03
Mar
12

Amerika: tempat paling berbahaya bagi pengendara sepeda

bicycle accidents and death

Photo: tanvach

Sobatsepeda,sebagai seorang pecinta lingkungan , kami selalu tertantang untuk membuat planet ini lebih bersih dan lebih baik,sebagai tempat tinggal yang lebih nyaman dan layak huni dengan semaksimal mungkin menghindari pemakaian mobil pribadi dan menggantinya dengan moda transportasi yang lebih ramah lingkungan seperti berkendara sepeda dan jalan kaki.namun , dengan semakin meningkatnya penggemar gerakan ramah lingkungan di seluruh penjuru dunia, begitu pula dengan korban laka lantas yang derita para pengendara sepeda hingga meninggal ditempat.Salah satunya mungkin diakibatkan peningkatan jumlah sepeda seiring masalah ekonomi global sehingga untuk mendongkrak kemajuan ekonomi digalakkan bersepeda untuk menghemat anggaran seperti yang pernah terjadi di negara Inggris.dan kemungkinan yang lain beberapa orang telah berkurang daya belinya untuk memiliki mobil dan juga berkurang kemampuannya dalam mengemudikan mobil hingga menabrak para pengendara sepeda(wicak).

Timbulah masalah baru : Hukum dinegara Amerika sama sekali tidak melindungi pengendara sepeda.Hal ini mengkin dapat terjadi terlalu mudahnya para pengemudi mendapatkan Surat ijin mengemudi dengan sangat mudah atau bahakan terlalu mudah.Amerika memiliki angka kecelakaan pengendara sepeda dan kemalangan lalulintas lebih banyak dari pada tempat lain dibelahan dunia manapun.(menurut reuters, 28 Agustus 2003 , oleh Maggie Fox) terutama di 4 negara bagian Amerika (California,Florida <New York dan Texas) terhitung sekitar 43% pengendara sepeda meninggal dalam kecelakaan lalulintas(wicak).

bicycle deaths

Photo: Reksipol Sriracha

Meskipun pemakaian helem diperketat , disediakan jalur pejalankaki serta jalur sepeda, kurangnya sanksi tegas atau hukuman bagi pengemudi lalai yang menyebabkan tabrakan yang melibatkan pengendara sepeda itu sering tidak dilaporkan atau terkadang malah dibiarkan .Setidaknya 75% dari pengemudi mobil yang bertanggungjawab dalam kecelakaan bahkan hingga kematian pengendara sepeda tidak pernah menerima sangksi atau menerima tuntutan.Kecuali mobil dalam keadaan rusak lebih lanjut, beberapa negara bagian seperti Texas , tidak akan pernah menuliskan laporan tentang kecelakaan yang melibatkan para pengendara sepeda.Tentunya hal ini sangat tidak bermoral !(wicak).

bike accident

Photo: Jasoon

Tersebar berita melalui Internet tentang seseorangyang sangat kaya yang seakan kebal hukum bahkan ketika menabrak pengendara sepeda hingga meninggal dunia .Beberapa orang yang telah dinyatakan bersalah bahkan hampir tidak pernah terlihat meringkuk dibalik terali besi atau dalam sel penjara. Kebanyakan dari mereka bahkan tidak pernah membayar denda, bahkan mereka seakan tidak pernah salah atau dipersalahkan, hukum bagaikan tidak pernah bisa menyentuh mereka , karena mungkin mereka punya banyak uang cadangan apabila diperlukan.Tentunya hal ini merupakan tamparan sangat keras bagi keluarga yang ditinggalkan seorang pencari nafkah pagi itu atau seorang anak kesayangan mereka seakan dirampok dari kehidupan mereka(wicak).

bicycle fatalities

Photo: Danny McL

Kata-kata ajaib yang sering muncul untuk menghindari hukum karena menabrak pengendara sepeda hingga meninggal adalah “Saya tidak melihat mereka ,mereka entah datang dari mana” tentu saja bagi penyelidik kecelakaan lalulintas , kebanyakan laporan yang mereka tulis berakhir dengan kesimpulan pengendara sepeda yang salah(wicak).

Semua kalangan harus bergerak dalam hal ini bahwa fakta yang ada merupakan masalah yang sangat serius yang terbukti belum ditangani secara serius oleh parlemen yang ada, terlalu menyolok bahwa “pembunuh pengendara sepeda selalu bebas dari tuntutan”.dan apabila anda berfikir kecelakaan pengendara sepeda yang ditabrak kendaraan bermotor terjadi dimalam hari, fikirkan lagi .Kebanyakan kecelakaan yang dialami pengendara sepeda pada siang hari dan menjelang malam hari(wicak).

bike deaths

Photo: Markus

Amerika adalah salah satu negara yang memiliki angka obesitas cukup tinggi dan cenderung meningkat dari tahun ketahun .”Olah raga ! makan sehat ! bersepeda ketempat kerja !”semuanya adalah berbagai klip yang digembar-gemborkan dalam iklan McDonald’s dan ice cream.Akan tetapi ketika masyarakat Amerika sendiri mencoba bangki utnuk mengatasi masalah kesehatan mereka, mereka akan merasa takut menjadi korban tabrak lari pengendara sebuah mobil(wicak).

Jangan pernah mempercayai bahwa data statistik kecelakaan pengendara sepeda yang cenderung menurun . Menurut pendapat penulis , hal ini dikarenakan kecelakaan yang ada tidak pernah dilaporkan atau sama sekali tidak pernah mendapatkan perhatian hukum , kebanyakan penyebab kecelakaan selalu lolos dari tuntutan (wicak).

bike deaths

Photo: call_me_eli

Total biaya dari kecelakan lalu lintas yang melibatkan pengendara sepeda hingga meninggal labih dari 4 miliar dolar pertahun . Sementara yang melibatkan pengendara anak-anak dibawah 16 tahun menurun , akan tetapi untuk usia diatas 25 tahun meningkat (wicak).

Para anggota Parlemen selalu menyalahkan alkohol sebagai penyebab  utama kecelakaan pengendara sepeda .Meskipun , hanya 3 kasus kecelakaan pengendara sepeda yang disebabkan alkohol , menurut sebuah laporan.yang tentunya sangat jauh dari fakta yang ada terkadang pengendara mobil yang beralkohol selalu menimbulkan kecelakaan dan kematian orang lain dijalan(wicak).

bike fatalities

Photo: melisdramatic

Dengan kondisi diatas dituntut naluri yang super tajam dari para pengendara sepeda agar terhindar dari pengemudi ugal-ugalan yang mungkin mendapatkan Surat ijin mengemudi dengan sangat mudahnya, serta hak istimewa setelah menabrak korban-korban mereka.

Implikasi: Buat para sobatsepeda hendaknya memiliki naluri kehati-hatian yang lebih ketika menghadapi karakter pengemudi seperti negara diatas.Masih banyak temapt-tampat lain yang lebih ramah bagi pengendara sepeda di seluruh dunia. bahkan kota-kota di Indonesia masih relatif jauh lebih aman. karena Blogger sendiri juga sering berqangkat ketempat kerja dengan bersepeda. semua photo-photo diatas merupakan bukti nyata dan mungkin sebagian masih ada disana(wicak)

Sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/03/03/amerika-tempat-paling-berbahaya-bagi-pengendara-sepeda/

Iklan

0 Responses to “Amerika: tempat paling berbahaya bagi pengendara sepeda”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: