29
Feb
12

cantik namun mematikan itulah julukan dari 10 tanaman karnivora ini

Drosera rotundifolia

Photo: Petr Dlouhý daun Drosera rotundifolia growing in cuture

Sobatsepeda,Selama lebih dari jutaan tahun waktu evolusi , alam telah menghasilkan beberapa varian tanaman yang tidak biasa dengan keragaman aneh serta unik sehingga cukup menarik ,sebagai perangkap dan akhirnya mencerna hewan yang menjadi korban.Hewan-hewan yang masuk perangkap tersebut antara lain jenis vertebrata kecil dan kutu air beberapa jenis nematoda dan kupu-kupu(wicak).

Cukup terkenal dengan istilah “tanaman karnivora “, terdapat sekitar 600 species yang cukup menarik yang telah ditemukan dari berbagi belahan dunia.yang sebagian dari mereka telah membentuk koloni dalam berbagai habitat , dimana masing-masing tanaman telah memiliki karakter khusus dalam berbagai kondisi lingkungan.Dibawah ini kami cantumkan beberapa species tanaman pemakan daging  dengan penampilan yang cukup menarik dan indah(wicak).

10. Nepenthes
Nepenthes jacquelineae

Photo: Alfindra Primaldhi

Nepenthes adalah salah satu yang paling penting dan menarik dalam sebuah genus tanaman, yang asli tumbuh di daerah tropis kuno yang terdapat hampir 100 species.yang juga dikenal sebagai ‘Asian pitcher plants’ yang mungkin karena berbentuk seperti Mug atau kendi , yang menjajah berbagai habitat tropis , dari pesisir pantai yang cukup panas hingga pegunungan yang berhawa dingin (wicak).

Bentuk perangkap tanaman ini adalah lubang pasif , berbentuk seperti sebuah kendi , dan tidak bergerak.Perangkap ini cukup stabil terisi dengan zat cair aktif permukaan .Dimana fungsi cairan ini adalah memastikan korban benar-benar basah dan tidak akan bisa lepas setelah jatuh didalamnya(wicak).

9. Cephalotus
Cephalotus follicularis

Photo: Just chaos

Cephalotus memiliki wilayah distribusi yang cukup sempit diwilayah barat daya Australia dan disini hanya terdiri dari satu species saja,Cephalotus follicularis.yang juga sangat dikenal sebagai  ‘Australian pitcher plant’ , sebagai sebuah tanaman yang memiliki bentuk seperti genthong yang merupakan daun yang berfungsi sebagai perangkap makanan(wicak).

tanaman ini menangkap mangsa dengan bantuan jebakan atau perangkap.Yang keseluruhan prosesa melalui 3 tahapan serta zona berbeda antara lain : zona pemikat, zona licin (membuat mangsa tergelincir/terpeleset ) dan zona pencernaan .pada kantong perangkap terdapat kerah , sehingga apa bila korban jatuh kedalamnya , tidak pernah akan bisa memanjat kembali atau keluar dari perangkap ini(wicak).

8. Heliamphora
Heliamphora minor

Photo: Seb38

Tanaman berusia panjang ini ,termasuk tanaman abadi dari jenis cemara yang tumbuh melalui tunas atau cabang sederhana dari sebuah Rizhoma tidak lain dan tidak bukan hanyalah Heliamphora. Secara kolektiv dikenal sebagai ‘sun pitchers’, tanaman ini tumbuh sangat baik melalui sistim akar yang kuat.Daun yang berbentuk tubular dari tanaman ini berfungsi sebagai perangkap mangsa .Dengan bentuk mirip corong pada sebuah kendi yang terisi air dan terbentuklah semacam system perangkap untuk menjebak.Ketika serangga jatuh dalam cairan ini dan tenggelam ,mereka langsung dicerna dengan bantuan bakteri yang ada didalam cairan tersebut(wicak).

7. Byblis
Byblis gigantea

Photo: h3_six

Saking indahnya tanaman ini terkadang mereka sebut sebagai ‘tanaman pelangi ‘,Byblis adalah salah satu genus kecil dari tanaman carnivora dimana dalam merangkap mangsanya dengan menggunakan perangkap adhesif pasif(wicak).

dimana kelopak bunga yang indah dan berwarna pelangi tersebut dilapisi dengan kelenjar yang berbentuk rambut, yang tidak akan berfungsi lain sebagai jebakan. Jebakan ini mengeluarkan semacam tetesan lendir untuk menarik dan menjebak serangga yang sedang terbang .Ketika mangsa mendarat diatasnya langsung lengket dan terjebak kedalam lendir tersebut,dan akan terus nempel hingga kurun waktu yang tidak terbatas sampai akhirnya kelaparan dan mati secara perlahan(wicak).

6. Utricularia
Urticularia vulgaris

Photo: magnolia1000

Pertama dijelaskan pada tahun 1753 ,Utricularia adalah genus yang paling banyak distribusinya  dari berbagai tanaman karnivora. Juga terkenal sebagai  ‘bladderworts’, perangkap kecil yang terdapat dalam tanaman genus ini adalah yang paling komplek dan canggih dari berbagai tanaman kernivora yang pernah ada(wicak).

Perankap kecil yang berbentuk struktur mirip tas menggantung dari cabang daun.Saat perangkap membuka dikelilingi jerat-jerat mirip sebuah antena .Bersama dengan rambut dan kelennjar , antena berfungsi memikat mangsa untuk membuat katub terbuka .Setelah tertangkap ,tidak ada satupun mangsa bisa lolos(wicak).

5. Sarracenia
A sarracenia hybrid

Photo: Олександр

Ditemukan secara esklusif di bagian timur Amerika utara , genus ini terdiri dari 8 sampai 10 species yang berbeda. yang paling menarik dari tanaman ini adalah bentuk daun yang tubular dengan ujung kelopak mirip sayap(wicak).

Biasanya untuk species Sarracenia dalam menjebak serangga menggunakan gentong dengan nectar atau serbuk sari dan permukaan licin yang terdapat pada mulut genthong. menurut pengamatan lebih lanjut cairan pada gentong tersebut memiliki sifat memabukkan dan efek anasthesi pada berbagai jenis serangga (wicak).

4. Pinguicula
Pinguicula

Photo: Just Chaos

Ditemukan lebih dari 80 species , genus Pinguicula terlihat polos pada pandangan pertama. Akan tetapi tanaman ini memiliki keindahan tersendiri serta kompleksitas .Juag dikenal sebagai ‘butterworts’, kebanyakan dari mereka adalah merupakan tanaman rosette terrestrial dan herbaceous(wicak) .

daun dari tanaman butterworts memiliki jaringan dengan jarak jangkauan kepala cukup panjang dengan produksi lendir yang cukup lengket pada ujung untuk menjerat mangsa ditengah untaian berurat .juga , sebagaian besar species  Pinguicula memiliki aroma yang cukup pengap dan cukup  untuk memikat serangga sebagai calon mangsa(wicak).

3. Aldrovanda
Aldrovanda Vesiculosa

Photo: Jan WienekeAldrovanda Vesiculosa

Hampir mirip seperti genus Dionaea (lihat dibawah), Species Aldrovanda juga menggunakan metode perangkap jepret untuk menangkap mangsa. Sebagai salah satu tanaman air yang mengambang ,dengan warna tipikal hijau pucat, tanaman ini juga dikenal sabagai ‘tanaman kincir air'(wicak).

Tanaman ini terdiri dari berbagai daun yang mirip dengan perangkap lalat venus. Seperti teori yang ada , untuk menangkap mangsanya , sebuah perangkap dengan mekanisme jepret digunakan .Lobus dari perangkap dilengkapi dengan rambut pemicu yang menyebabkan perangkap menutup secara cepat dan cukup rapat(wicak).

2. Drosera
Drosera regia

Photo: KitkorDrosera regia, the king sundew, after being fed blood worms

Genus Drosera ditemukan lebih dari 150 species ,  yang tentunya merupakan permata dari seluruh tanaman karnivora dunia . Juga sangat dikenal sebagai tanaman ‘sundews’, tanaman ini memiliki kapabilitas untuk melakukan penyerbukan serta pembuahan sendiri(wicak).

Tanaman Sundews memiliki perangkap perekat aktif . Mangsa juga dipikat dengan signal optik .Dengan menggunakan jaringan mucilaginous yang selalu mengintai untuk menutupi permukaan daun , tanaman ini menangkap serangga korban.faktanya , untuk menangkap korban , semua species dari sundew memiliki kapabilitas untuk menggerakkan tentakel mereka untuk mengarahkan mangsa pada pusat pisau(wicak).

1. Dionaea
The trap of a Venus fly trap, showing trigger hairs

Photo: NoahElhardtThe trap of a Venus fly trap, showing trigger hairs.

Tidak ada satupun yang bisa menyangkal keindahan tanaman ini yang dikenal dengan  ‘Venus flytrap’ atau perangkap lalat venus .Sangat terkenal dengan salah satu tanaman yang paling indah di dunia, tanaman dengan species ini mungkin dilengkapi dengan perangkap terbaik yang ada dan sangat layak dipelajari dari seluruh jenid perangkap tanaman karnivora yang ada di seluruh dunia.Genus Dionaea terdapat hanya satu species saja, perangkap lalat venus ,merupakan tanaman rosette kecil yang memproduksi tunas dimusim semi(wicak).

Pergerakan cepat daun perangkap dari tanaman tersebut dengan cara jebakan jepret yang dilakukan bulu -bulu yang ada ditengah.Secepat mungkin mangsa terjebak perangkap langsung menutup ,dan mengamankan mangsa ; bagian lunak dipercah ,dicerna dan diserap . seluruh pencernaan akan selesai dalam kurun waktu 10 hari(wicak).

Pada masa sekarang , sangat sulit mengabaikan kebutuhan akan konservasi berbagai tanaman karnivora tersebut .semakin banyak yang tertarik dan berminat dengan keberadaan tanaman karnivora tersebut sehingga menimbulkan banyak kolektor tanaman jenis ini yang cenderung merusak habitat alami tanaman tersebut, yang sangat mempengaruhi keberadaan tanaman ini diluar sana.Jadi , dengan memerangi perdagangan liar dapat membantu kelangsungan hidup alami berbagai tanaman menakjubkan ini (wicak).

Implikasi: Terkadang keinginan kita untuk mengkoleksi tanaman hias hanya untuk menuruti keinginan dan hobby yang ada , akan tetapi tanpa menghiraukan kelangsungan hidup alami serta kesetimbangan ekosistem dari berbagai tanaman yang kita miliki. berbagai kolektor tanaman langka sangat bertebaran dinegeri ini cenderung menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan tanaman yang sedang digandrungi, kebanyakan yang diburu adalah tanaman  langka dan hampir mendekati kepunahan, karena disanalah menentukan kemahalan dan kekuatan koleksi dari sang kolektor tanaman tersebut. dengan artikel ini mudah-mudahan sebuah keputusan bisa diambil dan menjadi lebih bijaksan pada alam itu lebih baik untuk kelangsungan  bumi ini, hari ini esok dan selanjutnya(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/02/29/cantik-namun-mematikan-itulah-julukan-dari-10-tanaman-karnivora-ini/


6 Responses to “cantik namun mematikan itulah julukan dari 10 tanaman karnivora ini”


  1. 1 mipSwFIT
    03/07/2012 pukul 15:57

    benar2 cantik..
    yang Drosera agak seram ya..
    kira2 ukuran tanaman2 itu sebesar apa ya? mereka cuma memangsa hewan2 kecil kah?
    thx.

    • 03/07/2012 pukul 16:53

      menurut yang sudah” mansa paling besar adalah Lalat….yg agak besaran dikit belum ada, akan tetapi klo ketemu produser filem hollywood bisa lain cerita, akan dikemas jauh lebih vulgar, karena telah didramatisasi dan menakutkan…matur nuwun

  2. 03/07/2012 pukul 17:52

    ya sebesar apa sih tanaman perdu tanpa kayu?….paling juga sebesar kantung semar….atau lebih besar lagi tanaman cocor bebek atau lidah buaya….

  3. 11/23/2012 pukul 05:55

    bagus tapi nakal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter

temukan kami di Facebook


%d blogger menyukai ini: