29
Feb
12

Pembangkit energi mungil penghasil listrik dari getaran

Sobatsepeda, dengan semakin meningkatnya harga energi listrik, sebuah perangkat yang bisa mengubah energi getar menjadi listrik telah hadir dan tentunya sangat membantu perkembangan yang ada. para peneliti dari University of Michigan telah mengembangkan pembangkit energi baru, dimana dapat merubah energi getar menjadi energi listrik (wicak).

millimeter scale energy harvester 1

dengan skala millimeter pembangkit energy  1

Pembangkit energi baru ini tentunya sangat jauh berbeda dan jauh lebih effisien dari pembangkit energi yang lain .Pembangkit energi ini mengubah getaran yang biasanya dihasilkan oleh mesin pabrik menjadi tenaga listrik . Energi listrik ini dimanfaatkan untuk menghidupkan jaringan sensor nirkable yang ada(wicak).

Jaringan sensor yang digunakan untuk memberikan informasi pada operator mesin tentang beberapa kerusakan yang ada. Saat ini , jaringan sensor tersebut masih menggunakan baterai atau kabel listrik sebagai sumber tenaga.Akan tetapi , Parawatan dan instalasi dari jaringan sensor dengan skala besar atau Industri masih memakan biaya cukup mahal , menggunakan sekitar 80% dari total biaya yang ada.Dengan pembangkit energi ini tentunya akan menurunkan biaya sangat drastis (wicak).

Melalui pembangkit energi baru dengan volume sekitar 27 millimeter kubik, merupakan pembangkit energi yang cukup efisien dalam menghasilkan energi listrik dari getaran yang dihasilkan oleh sebuah mesin. Seluruh system pembangkit ini terdiri dari sebuah material piezoelektrik untuk menghasilkan energi dan sirkuit untuk mengakses jaringan listrik . Terdapat sebuah ultra kapasitor untuk menyimpn energi yang dihasilkan. sistim ini memiliki bandwitdth sekitar 14 hertz dan bekerja pada getaran berfrekwensi sekitar 155 hertz. dan bisa menhasilkan energi sekitar 200 mikro watt dari kekuatan 1,5 gram amplitudo getaran(wicak).

Ini merupakan sesuatu yang baik dari sebuah pembangkit energi baru tentunya sebuah produk yang tidak banyak memerlukan perawatan (seminim mungkin). dapat beroperasi tanpa operawatan berkala dalam jangka waktu yang cukup panjang sekitar 10 hingga 20 tahun (wicak).

Selain sangat berguna bagi pabrik-pabrik , teknologi ini sangat berguna bagi dunia medis dan industri otomotif baik untuk daya implan maupun sensor panas sebuah kendaraan dalam masing-masing penggunaan(wicak).

Implikasi: Berbagai penemuan baru tentang pembangkit energi mandiri berkembang sangat pesat pada masa sekarang , dari pemanfaatan getaran mikro, suhu tubuh bahkan dari kebisingan suara. sebuah teknologi sangat bisa diandalkan tentunya diperlukan kwalitas yang memenuhi kebutuhan. sebuah percobaan dan penelitian tanpa henti untuk memperbaiki semua kekurangan sangatlah diperlukan dalam hal ini. tidak ada penemuan baru tanpa sebuah percobaan tidsak ada keberhasilan tanpa kegagalan pada awalnya, jadi jangan pernah menyerah ditengah jalan sebelum sesuatu yang kita kerjakan benar-benar berakhir(wicak).

Sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/02/29/pembangkit-energi-mungil-penghasil-listrik-dari-getaran/

Iklan

4 Responses to “Pembangkit energi mungil penghasil listrik dari getaran”


  1. 03/01/2012 pukul 11:05

    bagus juga ya inovasinya.. jadi selain jadi sebuah pabrik pun bisa menjadi tempat pembangkit listrik atau listrik yg dipakai untuk mesin2 pabrik bisa diambil dr listrik yg dihasilkan alat itu..
    ada gak ya pembangkit listrik yg bisa menghasilkan listrik dari detak jantung atau aliran darah??

    mampir2 ya gan Cara Mengubah Tampilan Android ke Tampilan iPhone

  2. 3 suyanta
    04/24/2016 pukul 11:41

    saya mau tahu bagaimana cara membuat alatnya jika dari getaran di jadikan listrik

    • 04/25/2016 pukul 06:55

      sorry baru bisa balas….prinsip dasarnya hampir seperti seaker dengan arus listrik menghasilkan getaran pada membran dan menimbulkan suara yang bisa kita dengarkan baik pada woofer atau pun tweater….dan pada teknologi ini menggunakan pezoelectri yang jauh lebih sensitif dan sangat mudah bergetar dan menghasilkan arus lebih efektif….dengan prinsip dasar menggerakkan medan magnet ditengah medan magnet yang bersinggungan bukan geraka rotasi tapi resiprokasi…..kurang lebih seperti itu …semoga bermanfaat


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: