21
Apr
12

MInuman ringan bergula dapat memicu tekanan darah tinggi

Sobatsepeda, Minum minuman bergula terlalu banyak dapat meningkatkan resiko penyakit tekanan darah tinggi , para ahli memperingatkan.

Sebuah temuan menunjukkan tekanan darah semakin meningkat secara bertahap untuk setiap kaleng minuman tambahan yang dari minuman berpemanis yang dikonsumsi setiap harinya(wicak).

Meminum lebih dari 355ml perhari jus buah berpemanis gula atau minuman berkarbonatsi cukup mengganggu keseimbangan , data diperoleh lebih dari 2500 masyarakat yang bersedia menjadi koresponden(wicak).

Study terakhir dilakukan oleh para peneliti dari Inggris dan Amerika yang mereka ungkapkan dalam the journal Hypertension.

Mekanisme yang tepat yang melatarbelakangai hal ini belum sepenuhnya tepat , akan tetapi para ilmuwan percaya terlalu banyak gula dalam darah akan mengganggu nada aliran darah dan kadar garam didalam tubuh . untuk minuman diet pemanis tanpa gula tidak membawa resiko yang sama (wicak).

Kalangan industri minuman ringan berpendapat bahwa minuman yang aman untuk diminum “masih dalam tahap moderasi”.

Menurut (AHS )American Heart Association menjelaskan bahwa masyarakat harus meminum minuman ringan bersoda tidak lebih dari 3 berukuran 355ml dalam kurun waktu 1 imnggu .

Dalam penelitian ini , para partisipan yang berumur antara 40 sampai 59 dari Inggris dan Amerika dimana ditanya untuk mengingat apa yang telah mereka makan dalam 24 jam sebelumnya pada empat kesempatan yang berbeda.mereka juga memberikan sample urine dan tekanan darah yang telah terukur (wicak).

Para peneliti menemukan bahwa asupan gula tertinggi yang disebabkan minuman yang mereka minum melebihi makanan bergula yang mereka makan sehari-hari(wicak).

Mereka juga menemukan salah seorang yang mengkonsumsi lebih dari satu porsi perhari dari minuman berpemanis gula danmengkonsumsi lebih banyak kalori dibandingkan yang tidak meminum minuman berpemanis gula – sekitar 397 ekstra kalori setiap harinya(wicak).

Untuk setiap tambahan kaleng minuman ringan berpemanis gula yang mereka konsumsi perharinya , partisipan rata-rata memiliki tekanan darah Sistolik lebih tinggi sekitar 1.6 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih tinggi sekitar 0.8 mmHg(wicak).

Secara keseluruhan , orang yang mengkonsumsi banyak minuman berpemanis gula ternyata juga memiliki pola makan yang kurang sehat dan lebih cenderung memiliki berat badan berlebihan (wicak).

terlepas dari itu semua , hubuang tekanan darah masih tergolong signifikan bahkan setelah disesuaikan dengan faktor-faktor seperti ukuran berat dan tinggi badan(wicak).

Resiko stroke

Professor Paul Elliott, seorang penulis senior dari penelitian ini , dari the School of Public Health yang berada di Imperial College London , mengatakan :”hal ini secara luas diketahui apa bila anda memiliki kadar garam dalam diet anda , anda lebih memungkinkan memiliki resiko tekanan darah tinggi.

“Hasil studi ini menunjukkan bahwa semua orang harus sangat hati-hati dengan jumlah konsumsi gula harian .”

Tekanan darah tinggi merupakan faktor resiko utama untuk penyakit jantung .

Seseorang dengan tingkat tekanan darah 135mmHg lebih 85 mmHg akan 2 kali lebih beresiko terkena serangan jantung atau stroke ketika seseorang mencapai pembacaan tekanan darah sekitar 115mmHg lebih 75mmHg.

Dalam studi tersebut , terdapat hubungan antara minuman bergula dengan tekanan darah tinggi terutama sangat erat hubunganya dengan orang yang mengkonsumsi terlalu banyak garam dan gula.Kebanyakan garam dalam diet anda telah diketahui ikut mengkonstribusi tekanan darah tinggi(wicak).

BHF /British Heart Foundation (yayasan kesehatan jantung Inggris ) mengatakan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk lebih memahami hubungan antara kadar gula dengan tekanan darah(wicak).

Victoria Taylor, seorang ahli gizi senior  BHF, mengatakan hal yang terbaik adalah menghidar dari terlalu banyaknya minuman berpemanis gula karena akan menambah kalori ekstra dan sangat mengganggu keseimbangan diet yang dapat memicu obesitas , sebuah resiko utama penyakit jantung (wicak).

Professor Graham MacGregor, ketua the Blood Pressure Association mengatakan : “hal ini merupakan sebuah paku lain peti mati untuk minuman ringan”.

“Bukan hanya akan membuat anda terkena obesitas akan tetapi juga beresiko meningkatkan tekanan darah , meminum minuman ringan berpemanis gula bukan kabar yang baik .”

Seorang pembicara untuk the British Soft Drinks Association mengatakan bahwa studi ini sama sekali tidak membuktikan bahwa meminum minuman ringan berpemanis gula dengan cara apapun dapat menyebabkan hypertensi (wicak).

“Minuman ringan sangat aman untuk diminum , seperti baebagai makanan dan minuman , harus dikonsumsi dengan jumlah yang sedang sebagai bagian diet yang seimbang ,”katanya.

oleh Michelle RobertsHealth reporter, BBC News

Implikasi : kesegaran minuman ringan berpemanis terkadang sangat menggoda , apalagi dibumbui dengan iklan yang menjanjikan kesegaran alami menyehatkan . Timbunan kalori yangberlebihan akan menimbulkan  banyak masalah pada tubuh kita, tidak ada salahnya mulai dari sekarang kita mulai membakar kalori yang berlebihan itu,  dengan berolahraga secara teratur, sekaligus mencegah timbunan kalori tersebut menjadi sebuah panyakit (wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/04/21/minuman-ringan-bergula-dapat-memicu-tekanan-darah-tinggi/#more-1656

Iklan

0 Responses to “MInuman ringan bergula dapat memicu tekanan darah tinggi”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: