08
Jul
12

Apakah yang dimaksud pump track?

Sobatsepeda,dalam artikel yang kami unggah kali ini akan menjelaskan teknik dasar yang diperlukan untuk berkendara sepanjang pump track .Akan tetapi ketika kami berkata “pump track” , mungkin beberapa orang tidak paham apa yang sedang kita bicarakan (wicak).

Sebuah pump track adalah sebuah cirkuit berkesinambungan yang berkarakter dirt roller,berm , dan landasan jumpin yang berputar kembali , yang memungkinkan anda bisa berkendara kerkelanjutan(wicak).

Photo diatas : saat saya mencoba sebuah pump track yang telah dikembangkan di Big Creek. Photo: Summer H.

Mengapa kita harus berkendara pada sebuah pump track?

Berkendara di sebuah pump track akan mengajarkan anda beberapa keahlian yang sangat penting yang mungkin sangat anda butuhkan saat menghadapi single tarack yang sesungguhnya dialam bebas:

  1. hai ini akan mengajarkan anda menghadapi medan dengan meningkatkan kecepatan (lebih jelasnya ikuti uraian dibawah ini ).
  2. hal ini akan mengajarkan anda bagaimana melewati sebuah berms(tanggul tikungan) untuk meningkatkan kemampuan dalam mengatasi tikungan/cornering.
  3. hal ini juga akan mengajarkan anda untuk mempertahankan momentum yang bertujuan untuk berkendara secepat mungkin/ apalagi saat waktu begitu berarti(dalam balapan down hill) .
  4. Ini akan cukup membantu anda untuk mempelajari beberapa langkah kedepan yang diperlukan saat berkendara.
  5. hal ini akan menciptakan sikap bersepeda yang cukup menyenangkan , yang memungkinkan anda akan melihat sebuah jalur atau medan yang cukup menarik meski terlihat kurang jelas.
  6. hal ini juga akan melatih sikap tubuh anda saat menghadapi medan sesungguhnya dalam waktu yang relatif singkat.
  7. tentunya berbagai kesenangan serta pengalaman  dengan jumlah tak terhingga!

bagian dari sebuah  pump track.

Sepeda jenis apa yang sebaiknya kita gunakan ?

Sepeda yang paling Ideal untuk melahap pump track adalah jenis  dirt jump :

Element22′s Banshee Amp DJ Bike.

Sepeda jenis Dirt jump dengan ukuran roda  26″ ,  chainstays super pendek , geometry aggressif ,  frames yang cukup kekar,  components keras, forks kaku, dan seat yang sangat pendek . Yang memang didesain khusus dan dibangun untuk melewati track Dirt jumping ,dan  pump tracks yang memiliki karakter  natural spinoff seperti  dual slalom dan dirt jumps dengan tanggul tikungannya, berm ganda , dan pengaturan ritme.

ketika sebuah sepeda  DJ menjadi sebuah mesin yang ideal , Anda mungkin bisa mencoba pump track dengan berbagai kerakternya .Apabila anda memiliki ban berukuran 26″ dan bagian ekor tanpa suspensi , mungkin anda dalam kondisi yang cukup baik : hanya turunkan posisi sadle dan anda mungkin memiliki cukup ruangan untuk membiarkan melaju diatas sepeda (wicak).

Pump Track 101

Seperti yang kami sebutkan diatas, tujuan dasar pump track , disamping bertujuan kesenangan , hal ini juga mengajarkan bagaimana mengatasi berbagai medan untuk mempertahankan kecepatan bahkan mungkin meningkatkannya.Pump tack yang disetting dengan serangkaian berm dan rollers , apabila track didesain dengan baik benar dan anda berkendara berkendara dengan teknik yang benar , mungkin akan memungkinkan anda untuk mempertahankan kecepatan bahakan meningkatkannya melewati track tanpa pedaling sama sekali (wicak).

Rollers pada sebuah pump track.

Untuk melewatinya , seperti saat anda melewati sebuah roller, kurangi beban pada ban depan pada saat roller melewati ban depan .saat ban melewati puncaknya , pindahkan berat badan kedepan dan tekan kebawah dengan kedua tangan anda (dan kemudian kaki anda) untuk menambah power saat melewati downslope.Inilah yang disebut gerakan”pumping” (karena itulah disebut pump track ) yang bertujuan untuk membangkitkan dan mempertahankan kecepatan anda saat melewati track(wicak).

Berm disebuah  pump track.

saat anda mencapai sebuah berm (tanggul tikungan), pastikan dalam kondisi kecepatan yang terkontrol saat melaluinya, dan siapkan sikap/posisi tubuh yang tepat saat Cornering saat melewatiberm,dan cobalah mempertahankan kecepatan yang memungkinkan anda lebih cepat pada saat sebelum memasuki berm tersebut .Saat melewati berm , pastikan anda mencariposisi yang terbaik bahkan saat anda menikung hingga keluar berm,dan pada saat anda melewatinya , pastikan anda terus mencari posisi yang terbaik secara berkesinambungan setelah itu (wicak).

salah satu kunci sukses saat melewati pump track adalah (untuk sepeda gunung pada umumnya ) adalah untuk menjaga posisi tubuh bagian atas .ketika sepeda bergerak keatas , kebawah bahkan kesamping saat dikendarai ,tujuannya adalah untuk menjaga posisi tubuh anda agar tetap tegak , pusat berat badan , akan bergerak sepanjang garis tikungan secepat mungkin dan selancar mungkin (wicak).

Beberapa lokasi mungkin akan dilengkapi untuk jalur pump track untuk para pemula dan jalur yang lebih sulit . Tidak peduli sejauh mana tingkat kemampuan anda dalam berkendara sepeda gunung ,apabila memang anda belum pernah melewati jalur pump track sebelumnya ada baiknya anda mencoba pump track untuk tingkat pemula.Apabila jalur yang ada hanya menyediakan jalur tingkat lanjutan , jangan takut .Disinilah tantangan pump track yang sesungguhnya , dibulang gampang juga tidak dibilang sulit juga bisa dilewati , tergantung bagaimana kita menhadapinya , tentunya menjadi sebuah pengalaman yang cukup memacu adrenalin dan mengasah keterampilan dalam berkendara (wicak).

Teknik yang telah dikembangkan

Beberapa bagian pump track dibuat dengan tingkat kesulitan lanjutan, dapat berupa roller seperti yang disuguhkan untuk pengendara rata-rata , akan tetapi pengendara dengan kemampuan lajutan mungkin kan melakukan beberapa hal yang jauh berbeda , contohnya seperti pada gambar dibawah ini :

Fitur pengembangan pada sebuah pump track.

Mungkin hal ini cukup sulit untuk diuraikan seperti yang terlihat pada photo diatas , akan tetapi track ini dilengkapi dengan roller seperti yang disuguhkan untuk pengendara rata-rata , atau pengendara tingkat lanjutan bisa melaju secara manual diatasnya (berkendara dengan mengandalkan ban belakang tanpa pedaling).atau ,apabial kecepatannya cukup tinggi dan diam memiliki cukup ritme saat track down , dia bisa melewati dua gundukan sekaligus , dengan menapaki punggung roller dan mendarat pada punggung roller berikutnya yang berseberangan ,melewati roller secara manual dan melompati gap tentunya memerlukan ritme yang tepat yang memungkinkan untuk para pengendara tingkat experience untuk meningkatkan dan mempertahankan kecepatan lebih secara sigifikan pada sebuah pump track lebih dari rata-rata kecepatan anda (seperti  saya ).

Video

Lebih jelasnya untuk melihat bagaimana semua bekerja bersama ? lihatlah  Mick Hannah saat melewati pump track yang ada dihalaman belakang rumahnya . terlihat begitu mudahnya seperti yang terlihat dibuatnya .

Giliran anda : Pernahkan anda berkendara di sebuah pump track ?

sumber:http://sobatsepeda.com/2012/07/08/apakah-yang-dimaksud-pump-track/

Iklan

2 Responses to “Apakah yang dimaksud pump track?”


  1. 1 Ferry
    07/08/2012 pukul 14:46

    Batam sudah ada Pump Track yang di buat oleh kominitas BadAss…. bisa lihat di link ini…. http://www.youtube.com/watch?v=WBTve6e5rg8&feature=player_embedded


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: