02
Mar
12

Bahasa rahasia yang menakjubkan dari tanaman

Pea Pods

Photo: Maria Keays

Sobatsepeda,Kita semua pernah mendengar tentang menfaat dari berbicara dan bermain  musik pada tanaman anda.Bahkan tanamn mungkin memiliki selera akan jenis musik-mungkin sebgian menyukai alunan musik Mozart dan sangat membenci lengkingan gitar Jimi Hendrix.Meskipun hal ini belum menfdapatkan konfirmasi yang pasti dari kalangan ilmiah,setidaknya salah satu ahli biologi tanaman mengakui kemungkinan hal itu merupakan efek getaran suara pada tanaman. Meski masih meragunan benar atau tidaknya ,Dua studi baru telah membuktikan bahawa tanaman telah melakukan setidaknya sebuah bentuk k0munikasi antara satu dengan yang lain dengan cara yang sama sekali belum pernah kami pahami sebelumnya(wicak).

Pada  studi terbaru, yang dilakukan oleh sebuah tim dari Universitas Ben-Gurion di Israel,Pada tanaman kacang polong yang saling mengingatkan antara satu dan lainnya untuk situasi stress diantara mereka. Pada percobaan tersebut ditempatkan tanaman yang saling berdekatan , akan tetapi tidak saling bersinggungan atau menyentuh.Beberapa tanaman bisa berbagi kelembaban tanah dengan tanaman disamping mereka , sementara sebagian yang lain benar-benar jauh terpisah . Selanjutnya , yang terjadi beberapa tanaman yang jauh dari jangkauan tanaman lainnya dalam kondisi kering , sementara yang lain tetap sehat dengan kondisi air yang lebih basah(wicak).

Row of Peas

Photo: lobo235

Tanaman dalam menghadapi kondisi kering akan melakukan respon dengan menutup poro-pori pada daun (yang disebut stomata)-sebuah reaksi normal untuk berbagai tanaman dalam menghadapi musim kering .Kemudian apa yang terjadi pada tanaman yang saling berdekatan ? sesuatu yang diluar perkiraan kami (mereka hampir tidak terpengaruh kondisi kering dan saling berbagai kotoran yang sama)melakukan hal yang sama? bukan hanya itu ,mereka semacam mengirimkan pesan pada tanaman yang tidak dalam kondisi stress bahakan lebih jauh lagi,yang menanggapinya dengan cara penutupan stomata dengan sangat baik.Tanaman yang sama sekali tidak berbagi tanah tidak mendapatkan respon sama sekali , yang artinya komunikasi antara mereka berlangsung melalui system akar dari pada respon daun(wicak).

Menurut Profesor Ariel Novoplansky, yang ikut mengawasi penelitian ,”Hasil yang menunjukkan bahwa tanaman yang tidak mengalami stress dapat memahami dan dan menanggapi isyarat tanaman lain yang sedang menhadapi stress atau dalam kondisi kekeringan dan ,melalui ‘relay cuing’,menerima respon stress dan lebih jauh lagi melalui perbagai tanaman yang tidak stress.Penelitian lebih lanjut dan sedang dilakukan adalah memahami mekanisme dari modus baru dari komunikasi tanaman dan kemungkinan implikasinya dalam beradaptasi dalam mengantisipasi tekanan yang datangnya dari antibiotik untuk tanaman tersebut”(wicak).

Pea Pods 2

Photo: Haessly Photography

Penelitian sebelumnya yang dialakukan oleh Universitas Exeter di Inggris juga menemukan bukti adanya komunikasi antara tanaman.Dalam penelitian itu , tanaman kol(kubis ) yang dipakai bukanya tanaman kacang polong dan menunjukkan bentuk komunikasi yang sangat jauh berbeda.Dalam kasus ini tanaman kubis ditempatkan saling berdekatan satu sama lain .Dan salah satu daun kubis dipotong pakai gunting dan menimbulkan luka tertentu.dan dalam kasus ini luka yang diakibatkan mengeluarkan semacam gas , yang membuat terlihat seperti mutasi genetik,yang merupakan semacam peringatan bagi tanaman kubis sekitarnya .Sehingga para kubis yang merupakan tetangga dengan kubis yang terpotong sebagian daunnya mengartikan signal gas yang mereka dapat dengan memproduksi semacam zat beracun atau toxin pada daun mereka untuk mengatasi serangan predator seperti ulat pemakan daun dan lain-lain yang akan merasa tidak cocok dilingkungan tersebut(wicak).

Cabbage

Photo: net_efekt

Iain Stewart, seorang profesor yang mendalami Geoscience comunication yang telah menyaksikan penelitian di Universitas Exeter, berpendapat, hal ini tentunya merupakan hal yang sangat menarik, mungkin telah terjadi semacam obrolan konstan yang terjadi diantara tanaman berbeda,mereka dapat melakukan reaksi kimia setelah mendapat signal dari tanaman lain dan meneruskan pada tanaman yang lain pula,Seperti bahasa rahasia yang  ada diantara kita semua.Kebanyakan masyarakat menilai bahwa semua tanaman agak pasif dalam menghadapi kehidupannya , akan tetapi sebuah kenyataann membuktikan selalu bergerak , berfikir dan berkomunikasi. Hal ini tentunya bagaikan sebuah bentuk kecerdasan yang sedang mereka tunjukkan(wicak).

Menarik bukan!

Implikasi: berbagai tanaman memiliki berbagai ciri khas dan berbagai bentuk adaptasi aktif maupun pasif.sebuah bentuk komunikasi mungkin telah terjalin diantara mereka dalam kurun waktu yang lama bahkan mungkin telah berjuta-juta tahun. melestarikan keberadaan mereka dan menjaganya dengan baik adalah lebih bijaksana, dari pada merusak habitat alami mereka serta menebangnya dengan sewenang-wenang.Apabila telah tercipta kesetimbangan ekosistem  maka alam akan lebih berdaya guna dan berhasil guna tanpa ada bayang-bayang bencana dan penyakit yang akan mengancam kehidupan manusia(wicak).

Sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/03/02/bahasa-rahasia-yang-menakjubkan-dari-tanaman/

Iklan

0 Responses to “Bahasa rahasia yang menakjubkan dari tanaman”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter


%d blogger menyukai ini: