15
Apr
12

Robot masa depan bersumber tenaga sampah organik

Sobatsepeda,Sebuah gagasan yang sedikit aneh sebuah robot memanfaatkan suara toilet ? sangat tidak konvensional .Baiklah , bagaimana perasaan anda apa bila kami katakan bahwa robot melayani anda dengan memanfaatkan kotoran organik anda untuk makan dan mendapatkan versi lain dari kalori harian ? yah , kedengarannya mungkin sedikit jorok (saya kira itulah cara kami untuk mnejdi lebih jujur pada anda) masa depan bisa menjadi lebih baik apa bila terdapat sebuah mesin mekanik pembantu yang mengkonsumsi limbah organik . dan merupakan bagian dari teknologi yang revolusioner , yang sudah berjalan  cukup baik, dan hal ini tidak tergantung dengan  berbagai sumber energi konvensional yang cukup menguras kantong anda selama ini . Dan akhirnya kami ucapkan selamat datang dijendela masa depan kedalam energi alternatif yang sangat menjanjikan(wicak).

Ecobots

Ecobots

Kejadian dan peningkatan ide

Bristol Robotics Laboratory telah mewujudkan sebuah ide tentang sebuah robot yang memakan bahan organik bahkan kotoran manusia dan sangat populer sekarang ini. kenyataanya , mereka telah memulai penelitian hingga pergantian abad terahir dengan tidak menghasilkan robot pertama yang dapat bergerak dengan sumber energi mikrobial hingga tahun 2002.Ecobot yang bersumber energi bakteri E.coli memakan kadar gula.Teknologi ini jelas menjawab tantangan jaman dengan kondisi dimana robot harus berfingsi tanpa akses kabel listrik atau unit pengisian baterai dalam waktu yang cukup lama(wicak).

Ecobot II

Sintesis pertama dari robot pemakan limbah organik ini pada tahun 2002  pada saat itu hanya untuk memutar roda sebagai sebuah ide membuat unit robot berenergi kelanjutan dan dilenjutkan pengembangannya saat ini sebagai salah satu contoh sukses dari robot terbaik dengan memanfaatkan energi alterantif.hal ini sangat mendapatkan perhatian dari masyarakat seluruh dunia , termasuk badan penelitian antariksa sekelas NASA sangat tertarik dengan teknologi sel bahan bakar mikrobial.dengan penelitian dan pengembangan lebih lanjut dilakukan pada EcoBot II pada tahun 2004.yang merupakan versi baru yang lebih canggih dimana menyimpan E.Coli dan zat gula.terbukti bahwa robot bertenaga sampah ini bisa bertahan dengan bahan-bahan yang ada seperti : buah busuk , serangga mati dan berbagai jenis sampah organik yang berada disekitarnya(wicak).

Salah satu dari pengembangan besar-besaran dalam dunia robot bertenaga sampah yang menghadirkan era baru dalam simbiosis buatan yang menghubungkan alam dengan sebuah mesin dengan hubungan yang mutual saling menguntungkan dan hubungan berkelanjutan .Di dunia manusia berusahan menjadi salah satu  bagian simbiosis yang berhubungan dengan berbagai aspek yang ada di alam ,dan robot ini hadir untuk membantu sinkronisasi dengan planet ini dengan membentuk ikatan yang membantu sebuah proses berkelanjutan dan keduanya sama pentingnya. Ide tenaga sampah organik yang dituangkan pada sebuah robot dapat membantu membersihkan dunia dengan mengurangi beban limbah organik serta membantu eksplorasi padang rumput yang lebih hijau (wicak).

Lahirnya EcoBot III 

Kedua versi sebelumnya dari ecobot dengan kemampuan mencerna sampah organik dengan tingkat tertentu , akan tetapi dengan munculnya Ecobot III  telah mengantarkan era baru dalam dunia simbiosis buatan.Ecobot II adalah sebagai unit robotik pertama di planet ini yang memiliki kelengkapan berkelanjutan mandiri.Ecobot III bukan hanya dapat menghasilkan tenaga mandiri dari sampah organik , akan tetapi dapat berfungsi dan beroperasi secara independen karena adanya algoritma dan intsruksi saat berada di alam bebas. Contoh sederhana , Ecobot III dapat berkeliling dan mengumpulkan bahan makanan yang diperlukan dengan mandiri dan menjalankan perintah-perintah yang telah diprogramkan didalamnya sehingga sangat minim campur tangan manusia. Ecobot II dibuat pada tahun 2010, dan telah di coba selama 7 hari periode dalam sebuah lingkungan terkontrol dimana terdapat berbagai sampah organik serta sisa makanan tanpa campur tangan manusia sama sekali. Dan penelitian ini dilakuakan pada Bristol Robotics Laboratory yang memiliki banyak pendukung yang sangat percaya akan masa depan robotika dari pengembangan Ecobot dengan versi lebih maju dan canggih (wicak).

teknologi di ruang angkasa 

Salah satu yang paling menarik dalam teknologi pengiriman manusia ruang angkasa yang memanfaatkan robot bersumber energi kotoran manusia sebagai bagian explorasi ruang angkasa.Model-model terbaru dan kendaraan berbasis komputer sebagai bagian program ruang angkasa membutuhkan bahan bakar tersendiri yang akan semakin cepat mengurangi bahan bakar yang mereka butuhkan , apalagi saat mereka membutuhkan waktu tambahan saat eksplorasi . akan tetapi dengan unit robot ini dapat memanfaatkan kotoran manusia , dan kami kira dapat mengurangi masalah bahan bakar yang cukup pelik (wicak).

Selain itu , dengan memankas akan kebutuhan energi yang harus diangkut ke ruang angkasa , kami bisa mengurangi beban berat yang harus ditanggung bahan bakar saat meluncur ke ruang angkasa disamping menghemat keberadaannya.jadi bisa diramalkan bahwa dalam sebuah misi angkasa masa depan dimana sangat diperlukan berbagai robot bersumber tenaga kotoran manusia serta pembangkit listrik tenaga sampah organik yang dibutuhkan kinerja maksimal dengan kebutuhan energi cukup minimal. jadi ,suatu saat apa bila sebuah misi astronot membutuhkan energi lebih bisa dibayangkan apa yang mereka perlukan ?  ..berak apa kencing ?….(wicak)

Keuntungan bagi lingkungan 

sangat jelas keuntungan dari keberadaan robot ini terhadap lingkungan.berfungsi bagaikan pemulung mekanik dari berbagai sampah organik. bagaikan burung bangkai dipadang savana,hadir bagaikan pembersih alami dan penting yang sangat efektif. di masa depan dimana zat organik yang telah mati dan terbuang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit energi dengan cara yang tidak menlukai planet yang kita huni sekarang ini, terdengar bagaikan sebuah mimpi yang menjadi kenyataan (wicak).

Sisis lain 

Terdapat beberapa konsen yang perlu dibahas (sehubungan dengan hadirnya sebuah teknologi baru). sebuah area yang sedang dikerjakan para ilmuwan masih membutuhkan mekanisme yang merubah sampah organik menjadi bentuk energi . Mikroba yang dimanfaatkan model seperti Ecobot harus tahan terhadap radiasi tingkat tinggi bahkan variasi temperatur dengan range yang cukup besar apa bila digunakan untuk membantu sebuah misi antariksa. Tentu saja , ada sedikit kekhawatiran ketika robot itu memakan serangga mati suatu saat juga akan memakan manusia mati, mungkinkah itu ? (wicak) .

Tentu , ini terdengan seperti kisah sebuah filem boxoffice hollywooddimana kita hanya menunggu sesuatu berjalan dan semakin memburuk, akan tetapi secara logikan apabila sesuatu itu bisa memakan serangga mati tentu tidak masalah dengan potongan daging manusia yang membusuk . akan tetapi mereka mengatakan , mereka akan memprogram algoritma secara hati-hati . akan tetapi khalayak ramai juga memiliki perhatian yang sama(wicak) .

Jauh kedepan 

Terlepas dari kekhawatiran anda tentang robot akan merubah manusia menjadi zombie yang mengumpulkan daging busuk dan kotoran manusia seperti dalam filem Matrix (bukan maksud kami memihak , dan bermaksud menenangkan kekhawatiran anda) kenyataannya teknologi ini telah melesat jauh kedepan dengan sangat sempurna. kami rasakan teknologi Ecobot ini sebagai ide yang sangat cemerlang dimana memanfaatkan berbarbagai sampah organik yang tidak berguna sebagai sumber energi dan membuatnya sangat tidak tergantung dengan jaringan listrik pada saat masa krisis bahan bakar dan energi, merupakan salah satu solusi terbaik dimasa yang akan datang (wicak ).

Seluruh robot akan berrevolusi menjadi konsep yang cukup menyenangkan akan tetapi disisi lain akan menjadikan manusia menjadi lebih dan lebih robotik, hal ini terdengar cukup baik sebuah robot memiliki hubungan simbiosis dengan planet ini (wicak).

Implikasi:teknologi masa depan sudah didepan mata sebuah simbiosis buatan merupakan sumber energi terbarukan sekaligus mendaur ulang berbagai bahan organik yang mungkin mencemari alam, akan tetapi disis lain terdapat kekhawatiran umat manusia akan perkembangan tekonologi ini dengan berbagai kecerdasan buatan yang mungkin kelak bisa dikembangkan akan semakin memperburuk keadaan, misalnya : pada suatu saat Ecobot sudah benar-benar berbentuk humanoid dan bisa mengambil keputusan sendiri sehingga berubah menjadi predator bagi manusia itu sendiri, sebuah kekhawatiran yang berlebihan. yang pasti perkembangannya masih terlalu jauh dan memakan waktu yang cukup lama sehingga kekhawatiran tersebut tidak cukup beralasan(wicak)

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/04/15/robot-masa-depan-bersumber-tenaga-sampah-organik/

Iklan

0 Responses to “Robot masa depan bersumber tenaga sampah organik”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter


%d blogger menyukai ini: