20
Mei
12

Sejarah Tank berlapis baja, bagian 2: perang dunia pertama

Sebagai sarana Intimidasi : kekuatan untuk menakut-nakuti -Tank-tank pada perang dunia pertama

Pada bagian pertama kita lihat serangkaian kendaraan lapis baja dengan bentuk yang sangat aneh dari ide awal untuk sebuah Tank di dunia nyata sebagai perangkat perang sebelum pecahnya perang dunia pertama .pada tahun 1900-an adalah era awal yang paling menarik untuk perkembangan sejarah Tank dalam dunia rekayasa seperti media pelempar batu dengan bentuk yang aneh dan tidak terduga.Ini adalah waktunya untuk bereksperimen , menggeser ide dan mengalir dengan konstan untuk menjadi sebuah prototype. Kali ini kita sampai pada sabuah titik sejarah dimana ketika semuanya telah mencapai potensial menakutkan hingga menjadi jahat dan berlomba untuk menjadi yang tertinggi atas angka korban yang ditimbulkan dari sebuah mesin perang …..(wicak).


(left: the 1904 David Roberts ‘crawler track’ seen on ‘Hornsby Steam Crawler Track Tractor’. right: “Dreadnought” 3D art by Matt Wood & Julian Holtom)

“Steam Mastodons”di  Prairies Canada

Dimulai dengan pembuatan Tank bertenaga uap yang sangat besar yang kami selidiki dari pembuatan traktor bertenaga uap yang semakin meluas yang digunakan pada akhir abad 19.kata “Humble”, yang berarti memiliki ukuran dan bentuk yang sangat mengerikan hasil rakitan sbuah perusahaan produsen traktor di  Inggris yang bernama Marshall, Sons & Company.  Perusahaan ini mulai bergerak sejak tahun 1848, dan memproduksi traktor pertamanya pada tahun 1907 dan saat itu mencari pangsa pasar baru hingga bagian barat Canada. Winnipeg, Manitoba, dan Saskatoon, Saskatchewan telah merasakan bagian pertama dari proyek yang muluk tersebut:


(image via)

Berjudul  “Dreadnaughts of the Prairies” yang dipromosikan perusahaan  “British Colonial Tractors” dengan slogan, “Built like a Battleship, Runs Like a Watch.” (bangun sebesar kapal perang dan bergerak seperti jam tangan )- informasi lebih  lanjut

Melaui traktor bertenaga uap Amerika, semuanya telah di  Dress Up

Amerika adalah salah satu yang telah memikirkan tentang traktor bertenaga uap dan membuat chasis yang lebih besar untuk keperluan militer “kapal darat”, atau sebuak Tank . marilah kita lihat  The American Steam Tank buatan tahun  1918:


(images via)

Diatas ini adalah salah satu Tank yang terberat yang pernah ada dan siap menghadapi medan perang pada masa perang dunia pertama, milik Amerika.Beberapa ahli bahkan menunjukkan beberapa kelemahan dari perangkat tempur ini , contohnya : beberapa kabel berbahaya yang dapat memicu ledakan tangki minyak tanah sebagai bahan bakar, dan ledakan tabung uap air yang bisa menyebabkan kematian siapa saja yang ada didalamnya. Tank bertenaga uap , bagaimanapun juga ,lebih maju satu langkah apa bila dibandingkan dengan Tank Tsar yang memiliki spesifikasi yang tidak sepenuhnya gagal . Yang siap dikirim ke medan perang dan …dilengkapi dengan penyemprot api (wicak)!

Tank berukuran raksasa dan sangat menyeramkan ini berbentuk mirip dengan tank Buatan Inggris  “lozenge-shaped tanks”, kecuali bergerak dengan menggunakan tenaga uap dan dilengkapi pelempar api…Upz, apakah kami menyebutnya memiliki penyembur api ? baiklah , hal ini mungkin hanya rumor ….penyembur api biasanya ditempatkan diatas pada bagian atas Turret pada bagian atas topi besi atau cab- sejauh ini belum ada satupun hasil photografi yang menampakkannya.


(image credit: State Archives of North Carolina, click to enlarge)

Dinamakan “Steam Tank, Tracklaying”yang dibangun oleh korps Zeni angkatan Darat yang bekerja sama dangan  Stanley Steamer (produsen dari  the Stanley Steamer automobile) – yang juga bisa berfungsi sebagai alat pendobrak jika diperlukan .Beberapa diantaranya dinyatakan telah sampai di Perancis pada tahun 1918, bagaimanapun , pada saat perang berakhir belum sedikitpun kinerjanya terbukti secara nyata seperti yang digembar-gemborkan .

inilah Best  Machine beroda rantai/track , Model 75

Dibangun oleh salah seorang warga Amerika dinamakan Best pada tahun 1917, mesin militer tersebut terlihat sangat baik dan disukai angkatan perang Amerika (mesin ini dipesan sebanyak 50 buah selama satu tahun , yaitu tahun 1917):


Sebuah bentuk yang sama yang terlihat pada  “75” conversion, dibuat pada tahun 1916:

ini adalah pertemuan yang menakutkan disebuah gang sempit  (sebelah kiri adalah versi original dari  Holt Steam Tractor):



(images via)

Terlihat berbagai macam kendaraan tempur lapis baja dengan bentuk yang sangat menarik yang berbasis operasi tenaga uap dimuali tahun 1905 , terlihat  Holt Steam Tractor chassis (pada bagian bawah kiri ). Pada bagian kanan adalah beberapa karya  Christie yang berbentuk aneh prototype dari  SPG. Berbicara tentang  Christie, inilah kendaraan beroda rantai /track yang didesain oleh  J. Walter Christie – inilah M1919:


(image via)

Salah satu traktor Holt yang dikonversi menjadi  Holt gas-electric hybrid – terlihat dengan model sangat bagus  disini. Yang berisi enam awak , dalam Holt ini menggunakan mesin 4 silinder penggerak untuk menggerakan sebuah generator untuk menggerakkan dua motor penggerak rantai ban . Satu masalah , terlihat sangat buruk (yang mungkin bukan masalah buat tank itu sendiri akan tetapi lebih tepatnya pada asset yang dilindungi ).Terlihat dibawah ini  Holt one-man tank versi prototype:


(left image via)

Gambar dibawah ini : bahkan dibuat dengan bentuk yang sangat menarik untuk sebuah Steam Wheel Tank (pada tahun 1916-1917) yang dilengkapi dengan pelontar meriam yang menghadap belakang pada ban besar dalam ide desain:



(images via)

Ini juga salah satu yang direferensikan sebagai  “the three-wheeled steam tank”(tank bertenaga uap beroda tiga), “the Holt Steam Tank” dan  “Holt 150 Ton Field Monitor”. Tank bertenaga mesin uap yang telah didesain oleh Inggris pada awalnya berbasis  “Big Wheel” yang didesain sebagai kapal darat pada tahun  1915. yang juga rakit di German  “Treffas-Wagen” pada tahun  1917. Berbicara tentang kapal darat atau  landships, disini kami cantumkan link dua bahkan tiga mesin yang dirangkai sekaligus , yang berbentuk lebih mirip gerbong kereta akan tetapi dengan roda berantai! –

Sisi lain dari Inggris 

Kami telah menguraikan beberapa Tank klasik Inggris seperti  “lozenge-shaped tanks with a kerosene engine”. kali ini kami perkenalkan Tank-tank  Mark I : milik angkatan perang Inggris dan Tank tempur pertama di dunia . Tank Mark I mulai dipakai pada bulan Agustus 1916, dan mulai beraksi pada awal pagi 15 september 1916 selama pertempuran Flers-Courcelette, serangan Somme …..Dan inilah pertama kali alat tersebut dinamakan Tank (untuk menjaga kerahasiaan untuk menyamarkan pengiriman ketempat tujuan). Jelas bisa menyeberangi parit , yang memenuhi persyaratan yang diajukan Winston Churchill saat itu yang telah kami uraikan pada bagian pertama (wicak).


(images via)

Inilah hasil jepretan terbaik untuk  MK-4 yang ramai diceritakan banyak orang:


(image via, courtesy Roger Todd)

Tank Inggris  Mark IV , 1916 – benar-benar sebuah kapal darat , melompati parit bagaikan membelah ombak samudera ! –


(images via 12)

Seperti kita lihat , dimana tank dibuat semakin berat dan semakin besar .Ini hanya sebuah alasan saatnya Angkatan perang Inggris menjamu sebuah ide tentang kendaraan anti peluru dan super berat dalam  Land Dreadnought: yang mereka sebut sebagai The Flying Elephant(gajah terbang)!:


(images via)

Inilah sisi menarik sebuah Versi pemanggul meriam MK-1 :

Dan sebuah hasil bidikan gambar yang unik untuk  “Mk.VIII International”,sebuah pencapaian  Anglo-American (info lebih  lanjut ) dengan bentuk yang sangat compact  “Renault M-1917” (atau Renault FT) diatasnya ! Gambar kanan adalah tank skeleton Amerika yang berbentuk aneh  (buka link  ini):

Monster Tank kelas berat buatan Perancis

Sementara itu kemiliteran Perancis hadir dengan  “char lourd” (heavy tank) St Chamond pada tahun 1916:


(images via)

Inilah yang mereka sebut sebagai beast (tank kelas berat generasi kedua milik angkatan perang perancis selama perang dunia pertama ) Dengan spesifikasi yang dimiliki sangat aneh , tidak memiliki kanopi berputar (rotating turret ) dan hidung panjang yang rawan menhujam ketanah saat menurun , meski memiliki kecepatan cukup baik sekitar 12 km/jam , pembuatannya agak sedikit rumit. Tidak memiliki kemampuan melompati parit , Dengan rantai ban sangat pendek akan tetapi body sangat panjang .yang bisa mereka katakan “tidak seorang pun mau berada didalam Saint-Chamond”….meski demikian , produksi tetap jalan dengan total pemesanan hingga 400 tank telah dibuat .

Penawaran german untuk mengintimidasi 

terkenal dengan nama mesin Treffas-Wagen  (sangat terkenal dikalangan  steampunk dan gamer) dengan bentuk dasar seperti steamrollers yang dilengkapi senjata atau sebuah traktor dengan platform penembak diatasnya :


(right : model image via)

Mendekati pecahnya perang dunia pertama  German memperkenalkan Tank  A7V pada tahun  1918 (yang hanya digunakan di German saja selama perang dunia pertama ). tentara Inggris menyebutnya sebagai Benteng pertahanan bergerak atau  “Moving Fortress”:



(images via 12)

membawa kita pada … alat tempur buatan German yang merupakan Proyek Super Heavy Tank ! (Mungkin inilah yang anda cari selama ini ). Tank German bernama K-Wagen memiliki panjang 12 meter, lebar 6 meter dan berat  120 ton! –



(image via)

Terakhir dan tidak kalah penting , sebuah mesin perang yang berbentuk anek buatan Italia .Inilah  Carro Armato hasil interpretasi dari sebuah kendaraan tempur beroda , memiliki kemampuan melewati parit dengan kedalaman tertentu :

Semua personel disiapkan , semua Tank telah dikembangkan …dan perang dunia pertama dimulai 


(on the right is Italian CV-35 tests in 1940, via)

Medan perang Verdun pada 1916 (gambar diabadikan sepanjang perang dunia pertama) merupakan salah satu halaman dari the LIFE Magazine:




(images via LIFE magazine)

Pada gambar bagian bawah kiri berbentuk aneh dan tidak tepat dari “cheery” yang menggambarkan sebuah tank dengan aksinya- dan pada gambar kanan tampak lebih realistik yang merupakan lukisan karya John Hassall,tampak penderitaan dan kesakitan pada medan perang Somme .Selama perang Somme hingga berakhir , tercatat korban hingga 1 juta jiwa yang menimpa kedua belah pihak yang bertikai , dengan korban meninggal dan hilang sekitar 300.000 jiwa.


(right image: The Collection Art Archaeology in Lincolnshire, Usher Gallery, left: via)

Lain (kebanyakan ) Bentuk kendaraan lapis baja Imaginer Leviathans

Imajinasi pembaca publik yang diluncurkan terlalu dini : sketsa ini dibuat sekitar tahun 1916 yangberjudul  “Lethal Armored Vehicles” terlihat kendaraan lapis baja berbentuk seperti telur dengan desain streamline bersenjata mematikan :


(image via)

“keluar dari Cavalry, masuklah Tank !” pernyataan  Popular Science magazine edisi Augustus 1931:




(images via)

Pengendara dan editor tidak mau terlalu lama larut dalam masa berkabung “mengenang kisah yang paling romantis dan mengharukan  dari angkatan perang Amerika serikat, pada satuan kavaleri “. kuda yang dianggap terlalu lamban untuk terlibat pada medan peperangan moderen , dan prajurit kavaleri dimasa depan diharapkan bisa menaiki tinggangan berbahan bakar bensin (yang artinya sebuah tank ) kedalam medan pertempuran.


(Future War Tank, 1939 – image via)

The Electrical Experimenter,merupakan sampul majalah edisi Juli 1917  (kiri) dan gambar sampul majalah  Science & Mechanics  dari periode yang jauh lebih akhir , 1934 (kanan):

Pencapaian yang lebih moderen , Tank ini didesain untuk” Nadia: rahasia air biru  “pada tahun 1991 , Jepang, Dan tank ini dikonsep oleh the WarHammer game universe : sebagai   Land Raider Proteus (lihat lebih  lanjut):


(images via 12)

Penyamaran! –

Stay tuned untuk artikel berikutnya yang berisi perlengkapan aneh dan tank yang tidak biasa pada kurun waktu 1920-1930-an.

sumber:

Iklan

0 Responses to “Sejarah Tank berlapis baja, bagian 2: perang dunia pertama”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: