17
Mei
12

Seorang Insinyur yahudi dibalik desain klasik volkswagen

Sobatsepeda, kali ini kami kutip hasil penelusuran seorang penulis yang bernama We  Paul Schilperoord, yang menulis  “The Extraordinary Life of Josef Ganz – The Jewish Engineer Behind Hitler’s Volkswagen” yang baru saja dirilis di Amerika dan Kanada.

“The Extraordinary Life of Josef Ganz” yang menceritakan kisah yang menakjubkan dari  Josef Ganz, seorang insinyur Yahudi dari Franfurt, Dimana dia menciptakan kendaraan kecil yang sangat revolusioner yang dinamakan : Maikäfer (dalam bahasa German berarti kutu mei). Tujuh tahun berikutnya Hitler memperkenalkan  Volkswagen. Nazi bukan hanya mengambil konsep mobil keluarga Ganz-bahkan mereka memproduksinya dengan model dan julukan yang sama.Dalam biografi ini ,ditulis bagaikan kisah  thriller, Schilperoord menuliskan bagaimana  Ganz yang telah ditangkap Gestapo, kemudian melarikan diri keluar German , dan diburu oleh Tentara Nazi hingga diluar perbatasan german , dan  lolos dari pembunuhan.

Kami akan mengungkapkan beberapa kejadian didalam buku tersebut.Beberapa photo dari desain kendaraan yang mengagumkan ini yang mungkin belum sempat dipublikasikan sebelumnya dan kami dapat dari beberapa photo koleksi ganz sendiri, dimana ditemukan oleh Schilperoord dari berbagai sumber yang didapat dari Canada dan Australia.

(VW)Volkswagen

Josef Ganz dilahirkan di Budapest pada musim panas ditahun 1898 dan dibesarkan di kota Wina ,Austria. Pada masa kanak-kanak Josef Ganz telah terlihat bakat insinyur serta kemampuannya dalam merekayasa. Dan pada usia 12 tahun pula dia menerima hak patent pertamanya untuk perangkat keselamatan pada tram listrik . Setelah selesai perang dunia pertama Ganz baru pindah ke German , dimana dia meneruskan studinya pada jurusan teknik mesin .

pada tahun 1923, sebagai seorang pelajar , Ganz memulai mengambangkan sebuah mobil mungil inovatif dengan konfigurasi mesin tengah , suspensi roda independen , dan body streamline . Setelah mengalami kecelakaan sepeda yang cukup emnegerikan dimana dia harus kehilangan kaki kanannya , pengembangan proyek Ganz-Klein-Wagen ini untuk sementara dihentikan.


(1923 prospectus for the Ganz-Klein-Wagen with a mid-mounted engine and streamlined body)

Motor-Kritik

Josef Ganz telah mendapatkan kritikan yang cukup pedas dan berat dari pembuatan mobil yang dinggap berdesain kuno  pada tahun 1920-an, Yang dianggap lebih mirip “gerobak iblis” dengan as padatnya, central grafitasi yang tinggi, dan  drive trains yang kurang efisien. sebagai seorang jurnalis lepas dia memulai mengkonstribusi sebuah artikel untuk sebuah majalah otomotif dimana dia mendesak industri otomotif untuk mempekerjakan lebih banyak karyawan dalam  state-of-the-art technology..

Hal ini mengakibatkan seorang Ganz menjadi seorang kepala editor sebuah majalah otomotif yang bernama Klein-Motor-Sport.Dalam hal ini Ganz benar-benar memanfaatkan untuk mempublikasikan sebagai sebuah platform untuk mempromosikan desain kendaraan yang inovatif dan tentunya untuk Volkswagen pada khususnya.Karena sifat kritis tulisannya membuat dia tidak memiliki teman yang ikut mengembangkan dan pembuatan mobil yang konservatif ini, akan tetapi majalah ini menjadi sangat berpengaruh.Pada tahun 1929 mengubah nama majalah ini menjadi Motor-Kritik.


(front cover fragment of Klein-Motor-Sport propagating a streamlined, mid-engined car, 1928)

 Prototype dari May Bug

Pada tahun 1930, sebuah perusahaan kendaraan bermotor yang bernama Ardie motorcycle company dari Nuremberg memberikan kesempatan bagi Ganz untuk membuat prototype dari Volkswagenya yang pertama. Prototype tersebut dilengkapi dengan tulang punggung chasis dengan posisi mounting engine di tengah, dilengkapi suspensi independen pada keempat rodanya dengan proinsip poros ayun ,  sederhana , terbuka , dan  berbentuk seperti kumbang .Rencana produksi , terpakasa dihentikan , ketika sebuah konsorsium yang merupakan pelopor industri otomotif German memblokir proporsalnya secara hukum , supaya perusahaan ini agar tetap memegang lisensi sepeda motor saja dari pada menghasilkan sebuah mobil mini.


(Josef Ganz test-driving the 1930 Ardie-Ganz Volkswagen prototype)

Sebuah konstruksi yang luar biasa menarik dan sangat menyita perhatian sebuah pabrik mobil  Adler yang berada di Frankfurt , yang mempekerjakan Ganz sebagai seorang konsulting engineer dan menawarkan beberapa fasilitas untuk membangun sebuah bentuk baru dan mengembangkan prototypenya.Ganz menyelesaikan mobilnya pada bulan Mei 1931 dan mendaparkan julukan pada gagasan barunya dengan nama Maikäfer (May Bug, kutu bulan Mei).Untuk memenuhi permiantaan pasar konvensional , Ganz menghadirkan sebuah mobil yang lebih terlihat konvensional, dengan lambung cukup rendah serta dihadirkannya radiator palsu pada bagian depan .


(Josef Ganz in the May-Bug prototype, 1931)

Porsche menguji kinerja  May Bug

Seperti yang pernah terjadi pada  Ardie, Kekuatan industri yang lain telah memblokir lebih jauh pengembangan May Bug pada Ardie >dia memanfaatkan May bug sebagai sebuah peraga teknologi dan mengambil insinyur dan jurnalis yang tak terhitung jumlahnya pada saat test-drive, untuk membuktikan nilai dari konsep Volkswagennya. salah satu yang menjadi pengujinya adalah ferdinan porsche sendiri , yang ikut mencoba may Bug sebelum mendesain kendaraan dengan type yang sama untuk pabrik sepeda motor yang bernama  Zündapp.

Pada mesim panas 1931, May Bug diangkut dengan menggunakan truk menuju Stuttgart, Dimana diuji oleh dewan direksi dan para insinyur dari Mercedes-Benz. Yang hasilnya adalah dengan pengembangan mobil mirip  Beetle dengan dudukan mesin pada bagian chasis belakang bersilinder 4 dengan mesin boxer , dirancang dengan bantuan josef  Ganz. Dan saat itu dia telah bekerja sebagai konsulytan engineer untuk kedua pabrik penghasil mobil yaitu Mercedes-Benz dan BMW.


(the 1931 Beetle-like Mercedes-Benz 120H prototype with a rear-mounted engine)

May Bug Menjadi  Superior

May Bug telah memicu boming didunia Indistri.Produsen yang sebelumnya membungkam perjuangan Ganz dan Motor-Kritik nya untuk menyuarakan suara kritisnya mulai mengadopsi beberapa idenya yang revolusioner.Dan jadilah mobil ringan , berbentuk stream line dan bermesin belakang yang sukses dibuat.

Bagaimanapun juga , Ganz, adalah yang pertama memasarkan volkswagen , yang didukung oleh sebuah produsen sepeda motor Standard  Fahrzeugfabrik dari Ludwigsburg.Dengan berbagai patenyang dimiliki Ganz , mereka mengembangakan Standard  Superior, yang merupakan versi produksi dari May Bug dengan bentuk hampir mirip kumbang dalam pengerjaanya, yang dikenalkan dalam Berlin motor show pada Februari 1933.

Hitler

Hitler telah ditunjuk sebagai kanselir German kurang dari 2 minggu sebelumnya , dan kapasitas baru dibuka pada acara motor show ini.Dia sangat menghargai karya dari Insinyur German tersebut dan selama road show keliling untuk pameran menunjukkan perhatian yang sangat serius pada Standard Superior dan ide sebuah kendaraan Volkswagrn yang ikut menggerakkan  perekonomian rakyat German saat itu.Salah satu peraturan baru yang pertama adalah yang diperkenalkan oleh lembaga hukum bahwa pemegang SIM sepeda motor dapat dapat mengendarai mobil kecil seperti Standard Superior. Sebuah Standar superior bahkan telah diuji oleh the National Socialist Motor Corps dan sebuah liputan yang sangat menguntungkan dirilis pada offisial majalah militer.


(standard Superior as displayed at the 1933 Berlin motor show)

Kemudian dia mengambil angkah-langkah yangsangat tidak menguntungkan. tuduhan palsu Gestapo menimpa Josef Ganz dan terjadilah pemerasan didunia industri Otomotif  dan menangkapnya pada bulan Mei 1933.Ganz dipenjara selama satu bulan dan bisa dikeluarkan dari tahanan atas pertolongan teman yang sangat berpengaruh. Meski telah lepas dari jeruji besi , Gestapo memaksa Ganz untuk keluar dari posisinya sebagai pimpinan editor dari majalah Motor-Kritik, , dan sebagai consulting engineer pada BMW dan Mercedes-Benz.

Sementara itu  Standard Superior telah mengklaim keberhasilannya dalam pengujian dan balapan mobil. sebuah versi pengembangan yang diperkenalkan pada September 1933, dan dipasarkan sebagai kendaraan tercepat dan termurah German saat itu dalam Volkswagen.


(brochure for the Standard Superior, 1933)

Hitler menyetujui Porsche

Hitler saat itu bertekad untuk mendukung pengembangan kendaraan Volkswagen bagi rakyat German. Setelah tidak menemukan kerja sama dengan produsen besar pembuat mobil, untuk sebuah pengembangan independen dibentuklah sebuah konsorsium, yang dipimpin langsung oleh Ferdinand Porsche.Sebagai seorang Yahudi ,bagi  Josef Ganz hal ini merupakan pilihan yang sulit dan sangat mustahil.Porsche menugaskan mendesain kendaraan untuk rakyat dengan harga 1000 Reichsmark – sebuah harga maksimal yang dipropagandakan oleh Ganz pada  Motor-Kritik.

Nazi memastikan bahwa tidak adanya hubungan lagi antara Volkswagen dengan Yahudi dan dihapus dari sejarah . Dan mereka memblokir semua publikasi tentang Ganz , dan seluruh dataran German dilarang mempublikasikan apapun tentang dia . Dalam waktu semalam nama Josef Ganz telah leyap dari kancah otomotif German.

Volkswagen Swiss

Tiga bulan kemudian , sepanjang malam yang mengerikan itu bagaikan sepanjang sebilah pedang panjang . Gestapo muncul dirumah Ganz di Frankfurt untuk menangkapnya dan besar kemungkinan untuk dibunuh . Ganz diselamatkan dari sebuah nasip yang mungkin akan sangat mengerikan dengan keberuntungan yang sangat luar biasa : yang dikarenakan sedang berlibur di Switzerland untuk menenangkan syaraf.Yang kemudian diperingatkan oleh seorang teman untuk tidak kembali lagi ke German.yang kemudian melakukan sebuah perjalanan rahasia untuk kembali ke Frankfurt untuk mengambil beberapa arsip penting yang masih tertinggal disana.

Setelah bertanya-tanya diseluruh dataran Eropa hampir selama setahun ,Josef Ganz memutuskan untuk tinggal dan menetap di  Zurich ,Switzerland. Disana dia memamerkan prototype dari May Bug dan Standard Superior sebelum pemerintahan Swiss menyetujuinya dan memberikan kontrak untuk mengembangkan ‘Swiss Volkswagen’ dengan menggunakan biaya negara-mirip seperti apa yang terjadi di German untuk  Porsche. Prototype pertama dari  Swiss Volkswagen yang diselesaikan pada tahun 1937 dan dibuat sangat mirip sketsa asli karya ganz pada tahun 1923. Rancananya akan diproduksi di Swiss, Perancis dan Polandia ,akhirnya dihentikan dengan sangat terpaksa setelah datangnya tentara German untuk melakukan Invasi di Polandia pada tahun 1939,Dan saat itu Eropa sedang dalam perang .


(Josef Ganz in one of the Swiss Volkswagen prototypes in 1937)

Berlindung di  Australia

Josef Ganz bisa selamat dari perang di Switzerland, akan tetapi harus menghadapi banyak masalah dengan sebuah perusahaan di Swiss yang mencoba untuk mengklaim desain Volkswagennya , dan para Perwira Gestapo seakan memburu darahnya .Hal -hal yang terjadi secara keseluruhan memaksa dia terlibat dalam proses peradilan yang sangat panjang bahkan hingga sesudah perang. Swiss Volkswagen diproduksi dalam jumlah yang sedikit , seperti variannya yang dalam bahasa Perancis yang disebut sebagai Julien MM5.

 

Spoiled for Julien MM5

Meninggalkan semua masalah yang tertinggal di Eropa , Josef Ganz ber emigrasi ke Australia pada tahun 1951. Dia mendapatkan pekerjaan sebagai seorang Insinyur di General Motors – Holden hingga setelah mendapatkan masalah kesehatan yang memaksanya untuk pensiun . Dia menderita komplikasi berbagai gangguan jantung dan praktis membuat semuanya menjadi tidak valid, Setelah itu dia menghabiskan hari-hari untuk mengerjakan Memoarnya.Dan Josef Ganz meninggal dunia dalam ketidak jelasannya pada 26 Juli 1967.


(Josef Ganz in Australia, around 1965)

Sumber:berbagai sumber

Iklan

0 Responses to “Seorang Insinyur yahudi dibalik desain klasik volkswagen”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: