12
Mei
12

Mobil bertenaga Udara kompresi akan mewarnai jalan-jalan di India

Sobatsepeda, India mungkin bukan negara pelopor dan yang terdepan dalam dunia energi hijau dan ramah lingkungan ,akan tetapi dengan langkah ini akan cukup mengejar ketertinggalannya dari bangsa lain di dunia .Dari membangun Lahan panel surya yang sangat luas yang berada di wilayah Gujarat pada sebuah wilayah penghasil otomotif terbesar di negara itu , Tata motor ,mereka telah menyatakan menguji mobil yang beroperasi dengan tenaga udara terkompresi , Dan negara ini tampak benar-benar beralih menuju penggunaan energi terbarukan (wicak).

Tata to test MID compressed air technology

Inilah teknologi andalan Tata dalam menguji  MID compressed air technology

Menurut Tata, mereka telah menguji kinerja 2 buah mobil yang bergerak dengan memanfaatkan sumber tenaga udara terkompresi . Kendaraan ini bekerja hampir sama prinsipnya dengan kendaraan versi  pembakaran internal lainnya ,melalui kompresi ini dihasilkan tenaga untuk menggerakkan piston yang akhirnya tangkai torak dan poros engkol(wicak).

Sejauh ini , Tata terlihat telah memutuskan untuk mengembangkan serta meproduksi mobil bertenaga udara kompresi. Dua tahun yang lalu , Pabrikan Jepang yaitu Honda telah memproduksi kendaraan dengan konsep yang sama dan juga bergerak dengan memanfaatkan udara kompresi sementara sebuah mobil yang lain dengan konsep yang sama juga diproduksi dengan nama Zero Pollution Motors dan telah mengumumkan memproduksi satu buah untuk dipakai di Amerika.Akan tetapi hingga sekarang belum dikirimkan dan terdengar terpakai disana(wicak)

Salah satu kelemahan dari mobil ini adalah memiliki kinerja masih rendah .Apabila hanya memanfaakan udara terkompresi saja, akan menjangkau kecepatan hanya sekitar 30-35 mil /jam saja . Akan tetapi apabila ingin menambahkan kecepatan , sangat diperlukan kwantitsa udara yang lebih besar , misalnya menggunakan pompa on board diatas tangki kompresor.Pompa kompresor ini pastinya harus dioperasikan selama kinerjanya diperlukan baik menggunkan angin atau bensin (bahan bakar).Akan tetapi apabila dibutuhkan kinerjannya kelak , yang pasti akan bisa memangkas emisi karbon dengan jumlah yang sangat signifikan , karena penggunaan bahan bakar hanya diperlukan pada saat kondisi tertentu atau berkecepatan tinggi(wicak).

Kendaraan bergerak menggunakan udara akan memiliki kemampuan jarak tempuh sangat pendek , dan untuk bahan tanki udara yang dibutuhkan harus memiliki kekuatan jauh lebih kuat dari pada baja untuk menghadapi tekanan yang sangat besar.Selain itu memerlukan waktu pengisian yang lumayan lama (beberapa jam ) tidak seperti kendaraan berbahan bakar minyak yang hanya memerlukan beberapa detik saja(wicak).

Tata's air powered car

Apabila Tata bisa mengatasi berbagai hambatan tersebut , yang pasti itu merupakan sebuah pertanda akhir riwayat dari kendaraan bermesih pembakaran internal dan melihat negeri ini yang tetap gigih dan tanpa menyerah, bukanyya tidak mungkin dunia akan benar-benar menyingkir dari kendaraan bermesin konvensional (wicak).

Implikasi :Konsep ini telah kami dengan beberapa tahun yang lalu , dimana seorang pemuda Inggris mencoba konsep yang sama. Pada awalnya mengalami kegagalan akkan tetapi setelah melakukan penyempurnaan dan percobaan keeempat baru berhasil untuk membuat sepeda motor bertenaga angin kompresi.Tidak ada sebuah hal yang tidak mungkin untuk sebuah kesungguhan.Meski konsep belum sempurna benar akan tetapi dengan berbagai pengembangan pasti akan lebih mendekati kesempurnaan . Kalau hambatan mobil listri adalah ketidak tersediaan stasiun pengisian dimana-mana akan tetapi untuk mobil ini cukup merapat di tukan tambal ban dan langsung ini melalui Kompressor yang ada(wicak)

Sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/05/12/mobil-bertenaga-udara-kompresi-akan-mewarnai-jalan-jalan-di-india/


3 Responses to “Mobil bertenaga Udara kompresi akan mewarnai jalan-jalan di India”


  1. 1 mhd rusdianto
    03/05/2013 pukul 23:10

    saya juuga ada konsep sepeda motor tenaga angin ,munkin konsep saya lain dari yg ada.tapi karna ketiadaan modal saya belum ujudkan konsep itu.

    • 03/07/2013 pukul 23:07

      saya juga punya konsep yang agak beda akan tetapi lebih tertarik buat kendaraan umum dari kereta bis atau bilamana mungkin water bus, dan smeuanya mentok dibiaya ….kalau boleh dijelaskan lebih rinci silakan inbox ke e-mail saya , smpga ada investor yang tertarik ide anda …..klo bisa disertai dengan gambar dan skema siapa tahu kita bisa bertukar pikiran ….

    • 03/07/2013 pukul 23:12

      terimakasih atas kunjungannya …sebenarnya saya juga memiliki konsep yang kurang lebih sama, akan tetapi saya lebih tertarik untuk mengembangkan kendaraan umum seperti kereta , bus dan water bus kalau memungkinkan, dan kendala kita juga sama biaya , kalau boleh inbox saja tentang konsep anda berserta skemanya , kalau memungkinkan akan kami unggah pada artikel berikutnya semoga ada yang melihat dan berminat untuk membiayainya , sekaligus sarana tukar pikiran para sobatsepeda…..bersama smoga semua lekas terlaksana …..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter

temukan kami di Facebook


%d blogger menyukai ini: