01
Jun
12

Bagaimanakah cuaca itu bisa diramalkan ?

Thunder Storm

Photo: Marcin Kargol

Sobatsepeda,Membayangkan sekelompok astronom ditengah padang rumput dan berkumpul hingga larut malam . mengumpulkan data awan dan memilah gugusan bintang-bintang dilangit . kemudian turun hujan lebat dan mengejar kawanan astronom yang masih berada dipadang rumput tersebut . kemudian mereka berhamburan kemudian melompat masuk kedalam mobil dan menghindari sambaran petir yang menghujam kepermukaan tanah bekas pijakan mereka .Beberapa detik kemudian , suara petir bagai menyambar dekat telinga .yang pasti bagaikan sebuah mimpi butuk ditengah padang rumput……ngeri ya? …(wicak).

Tentunya sebuah prediksi cuaca yang akurat akan sangat menolong , karena bisa menyelamatkan masyarakat dari jebakan iklim dan cuaca dalam kondisi tidak menguntungkan. Memprediksi cuaca beberapa detik kedepan sangatlah mudah , contohnya : sebuah kilatan cahaya pada sebuah titik artinya sebuah petir akan mengikutinya dalam beberapa detik kemudian. Memprediksi dalam hitungan menit lebih menantang lagi : sebuah awan kelabu bisa jadi mungkin hujan atau tidak hujan sebelum akhir sebuah pertandingan sepak bola berakhir. Seorang amatir dengan keahlian khusus dapat memprediksi cuaca satu jam kedepan dengan menggunakan peralatan yang tidak bisa dibilang sempurna. Akan tetapi beberapa profesional memanfaatkan sebuah supercomputer untuk meramalkan cuaca beberapa hari kedepan (wicak).


Photo oleh: mbah google

Karena memang cuaca bisa diprediksi bagaikan angka yang didapat dari bergulirnya sebuah dadu , Ramalan cuaca dapat dilakukan dengan menggunakan sebuah cabang matematikan dengan   Akar dalam gambling. Semua teori kemungkinan berasal dari beberapa  atura dasar. Teori kemungkinan akan selalu bergerak dari angka 0 hingga 1 , dengan kemungkinan 0 maksudnya adalah tidak mungkin dan kemungkinan angka 1 yang artinya pasti akan terjadi .Para ahli meteorologi menggunakan Probabilitas  Precipitasi (curah hujan) yang di berikan pada beberapa hari dalam sebuah presentase. Presentase mencerminkan berapa hari hujan pada 100 hari kebelakang pada kondisi cuaca yang sama(wicak).

Sudden RainPhoto: Cha già José

Para ahlui meteorologi memprediksikan probabilitas curah hujan, disertai kondisi cuaca yang lainnya, dengan menggunakan computer models yang berisi berbagai formula matematis . Pertama mereka memasukkan data dari observasi cuaca . berikutnya model atmosfer membagi dalam beberapa bagian dan mengkalkulasi kondisi cuaca disetiap bagian untuk sebuah titik dalam waktu dekat.Hasil ini akan menjadi input untuk putaran lain dari kalkulasi untuk menentukan kondisi cuaca pada setiap bagian sedikit lebih jauh dimasa yang akan datang .Siklus  pengulangan untuk  banyak Iterasi digunakan untuk memprediksi cuaca beberapa hari kedepan (wicak).

HurricanePhoto: Marion Doss

Prediksi cuaca yang akurat sangatlah penting ketika sebuah badai sedang mengancam sebuah wilayah . Sebuah kegagalan prediksi akan datangnya Badai disebuah kota akan mengakibatkan penduduk tidak memiliki kesempatan untuk melakukan persiapan dan evakuasi. Sebuah prediksi yang salah berakibat ketidak percayaan warga akan peringatan dini sebuah tanda bahaya dimasa yang akan datang. Sayangnya , kesalahan dan ketidakpastian merupakan bagian dari setiap ramalan cuaca(wicak).

Cuaca adalah sebuah  chaotic system(sistim yang kacau),Yang artinya kesalahan awal meningkat dengan Iterasi dari model cuaca yang ada.sebuah jalur badai diprediksi hampir menyerupai sebuah kerucut,karena kesalahan mungkin tumbuh dari berbagai pendapat uorang tua dimasa yang akan datang .Namun , ketidak pastian dalam prediksi , masyarakat berani mempertaruhkan kondisi cuaca seperti kebanyakan hari yang telah mereka lewati . Dalam kehidupan , kita harus lebih sering melempar dadu dari pada tidak sama sekali(wicak).

ditulis oleh : Joseph Dunsay
Iklan

0 Responses to “Bagaimanakah cuaca itu bisa diramalkan ?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: