11
Jun
12

Macam-macam sepeda gunung , yang manakah selera anda ?

Sobatsepeda, Terdapat berbagai macam sepeda dengan berbagai karakteristik pengendara serta medan yang dilalui . Apakah  anda suka mengkoleksi sepeda seperti orang lain yang gemar mengkoleksi sepatu bahkan stik golf untuk kesenangan ? pilih salah satu yang sesuai dengan karakter jalan serta tipikal pribadi anda .Setiap produsen sepeda telah memiliki interpretasi yang unik dari berbagai kategori sepeda gunung , akan tetapi beberapa type universal tetap eksis(wicak).

Sepeda Hardtail . Hardtails dibuat untuk mengcover beberapa performance spectrum, dari kapasitas pemula hingga kendaraan balap kelas high-end .Dengan rancang bangun dan konfigurasi geometri yang disempurnakan beberapa tahun terakhir . ketika anda pembalap yang menyukai medan kasar namun datar , sepeda Hartail ini bisa dijadikan senjata yang cukup  handal.bahkan ketika menghadapi medan yang kebanyakan kasar sedikit bergelombang sebagian halus seperti aspal , sebuah sepeda Hartail akan bekerja sangat baik untuk anda (wicak).

Sepeda Cross-country race.Apabila anda pecinta off road dan ingin melewati medan dengan jarak ber mil-mil secepat mungkin , dengan menggunakan travel 3 hingga 4 inch (8 hingga 10 cm), terkadang menghadapi medan curam , dan berat badan bertumpu agak kedepan saat berkendara , sepeda cross country akan bekerja cukup baik buat anda pada track sedang , mudah dikendalikan , dan kita akan menggowesnya secepat malaikat pencabut nyawa(wicak).

Sepeda Cross-country trail. Sepeda Cross-country trail adalah sarana berkendara yang cukup baik untuk menghadapi berbagai karakteristik jalur semi extreem. Mereka mealui tanjakan cukup baik dan mengatasi berbagai medan dengan kenyamanan serta efisiensi sangat tinggi . Dengan menggunakan travel antara 4 hingga 5 inch (10 sampai 13 cm ); 5 inch telah menjadi standard. apapbila anda ingin menikmati berbagai variasi berkendara , pakailah speda jenis ini (wicak) .

Sepeda All-mountain. Apabila anda akan menaklukkan tebing sebuah pegunungan ,kemudian menghadapi jalur menurun cukup ekstrim , gunakan sepeda jenis ini. Bandingkan dengan geometri sebuah trail bike, sepeda aal mountain lebih nyaman dalan geometri dan dengan posisi berat badan agak kebelakang akan memberikan stabilitas jauh lebih besar pada medan curam dan kasar. Travel yang digunakan sekitar 6 inchi. sepeda all mountain dapat mengatasi berbagai perkerjaan ringan , dan mereka benar-benar sangat unggul dipakai pada berbagai medan terjal yang alami . berkerja sangat baik untuk para Down hiller dan freerider  yang ingin menaklukkan berbagai jalur (wicak).

Sepeda Freeride . untuk para pengedara sepeda yang lebih ekstrim , dengan travel lebih serta kwalifikasi  durabilitas untuk heavy-duty yang cukup baik untuk berbagai medan liar dan pendaratan pada medan kasar. Tepatnya dengan kecepatan rendah akan membantu anda untuk mengatasi berbagai tikungan tajan dan jalur cukup sempit.Travel dimulai pada 6 inchi (15 cm) dan akan berada diatasnya setela itu. Beberapa pengendara sepeda Freeride biasanga menggunakan   dual front rings jadi hanya pedaling dari pada sekedar penekanan , untuk mencapai puncak (wicak).

Sepeda Downhill . para pembalap Downhill sangat menyukai ini , bagaikan mengalir menuruni lembah terkadang melewati jalur terjal . Mereka sangat sempurna untuk pengendara yang menyukai kecepatan bukan kekerasan dan jumping mendaran menggunakan ban belakang bukan pendaratan datar.Tentusaja memerlukan sebuah sprint untuk melompati sebuah gap , akan tetapi kita harus berfikir dua kali untuk mengatasi tanjakan sepanjang 10 mil (16 km).frame yang kekar dengan 7 inchi atau lebih (18+ cm) dari travel untuk mengatasi kecepatan dengan baik dan dapat bertahan hingga masuk podium , akan tetapi mereka kurang bisa bertahan cukup baik untuk track yang dibangun utnk freeride, masalahnya orang kurang paham untuk membedakan sepeda freeride dan down hill  (wicak).

Dirt-jump hardtails. Dirt-jump hardtails—yang merupakan sepupu dari  XC hardtails—yang didesaain jauh lebih kekar dan bandel,dan  mereka memiliki travel lebih kedepan bila dibandingkan dengan  XC hardtails. Inilah sepeda yang khusus diciptakan untuk para dirt-jump varmints, urban cowboys,  bikercross racer murni, dan para pump tracker.Untuk beberapa pengendara perkotaan , yang biasanya memiliki kendala dalam budged , sebuah  dirt-jump hardtail hadir dengan harga yang cukup terjangkau , dan cukup serba guna bila dibandingkan dengan sepeda lainnya(wicak).

Sepeda Slalom suspension. Dengan Slack geometry, travel dari 3 hingga 5 inchi (8 sampai 13 cm) , dan bottom bracket lebih rendah  membuat suspensi slalom sepeda ini bagaikan melewati sebuah rel .Anda dapat mengorbankan kekekaran dan efisiensi melalu kelebihan sebuah hard-core dirt-jumping hardtails, akan tetapi meningkatkan traksi dan margin kesalahan tergolong cukup baik untuk seorang pembalap (wicak).

Tidak yakin apa yang didapat? lemparkan sebuah dart pada sebuah tabel yang ada di halaman  tersebut.Dengan harapan , akan mengenai sasaran hampir tengah-tengah , mungkin itulah yang sempurna.Sebuah sepeda trail atau all mountain dengan travel 4 hingga 6 inchi (10 sampai 13 cm) akan melewati tanjakan sangat baik sejauh yang diinginkan , akan memperlakukan anda dengan cukup baik diberbagai jenis medan .Sepeda ini sangat adaptif .Apabila anda menghadapai tanjakan yang cukup curam , berjalan dengan stem pendek dan beban badan agak kedepan . Apabila anda lebih konsen dengan mendaki serta jangkauan yang lebih jauh dari pada medan terjal , ada baiknya menggunakan trial bike .anmun apabila menanjak dengan banyak medan berliku , bisa menggunakan sepeda dengan model all mountain (wicak).

29ers

Kebanyakan sepeda gunung memiliki ban berdiameter 26 inchi (66 cm).26 bukanlah angka ajaib yang diturunkan dari dewa Zeus pada sebuiah jalur yang cukup manis pada jalur  single track gunung Olympus ,Yunani.Ini terjadi begitu saja menjadi sebuah diameter roda yang kebanyakan dipakai oleh berbagai sepeda gunung yang ingin merangkak keluar dari primodial road bike/cruiser ooze(wicak).

Roda berukuran 26 inchi telah membuktikan kehandalan dalam kinerjanya selama ini .Para produsen Rim telah membuatnya jauh lebih kuat dan ringan dalamberbagai model serta harga untuk menyesuaikan selera semua pelanggan dari bersepeda week end hingga pembalap berskala international sekelas  World Cup downhill . Akan tetapi dapatkah ban sepeda menjadi lebih baik ?

Beberapa orng mengatakan, Iya,ban sepeda dapat dibuat lebih baik. Dan jawaban mereka jatuh pada angka 29 yang artinya ban dengan ukuran 29 inchi (74 cm).Seperti yang anda duga , sebuah ban berukuran 29 inchi tentunya 3 inchi lebih besar dari pada ban 26 . Hanya beberapa tahun yang lalu , ban 29 inch hanya ditemukan pada sepeda niche , dan hari ini hampir semua menawarkan sepeda dengan varian model 29 inchi dan 29 inchi telah menjadi trend serta kategori tersendiri dan cukup layak, sebuah model baru tantangan baru (wicak ).

Keuntungan dari ban berdiameter 29-Inch 

Dengann lingkar diameter yang lebih besar jauh lebih mudah menjelajahi jalur kasar apabila dibandingkan roda yang lebih kecil .tepatnya : pada medan terjal , roda berdiameter 29 inch akan menggelinding lebih mudah sekitar 6 % apabila dibandingkan dengan ban berukuran 26 inch (wicak).

Dengan diameter ban 29 inchi, anda dapat mengayuh pedal dengan kecepatan sama dengan 26 inchi akan tetapi dengan tenaga lebih ringan , dapat menjangkau kecepatan lebih tinggi dengan tenaga yang sama, atau menjelajah lebih lincah dari pada saat menggunakan ban berukuran 26 inchi(wicak).

Ban berdiameter besar akan lebih stabil daripada ban berdiameter lebih kecil . tergantung typikal anda dalam berkendara , mungkin andamenyukai atau membencinya , tetaplah berkendara .

Artikel ini dikutip dari  Mastering Mountain Bike Skills, edisi ke dua.

sumber:http://sobatsepeda.com/2012/06/11/macam-macam-sepeda-gunung-yang-manakah-selera-anda/

Iklan

3 Responses to “Macam-macam sepeda gunung , yang manakah selera anda ?”


  1. 1 aw
    03/11/2013 pukul 15:57

    ane pengin beli gan….gmn caranya

  2. 3 aw
    03/11/2013 pukul 15:58

    sepeda dirt jump


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: