27
Apr
12

ADAPTRAC pengatur tekanan ban MTB pada saat berjalan (on fly)

ADAPTRAC is a frame-mounted compressed air system that allows mountain bikers to change th...

ADAPTRAC terpasang pada frame dengan compresed air sistem yang memungkinkan biker untuk mengubah atau mengatur tekanan ban pada saat berkendara

Sobatsepeda, seperti berbagai faktor pendukung pada berkendara diatas sebuah sepeda gunung, mengatur tekanan ban adalah sebuah bentuk dari masalah kompromi.Menjaga tekanan ban agar tidak terlalu lunak , agar dapat meluncur diatas lintasan tanpa banyak gangguan-dan jangan terlalu keras agar sedikit memiliki sifat peredam getaran, dan menghadapi hentakan saat menghantam akar pohon atau medan berbatu dengan daya cengkarm yang cukup kuat. Semua bisa dilakukan sendiri tanpa melibatkan pompa tangan ataupun kompresor pinggir jalan,dan hanya tinggal mengatur tekanan ban menurut karakter track yang akan dilalui dengan sangat mudah.Dan inilah ADAPTRACK, yang hadir dengan berbagai kompromi yang ada .Sebuah sistim dimana sang pengendara memungkinkan untuk mengempiskan dan meningkatkan tekanan ban sesuai keinginan, saat berkendara (wicak).

A mountain bike with the full ADAPTRAC system

The ADAPTRAC control unit and pressure gauges

The ADAPTRAC regulator brings the released compressed air down to 175 psi

inilah regulator ADAPTRACK yang berisi udara bertekanan hingga 175 psi

Low-friction rotary seals keep air from leaking out while allowing the wheels to spin free...

The ADAPTRAC rear hub

The ADAPTRAC control unit

The ADAPTRAC front hub

  ADAPTRAC system bekerja sebagai berikut …

Toggle switch yang terdapat dibawah handle bar (terpasang) berfungsi sebagai unit kontroler untuk memungkinkan pengendara menambah atau mengurangi tekanan angin ban depan maupun belakang . Unit kontrol tersebut bisa juga dipasang dibawah stem ataupun down tube sesuai selera(wicak).

Apabila menginginkan tekanan angin lebih besar , dapat disuplay angin dari kompresor(tangki) isi ulang yang terpasang pada down-tube- tanki ini terdapat berbagai type dan ukuran sesuai kebutuhan.sebuah regulator terpasang bisa menyimpan udara bertekanan hingga 175 psi , saat meninggalkan tabung (wicak).

Angin disalurkan melalui satu atau dua selang yang terpasang pada frame , menuju ban depan maupun belakang yang telah dilengkapi dengan Hub ADAPTRAC .penghubung  selang atau hub dilengkapi dengan segel  khusus yang bisa menahan udara saat berputar dan berdaya gesek rendah, untuk menjaga kebocoran udara saat roda berputar bebas. Dari hub , angin bergerak menuju selang yang lain , yang diatur dengan valve yang dipasang pada stem(wicak).

Sebuah sepeda gunung dengan  full ADAPTRAC system

 Ketika tekanan ban lebih lembut diinginkan , mungkin dengan hanya menggunkan cara melepasnya ke atmosfer udara bebas .dan tekanan udara pban saat itu dapat diketahui dengan melihat pressure gauge analog  yang terpasang disekitar stem agar mudah dilihat(wicak).

Menurut Paul Skilbeck sang pembuat ADAPTRAC menjelaskan pada kami bahwa produk ini masih dalam tahap prototype akhir, dan harganya akan segera diumumkan setelah sistim ini dipamerkan pada Sea Otter Classic Expo di  Monterey, California.Dia juga menambahkan keseluruhan dari sistim perangkat ini memiliki berat sekitar 690 gram(1,5 pound) dengan tangki CO2 kosong berkapasistas 9 ons (266 ml)-perlu diingat perangkat ini cukup efektif menggantikan pompa tangan yang sering kita tenteng sekaligus waktu yang terbuang untuk memompa ban saat diperjalanan, cukup efektif bukan ?(wicak).

Source: ADAPTRAC

Implikasi : sebuah produk inovatif belum tentu sempurna dalam kondis prototypenya, akan tetapi tindakan penyempurnaan, perbaikan dan kostumasi sangat diperlukan untuk pengembangan alat ini lebih lanjut agar lebih diterima dan diserap pasaran. tidak ada ide yang tidak mungkin kecuali kita benar-benar mau mengerjakannya(wicak)

Iklan

2 Responses to “ADAPTRAC pengatur tekanan ban MTB pada saat berjalan (on fly)”


  1. 10/12/2012 pukul 15:28

    kapan produk ini masuk indonesia, jika sudah ada bisa beli di mana ? dan harganya berapa ? tanks infonya

    • 10/14/2012 pukul 04:26

      sampai saay ini belum ada indikasi masuk Indonesia….tapi kemarin di Ebay sudah ada , alibaba juga jualan , sebenarnya tidak meutub kemungkinan produsen lokal untuk membuatnya nggak begitu sulit kok …..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter


%d blogger menyukai ini: