17
Apr
12

Hasil penelitian NASA JPL dalam memanfaatkan energi samudera

Faktor lingkungan : merencanakan pemanfaatan energi tidal dengan tingkat eefisiensi lebih baik .

Para peneliti di NASA Jet Propulsion Laboratory telah mengembangkan pemanfaatan energi tidal dari arus samudera dengan biaya yang efektif dan mengubahnya menjadi energi listrik yang sangat bermanfaat dengan cara yang lebih efisien.Sementara pembangkit listrik tidal konvensional bekerja memanfaatkan gelombang tidal untuk menggerakan kincir bawah air, sistim baru ini menggunakan kincir tidal untuk membentuk fluida bertekanan tinggi, yang dimanfaatkan untuk menggerakkan turbin lepas pantai(wicak).

nasa jpl

nasa jpl

Menurut para peneliti , Sistim ini berdasarkan penggunaan zat khusus yang dikenal dengan pengubah fasa dari padat ke cair karena menghadapi perubahan temperatur yang cukup ekstrim dari dingin ke hangat. semenjak temperatur air di samudera terus berfluktuasi , akan terjadi perubahan bahan dan perubahan fasa akan terjadi dan semakin luas. ketika material yang ada semakin mengembang , akan meningkatkan tekanan yang ditimbulkan dan terjai didalam pipa , yang akhirnya digunakan untuk membangkitkan energi listrik(wicak).

Saat ini teknologi masih masuk dalam tahap awal dan para peneliti masih harus menjawab berbagai isu sebelum menghadirkan berbagai varian  komersial ke pasaran.awalnya para peneliti harus menemukan cara bagaimana cara memindahkan arus listrik ke pantai ,yang mungkin berjalan ber mil-mil laut dari generatornya. Selain itu , sistim ini memerlukan kabel khusus untuk menghadapi kondisi ekstrim yang harus dihadapi dibawah permukaan air(wicak).

Implikasi: Berbagai cara pemanfaatan arus tidal selalu digali dan disempurnakan . untuk cara yang satu ini tergolong sangat inovatif dan revolusioner. karena berhasil memanfaatkan arus tidal sekaligus perubahan suhu air laut yang tergolong ekstrim dan tidak stabil sebagai pengubah tekanan fluida yang diperlukan untuk menggerakan turbin utama untuk menggenerasi arus listrik. sehingga dalam satu proyek bisa membangkitkan dua energi yang ada yaitu arus tidal itu sendiri dan perubahan suhu dibawah permukaan air laut(wicak)

sumber: JPL NASA

Iklan

0 Responses to “Hasil penelitian NASA JPL dalam memanfaatkan energi samudera”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: