12
Mar
12

Langkah kaki menjadi sumber energi : Perempatan jalan menjadi pembangkit listrik bersih dan ramah lingkungan

Sobatsepeda, konsep piezoelektrisitas telah ada disekitar kita dimasa sekarang , kan tetapi masih kurang dalam pemanfaatannya dalam menghasilkan energi bersih dan ramah lingkungan. Bukanlah hal sulit untuk mewujudkan hal ini , akan tetapi kenyataannya memang masih kuran perhatian atau ketidakpedulian akan keberadaan teknologi ini.Akan tetapi kali ini sekelompok pelajar sedang berusaha mewujudkan teknologi tersebut dengan merubah energi pejalankaki dan kendaraan yang lewat menjadi bentuk energi bersih dan bermanfaat(wicak).

intersection 1

Skema peraga 1
intersection 2
Skema peraga 2

Lempengan Piezoelectric yang ditempatkan dibawah zebra cross yang titempatkan disetiap perempatan atau persimpangan jalan untuk memanfaatkan setiap yang lewat diatasnya, tekanan dan kekuatan yang bervariasi, semuanya dirubah dalam bentuk energi. Dalan hal ini semua energi digunakan untuk menyalakan lampu jalan disekitarnya, rambu lalu lintas bahkan kamera pengintai yang dipasang untuk merekam plat nomor kendaraan anda saat menyerobot lampu merah ataupun saat ngebut melebihi batas kecepatan yang ditentukan(wicak).

intersection 3

Skema peraga 3

Teknologi ini terlihat cukup menarik dan dapat dimanfaatkan secara luas diseluruh belahan dunia.Semua energi yang dihasilkan disimpan dalam baterai lithium-ion dan dapat dimanfaatkan dalam penggunaan lebih bervariasi serta kegunaan yang lain.Mengubah energi kinetik dengan jumlah yang sangat besar yang biasanya terbuang begitu saja karena memang belum bisa dimanfaatkan dan selalu tersedia cukup berlimpah dijalanan.Hal ini cukup mudah dilakukan apabila agan sekalian inging berinvestasi dalam hal ini dan menantikan hasil dimasa yang akan datang(wicak).

Via: Yankodesign

Implikasi:Piezoelektrik bukan hal beru didunia energi terbarukan . kan tetapi pemanfaatannya cenderung masih dalam tahapan eksperimental dan sama sekali belum menyentuk khalayak umum. diperlukan sebuah kesungguhan dalam pemanfaatan energi terbarukan ini. melalui teknologi ini hampir semua yang ada bisa dimanipulasi dan diubah dalam bentuk energi listrik bersih dan ramah lingkungan.seperti: berat/tekanan, getaran , suara , denyut nadi dan masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan.semoga uraian kami menambah sedikit wawasan agan sekalian tentangenegri yang terbarukan(wicak).

Iklan

0 Responses to “Langkah kaki menjadi sumber energi : Perempatan jalan menjadi pembangkit listrik bersih dan ramah lingkungan”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: