24
Feb
12

Test Riding sebuah sepeda

Sobatsepeda, salah satu cara terbaik untuk memahami atau mengerti sebuah sepeda adalah dengan melakukan test ride.hal ini haruslah menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan seperti test drive sebuah mobil sebelum membeli jadi jangan segan-segan untuk bertanya dalam hal ini.test riding adalah sebuah bagaian yang sangat penting dalam proses pemilihan sebuah sepeda karena disanalah ditentukan model sepeda apa yang anda inginkan dan mungkin bilamana perlu ukuran yang sesuai untuk moda transportasi harian anda yang menjadi lebih nyaman serta menyenangkan. Disanalah bisa ditentukan kepribadian serta karakter anda dalam bersepeda, uraian dibawah ini mungkin bisa membantu anda dalam tahapan test ride sebuah sepeda(wicak).

Mengapa harus melakukan sebuah test ride?

Inilah hal yang sangat penting untuk mendapatkan sepeda yang sesuai untuk diri  anda dan mungkin kantong anda. melalukan test ride sebuah sepeda tidaklah harus membelinya terlebih dahulu baru mencoba seperti test ride sebuah mobil sebelum proses pembelian.Yang pasti anda tidak harus mengeluarkan uang apalagi dengan jumlah lebih untuk mendapatkan sesuatu yang belum tentu bekerja seperti yang kita kehendaki.Sepertinya di Indonesia masih jarang untuk sebuah toko sepeda yang membeiarkan calon pembelinya untuk mencoba dulu produk yang akan mereka jual, akan tetapi yang bisa kita lakukan mungkin konsultasi dulu dengan rekan atau teman yang lebih kompeten dalam urusan ini, kalau perlu menghubungan club sepeda lokal yang memiliki model atau type yang sama dengan yang akan kita beli atau untuk sekedar bertanya sebagai bahan pertimbangan. Mungkin sebuah toko sepeda juga harus mempertimbangkan untuk mengadakan sebuah event demo dari produk-produk mereka untuk lebih mendekat pada calon konsumen, yang tentunya untuk test riding produk-produk mereka sebelum diserap oleh pasar(wicak).

Pada saat melakukan test ride biasanya sebuah toko meminta kartu identitas anda untuk ditinggalkan , karena toko itu tidak akan membiarkan anda hanya sekedar mengambil sepeda , apalagi sepeda dengan harga-haraga yang cukup mahal.yang pasti mereka akan cenderung untuk tidak membiarkan produk mereka untuk sembarangan untuk dicoba terlebih dahulu terutama pada saat permukaan jalanan basah atau kondisi hari telah gelap(wicak).

Mempersiapkan sebuah test ride

Sebelum anda berada diatas sadel sepeda dan keluar ruangan untuk mencoba sepeda baru, pastikan semuanya seperti apa yang diinginkan, standar keselamatan , kondisi sepeda , bahakan cacat yang ada sebelum anda menyentuhnya dengan sedetil mungkin dan pastikan semua hingga anda benar-benar siap untuk mencobanya.Bahkan apabila kondisi sepeda yang anda sukai di toko sepeda itu  sama sekali tidak siap dikendarai seperti ban kempes dalam beberapa hari terakhir ini tentunya juga harus menjadi bahan pertimbangan khusus bagai anda. Sebuah keputusan terbaik tentunya keputusan yang ditentunkan dengan sangat hati-hati dengan banyak pertimbangan(wicak).

setup sepeda

hal pertama yang harus diperhatikan adalah semuanya terpasang dengan sempurna sebelum anda coba.Beberapa toko sepeda yang baik akan melakukan hal ini(apabila tidak , paksa mereka melakukannya) akan tetapi hal tersebut akan berbeda apabila yang akan dibeli sepeda teman sendiri,pada toko sepeda besar atau sebuah departement store mungkin hal ini harus anda lakukan sendiri. Manfaatkan beberapa kesempatan untuk menyesuakan beberapa komponen sebelum anda mengendarainya.Disini kami cantumkan link untuk menentukan berbagai ukuran yang mungkin anda perlukan.Untuk sepeda gunung ,Road bike,BMX bahkan untuk sepeda anak  semuanya bisa diubah dalam ukuran inch maupun centimeter.Serta dalam penentuan tinggi seat post juga bisa anda dapatkan disini.sesuaikan tinggi handle bars menurut kenyamanan anda.

Pastikan semua yang anda pilih sesuai dengan dimensi tubuh anda tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil semuanya sesuai ketentuan yang ada berdasarkan measuring study dengan data yang sangat valid.Untuk faktor keamanan diperlukan pengecekan fungsi rem-kalau perlu remas-remas tuas rem yang ada pastikan kampas masih memiliki daya cengkram yang baik jangan sampai dalam kondisi aus apalagi kurang pakem.Juga pastikan kondisi roda kempes atau tidak kalau perlu pompa kembali dengan tekanan yang ditentukan , jangan sampai pada waktu kita naiki kondisi skrupnya dalam keadaan kendor, tidak lucukan kalau kita ditengah tesdrive langsung kejungkal gara-gara ban lepas dari frame atau garpu depan?, pastikan juga fungsi shifter kecepatan berfungsi dengan baik lakukan quick fick dari kecepatan paling rendah sampai paling tinggi dalam kondisi sepeda masih dalam stand jadi anda paham betul bagaimana gerakan rantai tersebut hingga merubah tingkat kecepatan(wicak).

Sepatu dan pakaian sepeda

Sepatu dan pakaian yang dipakai dalam melakukan test drive sebaiknya disesuaikan dengan kondisi sepeda yang ada , seperti pedal klip atau  tidak harus dipertimbangkan . begitu juga dengan pakaian yang dipakai gunakan pakaian yang biasanya anda gunakan dalam bersepeda , kondisikan diri anda senyaman mungkin dalam berkendara sepeda saat melakukan test ride(wicak).

Gunakan helem untuk keselamatan

Hal ini sangatlah penting dan berguna dalam melakukan test ride sebuah sepeda, jadi anda bisa memastikan seberapa tekukan leher yang diperlukan untuk melihat sekeliling pada saat diatas sepeda.Apabila anda memutuskan untuk meminjam helem untuk test ride pertama-tama pastikan tidak terdapat retakan pada bagian luar helem kemudian pakialah. atur tali pengikat helem senyaman mungkin tetapi tidak terlalu ketat dan letakkan pas diatas alis anda(wicak).

Medan yang harus dilalui

Area parkir yang direkomendasikan sang penjual mungkin tidak akan bisa cukup membedakan ataupun merasakan berbagai ukuran atau ketinggian yang benar. Kondisi idealnya tenaga penjualan akan melihat anda dalam hal ini kemudian melakukan beberapa penyetelan akhir.Semuanya tergantung dari apa yang mereka ijinkan untuk anda lakukan , sebuah test ride hingga 20 menit akan memberikan indikator lebih baik tentang kemampuan sepda yang akan dibeli dengan sebuah putaran sederhana seputaran blok yang dijadikan rute pengetesan.Beberapa toko ternama biasanya memiliki beberapa rute standar pengetesan dengan jarak beberapa mil yang bisa dilewati. Mereka mungkin memaksakan untuk tetap atau hanya menggunakan rute ini, hal ini tentunya untuk menjamin keamanan anda sendiri dan tentunya juga barang dagangan mereka yang mungkin berharga cukup mahal.Dalam beberapa kasus mungkin anda ingin berkendara menjauh dari pandangan sang penjual sepeda, terutama untuk anda yang kurang percaya diri dalam bersepeda.Dalam pengetesaan Ideal tentunya anda menginginkan beberapa loop yang mencakup berbagai variasi medan seperti tanjakan , turunan , medan rata dan kecepatan tinggi dimana anda bisa mendapatkan platform keuanya baik atau buruk. Jika anda tidak familiar dengan medan yang ada tidak ada salahnya apabila anda bertanya dengan yang lebih paham dengan dengan area sekitar yang tentunya menggabungkan berbagai medan(wicak).

Bagaimana untuk mengatakan bahwa sepeda sesuai atau tidak

Tentunya setelah anda melakukan test ride dan mengendarainya , dengan berbagai pertimbangan setelahnya , disanalah dapat anda putuskan apakah sepda ini sesuai dan pas untuk anda(wicak).

Kemampuan dalam mengatasi medan

Melakukan Test riding sebuah sepda dengan berbagai medan yang dilewati adalah cara terbaik untuk melihat bagaimana menangani tikungan , tanjakan , turunan dan berbagai variasi permukaan. Cobalah melakukan test ride khusus seperti yang anda ingin lakukan , meski mungkin saat itu sulit mendapatkan single track atau landasan jumping diluar toko sepeda untuk sepeda gunung atau BMX.Pastikan test ride yang ada lakukan dalam kondisi aman dengan berbagai medan yang dilewati saat pengetesan. Kemudian anda bisa bertanya pada diri sendiri apakah sepeda yang anda kendarai sesuai dengan yang anda inginkan apa tidak , apakah menanjak dengan mudah, perpindahan kecepatan dengan mudah dan range gigi yang benar?(wicak)

Kenyamanan

Untuk mendapatkan kenyamanan dalam bersepeda cara terbaik adalah mencobanya dengan berkendara di ruangan terbuka dengan area cukup luas .Dapat anda putuskan bagaimana posisi duduk yang paling nyaman , contohnya pada sepeda Hybrid dengan posisi duduk tegak, atau untuk sepeda balap (road bike) dengan pertimbangan yang paling nyaman dibutuhkan apalagi pada saat anda gunakan untuk pergi ketempat kerja(wicak).

Kapasitas angkut

Apabila anda berencana untuk melakukan beberapa touring kemampuan atau kapasitas angkut sepeda dalam membawa beban.Apabila frame dibangun dengan material sangat ringan anda mungkin harus mempertimbangkan untuk meninggalkan beberapa barang penting atau beresiko overloading. Atau dengan alternatif lain untuk sepeda jenis ini untukmembawa beban lebih banyak dan berat adalah dengan menambahkan asesoris seperti sebuah kontainer tarik, yang dapat dipasang dan dilepas kembali saat anda berencana melakukan sebuah tour. Atau mungkin pada saat anda menetukan tour dengan menggunkan sepeda gunung yang mungkin menghadapi medan kasar akan lebih baik dan lebih mudah dalam mengangkut beban(wicak) .

Layanan lokal

Menilai seseorang atau toko dalam mejual sepeda mereka selalu berusaha menjadi penjual secerdas mungkin . Dimana motif penjualan  sepeda yang mereka suguhkan dengan benar-benar mempertimbangkan ,seberapa banyak sepeda yang mereka sediakan itu memenuhi kebutuhan anda ? bagaimana dukungan berkelanjutan serta berbagai saran yang bisa  mereka sediakan diluar penjualan?(sebagai layanan after sale service), apabila semua layanan itu tidak mereka seiakan anda bisa memanfaatkan jaringan teman yang ada , atau mungkin komunitas sepeda dan toko lain yang mungkin menyediakannya. Pembelian sepeda pada sebuah departemen store tentunya tidak akan menyediakan layanan lebih lanjut, mungkin toko sepeda lukal akan memberikan pengecekan rantai gratis atau berbagai tips karena anda telah membeli disana(wicak).

Apakah sepeda ini sesuai atau tidak

Jatuh cinta pada test ride pertama bisa baik aau juga bisa berakibat buruk.Namun apakah anda merasa tidak benar atau mungkin masih mencari, dan mencoba sepeda lainnya , periksa unkuran frame , ketinggian sadle , handle bars , tekanan ban  dan lain-lain .sebelum anda melakukan test ride(wicak).

Membandingkan sepeda

Pada saat anda mencoba lebih dari satu sepeda , terdapat sebuah cara sederhana untuk membandingkan perbedaanya.Anda harus bisa merasakan perbedaan bagaimana percepatan sepeda saat dipedal dalam posisi berdiri atau duduk .Saat menaiki tanjakan akan sangat terasa perbedaan tersebut, karena sepeda yang baik dapat mempermudah anda dalam menanjak dengan rasio gigi sesuai sehingga anda mendapatkan tenaga serta kecepatan optimal dengan desain sangat bagus.Juga pertimbangkan saat melalui sebuah lubang atau benjolan  atau medan kasar: cobalah melewati beberapa polisi tidur dan trotoar . Sepeda yang baik akan memberikan anda kecepatan lebih, yang tentunya hal ini sangat ditentukan oleh faktor emosional(kwalitas emosi anda )yang cenderung subyektif dalam menentukan kwalitas yang mungkin akan membawa anda pada sebuah alasan yng mungkin tidak masuk akal.Jika anda belum bisa memutuskan sepeda seperti apa yang anda inginkan, mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan anda seperti beberapa hasil pengamatan untuk mendapatkan yang lebih awet, dengan komponen lebih baik, lebih murah atau berbagai kwalitas lain yang ingin anda dapatkan(wicak).

Implikasi: Mendapatkan sebuah sepeda yang diingikan memerlukan berbagai pertimbangan yang sangat hati-hati. apalagi dengan harga yang bisa dibilang tidak murah. manfaatkan jaringan teman atau komunitas sepeda yang ada, pasti mereka dengan senang hati membantu anda dalam hal ini.dengan berbagai uraian kami diatas semoga dapat bermanfaat bagi anda yang baru memiliki keinginan membeli sepeda baik baru atau bekas(wicak).

Iklan

0 Responses to “Test Riding sebuah sepeda”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: