah lingkungan.Air dan kandungan CO2 yang sangat rendah dapat dihasilkan oleh proses ini . Proses ini tidak lagi memerlukan bahan bakar fosil lebih banyak untuk membakar gas methan karena memang gas ini sangat mudah terbakar(wicak).

Selain listrik , teknologi baru ini juga menunjukkan bahwa ethanol selulosa juga dapat dihasilkan dari tumpukan sampah ini. Secara organik dapat dihasilkan karena degradasi selulosa terdapat pada berbagai sampah organik seperti sisa potongan rumput , potongan ranting pohon dan batang jagung yang telah dibuang serta masih banyak lagi . Bio-fuel tersebut menghasilkan energi  dan mengurangi emisi gas rumah kaca lebih banyak apabila dibandingkan dengan berbagai bio-fuel yang bisa dihasilkan hari ini(wicak).

Keburukan 

Pembakaran gas methan pada lahan pembuangan sampah merupakan ide yang sangat buruk:

Sementara sejumlah besar sampah global semakin bertambah , sebuah bukti yang konyol dari metode untuk memanen energi dari bentuk ini masih mengacu pada para ilmuwan dan para pembuat kebijakan.Pengalaman menunjukkan pada beberapa tempat , telah menunjukkan bahwa teknologi yang ada lebih banyakberbahayanya dari pada kebaikannya.Alasannya bahwa sejumlah besar gas sebenarnya telah mengalami kebocoran dan mencemari lingkungan yang bukan hanya memberikan konstribusi pada pemanasan global akan tetapi juga sangat mengganggu kesehatan , Contohnya , gas Methan memiliki efek 75% lebih kuat dalam gas rumah kaca pada 20 tahun keberadaanya dibandingkan CO2(wicak).

Kebanyakan area pembuangan sampah telah ditutup pada bagian atasnya untukmembantu pencegahan kebocoran gas .namun , gas ini akan menemukan rute yang lain untuk meloloskan diri.Contohnya : sebuah tempat pembuangan sampah percobaan yang ada di Ontario telah menunjukkan kerusakan potensial dari kebocoran gas bisa sangat jauh dari pada yang bisa dimanfaatkan untuk memproduksi listrik sekitar 5000 MW dari kesemuanya.Juga , teknologi yang ada saat ini hanya bisa mengolah sampah sekitar 20 sampai 25 % dari total volume sampah yang ada(wicak).

Yang paling buruk 

TPA pengahsil gas dan efek mengerikan dari tempat pembuangan sampah :

Selain menghasilkan gas methan , tumpukan sampah juga menghasilkan berbagai gas berbau yang sangat berat -yang bukan hanya memberukan efek buruk pada kingkungan saja akan tetapi jua menimbulkan gangguan serius pada kesehatan . Sementara sekitar 50% gas methan di produksi pada pembuangan sampah , 40 % berikutnya adalah CO2 dan beberapa gas berbahaya lainnya seperti Sulfur dioksida, nitrogen oksida dan berbagai partikulat lain yang dihasilkan (wicak).

Sulfur dioksida bisa menyebabkan hujan asam , berbagai partikulat lainnya juga bisa menumbulkan gangguan pernafasan dan kelelahan dilingkungan masyarakat yang tinggal disekitar pembuangan sampah .Juga , Nitrogen dioksida yang jeals akan mengganggu kandungan ozon lokal dan pembentukan asap .Gas berbau berat mungkin akan mengakibatkan sakit kepala  dan mual pada manusia .Gas ini dapat menyebar melalui media tanah dan terkadang menjalar hingga mendekati perumahan , tentunya hal tersebut bisa menempatkan mereka pada sebuah resiko yang signifikan dari gas methan yang sangat mudah terbakar (wicak).

namun , memanen energi dari gas organik yang dihasilkan dari pembuangan sampah , masih merupakan cara yang paling efektif untuk mengurangi berbagai efek yang membahayakan yangtelah kita bahas diatas .dan , pada sebuah catatan yang positif, beberapa inisiatif baru telah diambil untuk menangani efek ini pada beberapa kota dalam waktu berkali-kali (wicak).

Implikasi : sebuah teknologi ditemukan tidak langsung memiliki kesempurnaan , diperlukan pengembangan melaui berbagai penelitian yang membutuhkan dedikasi dan kesabaran yang kuat. Bagaimanapun juga mengurangi volume sampah sangat membantu lingkungan dan dapat mengurangi efek gangguan kesehatan pada manusia maupun lingkungan(wicak)

Iklan

0 Responses to “Kekurangan dan kelebihan pembangkit energi tenaga sampah”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: