22
Mar
12

Sandal dari ban bekas made in Cambodia

Genuine Viet Minh / Viet Cong, sandal berbahan ban Ho Chi Minh 
Made in Cambodia dibuat oleh  Old Ho’s Rubber Sandal Company berbahan  100% ban bekas

      Sandal Old Ho’s Rubber merupakan hasil karya tangan di kamboja yang terbuat dari ban bekas. Sandal ini sangat mudah digunakan dan nyaman,sebagai alas kaki harian , baik di pantai hingga  wilayah pedalaman (wicak).

Sejarah sandal ban
Sandal terbuat karet ban bekas telah digunakan sejak lama oleh kaum Viet Minh dan Viet Cong selama perang Vietnam dari akhir tahin 1940-an hingga runtuhnya kota Saigon pada tahun 1979.Saat menghadapi kekurangan peralatan perang terutama sepatu tentara Vietnam melihat peluang untuk merubah karet ban bekas menjadi sebuah sandal dan dan dengan cepat terlihat perbedaannya serta kelebihan sandal tersebut dibanding sepatu boot.Iklim hutan belantara asia tenggara yang keras dan lembab.Selama perang beberapa prajurit Infanteri  Amerika menderita kejang kaki yang diakibatkan infeksi jamur sebagai akibat pemakaian sepatu Boot pada iklim lembab.Banyak yang memandang iri dengan sandal yang dipakai musuh.Tragisnya ,alas kaki ini banyak dikait-kaitkan dengan rezim Khmer Merah yangtelah melakukan genocida yang berkuasa di Cambodia dari tahun 1975 sampai 1979.Hanya kader berpankattinggi dari prajurit Khmer merah yang menggunakan sandal ini sebagai tanda kekuasaan politik dalam sebuah rezim.mereka terlihat sebagai contoh yang baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri(swasembada) dan sangat praktis (wicak).

100% daur ulang
ban mobil atau truk telah dijamin ketahanannya oleh produsen untuk menempuh jarak ribuan mil bahkan untuk menerima beban jauh lebih berat dari pada saat sebagai alas kaki.angat mudah dibersihkan , ban di daur ulang menjadi sebuah sandal dan ban dalam dipotong menjadi tali sandal . Sandal ini memiliki berbagai keunggulan ; selain mudah dibersihkan , sangat nyaman dipakai , pas dikaki dan cepat kering(wicak)

perawatan dan perbaiakn sandal karet ban bekas
sandal ban buatan Old Ho’s Rubber terkenal sangat awet dan tahan lama selama pemakaian kondisi normal . karena semuanya terbuat dari ban bekas truk , akan tetapi bagaimanapun , kemungkinan pada tali akan kehilangan kelenturan atau elastisitas setelah melewati pemakaian beberapa lama dan kasar.
untuk menggantikan tali pada sandal buatan Old Ho ini yang kemungkinan putus saat pemakaian,dengan cara yang sangat mudah yaitu menggunakan sebatang kayu (bambu apa bila anda berada dibelantara Asia tenggara) panjang sekitar 4 inchi dan belahlah pada salah satu sisinya,dan masukkan satu inci kebawah.masukkan kayu (bagian pangkal yang terbelah)kesalam lubang slot pada sol (telapak) sandal hingga muncul pada bagian atas . lalu masukkan tali yang terbuat dari guntingan ban dalam tadi kedalam belahan kayu.Hati-hati dalam memasang ,namun penuh tenaga tarilah tali dari melalui lubang yang telah ada sekitar 1 inchi yang terlihat pada sisi bawah sandal .Ulangi proses ini untuk bagian slot dari sisi yang berlawanan dari sandal ini (wicak).

sebuah bagian yang memiliki manfaat keuntungan olah HeritageWatch
HeritageWatch adalah sebuah organisasi internasional non pemerintah yang didedikasikan untuk mengurangi pengerusakan peninggalan kultur atau budaya yang ada di Asia tenggara . Organisasi ini terlibat dalam berbagai kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kepedulian akan pentingnya peninggalan budaya dan mengurangi terjadinya penjarahan .Granny’s Country Store telaqh menujual sandal ini melalui HeritageWatch, untuk membantu penggalangan sumber dana bagi kegiatan mereka(wicak).

Implikasi: sebuah sandal memiliki nilai sejarah yang panjang, bahkan sandal merupakan sebnuah sarana pembelajaran yang memiliki falsafah yang cukup dalam, pada saat seorang raja inggris terantuk batu pada saat jalan kaki disekeliling istana Kesington. dan memerintahkan juru hitung istana untuk menghitung anggaran menutupi seluruh jalanan sekitar istana dengan kulit sapi terbaik disana saat itu , dan timbulah solusi yang cukup cerdas dari seseorang yang bernama sandak . dengan menggunting potongan kulit sapi terbaik seluas telapak kaki raja saat itu dan jadilah sebuah bentuk alas kaki hingga sekarang. janganlah pernah berfikir untuk merubah dunia untuk dirimu sebelum dirimu mau berubah untuk dunia (wicak).

sumber: https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/03/22/sandal-dari-ban-bekas-made-ini-cambodia/


2 Responses to “Sandal dari ban bekas made in Cambodia”


  1. 11/16/2013 pukul 16:48

    Sandal dari ban bekas memang awet, namun ada kelemahannya yaitu kadang-kadang dapat yang keras sehingga kurang nyaman bila dipakai. Apakah asal sandal ban bekas ini memang dari Kamboja ya? Di negri kita sekarang juga banyak sekali ditemui..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter

temukan kami di Facebook


%d blogger menyukai ini: