13
Mar
12

Percobaan sederhana energi alternatif

Wave power

Tenaga gelombang

Sobatsepeda,Kami sangat senang dengan adanya desain baru ini .Dengan menekan knop merah untuk membuat gelombang pada permukaan air. Bola,Pelampung berwarna abu-abu naik turun.Yang menyebabkan sebuah magnet berwarna merah dan biru bergerak teradap sebuah kumparan kawat tembaga.Dan disanalah dihasilkan listrik dengan tegangan AC yang diindikasikan dengan kawat analog,sebuah Milliameter.Versi ini dibuat sepanjang 90 cm,sangat cocok untuk media peraga dalam sebuah kelas science bahkan dibawa kemana-mana sebagai media eksibis sebuah expo atau pameran(wicak).

Water power

Tenaga air

Disini terdapat desain baru yang lain terlihat bekerja nyata dan sangat baik.Menggunakan tuas merah untuk memompa air dari bejana bawah menuju bejana atas .Ketika air sudah sampai keatas akan secara otomatis mengaliri bilah kincir air .dan generator kecil tersambung dengan sebuah milliameter analog.Alat peraga ini juga sangat sesuai digunakan dalam sebauh kelas science adik-adik sekalah lanjutan, bahkan dipakai untuk sarana pameran atau eksibisi dari kota kekota lainnya(wicak).

Disain sebuah kincir angin

Ini adalah alat yang sangat sederhana , Bundar ,permukaan meja mini namun cukup interaktiv,dimana tantangannya adalah mendesain sebuah kincir angin yang sangat efisien.kali ini kami gunakan gunting untuk memotong dan membuat bilah kincir sendiri yang terbuat dari lembaran plastik karbonet (Correx plastic) tau yang biasanya berbentuk kardus kemasan yang sudah tidak terpakai dapat didaur ulang untuk penggunaan seperti ini. Enam batang kuningan halus ditanamkan pada hub(poros) kincir angin dan sangat mudah di selipkan pada tepian plastik karbonet yang berfungsi sebagai bilah kincir.Untuk membuat kincir angin anda berputas secepat yang diinginkan ,dapat dilakukan dengan penyesuaian sudut , bentuk dan ukuran dari baling-baling itu sendiri, serta jumlah bilah baling-baling(sudu)….. (wicak)

Angin datang dari kipas angin listrik didepannya kali ini memakai kipas angin sincronous, yang dioperasikan melalui sebuah tombol tekan dan tersambung dengan aman  terhadap catu daya berdaya rendah(wicak).

Kami juga menampilkan versi yang lebih besar dimana kincir angin yang dilengkapi dengan generator kecil tersambung dengan sebuah milliameter yang cukup sensitif(wicak).

generator sederhana

Inilah yang paling dicari dan sangat terkenal , dengan konsep sangat sederhana,mungil namun sangat interaktiv(wicak).

Dapatkan anda membuat arus listrik dengan cara menggerakkan sebuah magnet didekat sebuah kumparan ?
Anda akan menutup rangkain dengan menggunakan kawat kendor.
dioda hitam kecil didekat kawat kendor tersebut yang membuat arus mengalir dalam satu arah.Apakah perbedaannya apabila anda menyentuk kawat yang terpasang pada skrup dengan yang ada pada ujung dioda?

Heat pump & tenaga listrik

Heat pump mini-interaktiv membuat setengah bagian tangan anda hangat dan sebagian lagi dingin , tergantung kearah mana engkol diatas anda putar. perangkat diata dilengkapi dengan dua sel Peltier(wicak ).

Arus listrik mini-interaktiv yang dihasilkan menyalakan lampu yang dipilih , melaui sklar tekan.Semakin kuat putaran engkol maka semakin terang lampu akan meyala. akan tetapi apabila anda merubanya dengan LED dengan effisiensi yang jauh lebih tinggi maka akan menhasilkan cahaya jauh lebih terang dengan tenaga engkol jauh lebih ringan. rangkaian ini juga dilengkapi sebuah ammeter analog(wicak).

panel Photovoltaic 

Dengan menyentuhkan tangan keatas permukaan panel Photovoltaic yang dipasang pada atap rumah model , dapat dilihat pembacaan ammeter ayng berbeda-beda dan kecepatan putar yang dihasilkan oleh model(wicak) By holding your hand above the photovoltaic panels on the roof of the model house, you can change the reading on the ammeter and vary the speed of a ‘spinner’ in the model.

Energi alternativ lainnya 

Beberapa energi alternatif sangat mungkin diwujudkan dalam bentuk peraga interaktif , kami akan selalu menerima dan senang mendiskusikan ide-ide baru, kami tunggu disini sobatsepeda(wicak) .

Implikasi: Berbagai alat peraga diatas tentunya sangat berguna bagi adik-adik kita yang berada disekolah lanjutan untuk mempelajari teori dasar berbagai energi alternatif yang telah ada dan sedang dikembangkan didunia industri sekarang ini. Semua perlu pengembangan dan disisi lain perlu adanya pembelajaran. bangsa yang sukses bukanlah bangsa yang tidak pernah mengalami kegagalan.terus mencoba dan pantang putus asa(wicak)

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/03/13/percobaan-sederhana-energi-alternativ/


Iklan

25 Responses to “Percobaan sederhana energi alternatif”


  1. 09/07/2012 pukul 06:09

    tulisin dong alat” dan Cara buatnya gimana?
    Saya tertarik mencobanya

    • 09/18/2012 pukul 17:55

      ya mungkin alat-alat yang dibutuhkan beberapa kawat email beserta paku untuk membuat kumparan inti , lebih enak yang beriniti ganda biar enak nggulungnya serta maget batangan yang bisa kita dapatkan dari kotak pensil anak SD….untuk mempercepat fluk kita butuhkan sebuah klem yang akan menghubungkan dengan mata bor (untuk mengikar magnet batangan yg kita dapatkan sehingga mendapatkan dua inti serta 2 kutub )

  2. 5 joko
    02/25/2013 pukul 19:57

    menarik jika udah bisa di buat massal mantap

  3. 7 Melsa
    03/08/2013 pukul 23:24

    peraga nya kereeeeen,, tapi tolong ksih tau donk cara membuatnya dan bahan-bahan yang digunakan.. 🙂

    • 03/09/2013 pukul 21:27

      ya intinya bagaimana menggerakkan medan magnet pada sebuah inti kumparan ….jadi intinya membuat lilitan untuk mengitari medan magnet ….dan nantinya akan berfungsi sebagai stator apa rotator , sama-sama menghasikan arus listrik, begitu jga sumber energi yg akan dimanipulasi , gelomkbang air , apa aliran air , ataukah angin semuanya memiliki prinsip yang sama …yaitu menggerakkan medan magnet …..

  4. 9 dwi aprilia puspita
    08/22/2014 pukul 07:37

    Menerima pemesanan alat peraga yang pembangkit listrik tenaga air gak?

  5. 11 Intansari
    10/21/2014 pukul 20:34

    permisi, mau tanya. untuk tempatnya sendiri menggunakan aquarium atau tempat lain? jika menggunakan aquarium sebaiknya pakai yg dari plastik atau kaca ya ? terimakasih ;

    • 10/21/2014 pukul 20:39

      akuarium hanya sebagai simulator utk mempermudah…kalau aplikasinya asal tidah pecah terkena hentakan gelombang sudah ok tuh….seperti kolam semen dsb….selamat mencoba

      • 13 Intansari
        10/22/2014 pukul 20:21

        untuk lilitan kawat yg digunakan berapa kali lilitan ya pak? sedangkan untuk pelampungnya menggunakan diameter berapa? lalu ukuran magnet apakah berpengaruh? dan apakah meggunakan dinamo? jika iya dinamo yg seperti apa ya pak? hehehehe maaf banya tanya. mohon di jawab terimakasih 🙂

      • 10/22/2014 pukul 20:24

        ukuran kawat serta jumlah lilitan bebas….pelampung asal bisa menggerakkan system,dynamo?….tentu desain mekaniknya beda….selamat mencoba

  6. 15 bambangprasetyo
    10/29/2014 pukul 10:12

    untuk 1 paket yg meliputi,tenaga gelombang,surya,angin,air berapa harganya …minta alamat dan no tlpon

  7. 19 nimas
    01/17/2015 pukul 20:35

    nama aplikasi desain seperti itu apa yahh ?

  8. 01/17/2015 pukul 22:12

    aplikasi?….ini bukan animasi….tapi simulator

  9. 21 Galih
    03/20/2015 pukul 20:01

    Mas bisa tolong jelaskan secara detail dong yang tenaga gelombang saya mau mencoba hehe

    • 22 tri wicak
      03/20/2015 pukul 21:27

      untuk Galih….energy gelombang disini adalah wijud dari manipulasi naik turunnya permukaan air yang paling banyak kita jumpai pada permukaan air laut….jadi manipulasi gerakan permukaan itu hanya bisa diikuti oleh manipulator permukaan dalam hal ini hanya pelampung yg bisa diandalkan.menengenai bentuk dan kekuatan energi yg kita butuhkan bisa dihasilkan dari snergi linear naik turun atau energi putar yg dihasilkan oleh lengan ayun……

      • 23 Galih
        03/21/2015 pukul 09:58

        kalau arus yang dihasilkan itu berapa yaa? dan kalau knobnya itu kerjannya seperti apa yaa?

      • 03/21/2015 pukul 10:56

        kalau untuk pesawat peraga seperti yang dilihat diatas hanya beberapa volt saja ,paling banter 2 volt dengan ampere yg cukup minim , kalau Galih mau bikin kapasitas yang jauh lebih besar bisa saja(dirancang lebih jauh),untuk yang knob cara kerjanya naik turun sesuai gerakan pelampung dibawahnya dan gerakan tersebutlah yang menghasilkan GGL yang akhirnya membangkitkan arus listrik…..untuk lebih jelasnya bisa hubungi saya (Tri wicak 081363110677 )

  10. 25 Galih
    03/21/2015 pukul 11:09

    kalau untuk memperbesar apa saja yang perlu diperhatikan mas? kalau untuk penghasil arus nya kann menyesuaikan gerakan gelombang naik turun dan alat penghasilnya itu apa mas? wahhh hp saya lagi rusak-_-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: