06
Apr
12

8 kota paling ramah bagi para sobatsepeda berdasarkan index Copenhagenize 2011

Sobatsepeda, Mikael Colville-Andersen, adalah orang yang paling tahu sebagai seseorang yang berada di belakang blog Copenhagenize dan  Copenhagen Cycle Chic , yang juga bekerja sebagai  Copenhagenize Consulting. Mereka telah merilis index yang sangat baik yang merupakan tolak ukur kota paling ramah bagi pesepeda(bicycle-friendly) diseluruh dunia ,kami cantumkan 8 peringkat teratas dengan berbagai kriteria yang cukup lengkap dan latar belakan penilaian yang cukup ketat dan adil.Meski berlatar belakan nama Copenhagen , pemenang dari semua kota-kota yang ada pada 2011 adalan tetap saja Amsterdam dengan poin 54 dari 64 poin yang disediakan(tampak pada gambar diatas merupakan contoh sebuah parkir sepeda dikota itu) (wicak).


Copenhagenize Index/Screen capture

Untuk melihat semua index yang ada secara lengkap, dapat anda buka official website: The Copenhagenize Index 2011. semua nama yang ada bisa diklik dan memiliki latar belakang singkat(wicak).

Jika anda masih penasaran tentang berbagi kriteria yang ada untuk menentukan peringkat  index sebuah kota, kami cantumkan informasi disini. beberapa yang ada ditentukan secara inheren subjektiv (persepsi keamanan, penerimaan lingkungan sosial),akan tetapi poin yang bisa ditentukan secara lebih mendekati obyektif dan seobyektif mingkin .Contohnya , penerimaan lingkungan sosial dapat mengikuti skala tersebut:

0 points: pengguna sepeda sama sekali tidak diterima lingkungan sosial disebuah kota dan dianggab orang aneh atau orang luar. sangat sedikit orang menggunakan sepeda selain sebagai kegiatan week end mereka untuk bersepeda(wicak).

1 point: sedikit penerimaan lingkungan sosial akan tetapi hanya terfokus untuk rekreasi bersepeda saja.Sepeda masih belum diterima sebagai sarana transportasi perkotaan yang layak. Masih banyak musuh dijalanan yang harus dihadapi para biker dan jalur sepeda/track  sederhana akan menimbulkan kemarahan publik (wicak).

2 points: Pengendara bukanlah pemandanan yang biasa dijalanan.para pengendara kendaraan bermoptor akan memperhatikan pengendara sepeda akan tetapi mereka tidak melihat infrastruktur pendukung yang ada ataupun keamanan dijalan raya yang sangat ramai oleh pengemudi lain(wicak).

3 points: beberapa pengemudi kendaraan bermotor sangat memperhatikan pengendara sepeda dan mereka sangat menghormati pesepeda.terdapat infrastruktur dan fasilitas yang memadai seperti lampu lalulintas bagi pengendara sepeda yang telah diterima.terdapat sedikit kemarahan publik ketika dibuat jalur sepeda/track baru – jalanan lebih tenang dan ramah bagi pengendara sepeda(wicak).

4 points: Para pengendara lain sangat menerima keadaan pengendara sepeda dalam kondisi apapun , dan kebanyakan lingkungan tersebut didominasi pengendara sepeda(wicak).

Secara umum , untuk menentukan index yang ada (harus dilakukan up-date setiap tahunnya dengan berrbagai data pembanding) hanya bertujuan untuk melakukan sesuatu yang baik.hal ini lebih mirip berapa banyak LSM melakukan kecurangan atau bagaimana mudahnya melakukan sebuah usaha.tidak seorangpun mau masuk pada daftar nama yang paling bawah , dan mereka akan selalu berusaha meningkatkan citra diri dan tidak mau ketinggalan dengan yang lain . Ini merupakan motivator yang cukup baik -bagaikan sebatang wortel dan sebatang pentungan yang disajikan pada saat bersamaan (wicak).

Implikasi: dengan adanya index diatas setiap kota berlomba-lomba untuk mendapatkan index terbaik dan menjadi lebih ramah pada pengendara sepeda. mudah-mudahan suatu saat salah satu kota yang masuk nominasi adalah nama kota yang ada di Indonesia , kami selalu berharap, dan mudah-mudahan bukan hanya mimpi(wicak)

sumber:  Copenhagenize

Iklan

0 Responses to “8 kota paling ramah bagi para sobatsepeda berdasarkan index Copenhagenize 2011”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: