18
Feb
12

Rasakan nafas Indonesia melalui expedisi gunung api

Gunung Agung in Bali

Photo: Remy Fesnoux

Sobatsepeda, Negara kita sangat terkenal kaya akan gunung api , tercatat sekitar 120 gunung berapi tersebar dan membentuk negara kepulauan ini ,Sangat sulit menghindar dari keberadaannya karena hampir disetiap pulau besar selalu ada.Seakan memberikan kehidupan serta kematian sekaligus saat meletus dan setelahnya, gunung-gunung tersebut seakan tumbuh beserta akar budaya masyarakat sekitarnya. gambar-gambar tersebut adalah hasil penelusuran kami selama lebih dari 3 tahun dalam mengekplorasi gunung-gunung api yang ada di kepulauan Indonesia(wicak).

Javanese countryside

Photo: Noan Fesnoux

Photo ini hasil penjelajahan kami dari wilayah Jawa Barat kearah timur dan masih dalam bentangan pulau jawa bagian dari Nusantara , kita mulai dengan …..

Bandung

Dikelilingi dengan kota-kota kecil dimana tinggal jutaan orang disana, kaki-kaki gunung sangat mondominasi serta menghiasi pemandangan sekitar kota bandung. sementara pemandangan utara dari kota ini adalah Jakarta, dan kebanyakan gunung-gunung tersebut sangat mudah diakses dari kota bandung . Seperti pada gambar dibawah Gunung tangkuban perahu yang memang hampir mirip perahu yang tengkurap, dan berbagai cerita rakyat yang melatar belakangi keberadaan tempat tersebut. Dengan akses jalan yang cukup mudah , puncak gunung ini biasanya sangat ramai dikunjungi orang(wicak).

Tangkuban Perahu

Photo: Noan Fesnoux

Sementara disekitar area tersebut terdapat juga Gunung Gede ,yang menawarkan petualangan liar dari pemandangan sebuah gunung api.Dengan waktu pendakian sekitar 6 jam yang cukup melelahkan hingga kepuncak serta bibir kawah besar.Terdapat juga air terjun yang merupakan sumber air panas menghiasi perjalanan dengan aura cukup magis, yang cukup memberikan kehangatan serta waktu istirahat bagi para pendaki yang sering diserang hawa dingin saat menyusuri jejak gunung berapai yang ada(wicak).

Dataran Dieng 

Dieng Panorama

Photo: Noan Fesnoux

Gunung berapi biasanya memunculkan bayangan kematian serta kehancuran , akan tetapi abu yang dihasilkan dari proses vulkanik akan memberikan kesuburan yang luar biasa bagi kelangsungan tanah pertanian disekitarnya.Khususnya pertanian ditanah jawa yang terkenal sangat subur dengan fakta yang ada(wicak).

Seperti dataran Dieng ini .meskipun terletak didataran yang curam , wilayah pegunungan ini ditutupi dengan berbagai vegetasi sayuran hasil pertanian. Meski berada di daerah beriklim tropis namun ketinggian akan menjadikan daerah ini tidak pernah bahkan jarang memiliki temperatus panas (wicak).

Arriving on the Dieng Plateau

Photo: Noan Fesnoux

Alam pegunungan sangat segar dan alami terlihat sebuah mobil menaiki tanjakan menuju dataran tinggi ini .disetiap sudut pemandangan terlihat siulet segitiga gunung berapi, mungkin karena itulah anak-anak sekolah dasar kalau menggambar pemandangan selalu menggambar dua gunung dan hamparan sawah disekitarnya serta sebuah jalan ditengahnya, mulai kapan juga tidak diketahui sumber ataupun referensinya(wicak).

Sulfur lake in Dieng

Photo: Noan Fesnoux

Setelah dataran tinggi , sebuah keheningan yang cukup aneh meliputi segenap pemandangan .Angin dataran tinggi yang selalu terhambat lingkar gunung vulkanin kuno.pada pemeriksaan lebih dekat , meskipun kaldera ini cukup aktif , danau dengan kandungan belerang didalamnya dan terus-menerus mendidih …..(wicak)

A vent in Dieng

Photo: Noan Fesnoux

… dan mendidih terus menggelegak yang memang merupakan ventilasi dari dapur magma kental yang berada dibawahnya . Pada beberapa situs , terdapat jaringan pipa sebagai prasarana pemanfaatan  energy geothermal(panas bumi ) terlihat cukup berserakan diwilayah pedesaan(wicak).

Merapi , merupakan gunung berkawah erupsi paling aktif didunia

Melihat peta pulau jawa anda bisa melihat bahwa pulau ini bagaikan memiliki tulang punggung yang merupakan  gunung berapi .Pulau ini bagaikan lahir dari sebuah jajaran gunung berapi .dan kan terus tumbuh dan berkembang yang memang wilayah tersebut duduk pada sebuah lingkaran cincin api (wicak).

Central Java Scenery

Photo: Noan Fesnoux

Apabila ingin melihat seberapa besar gunung berapi yang kita lihat maka kita harus mendaki salah satu dari mereka , rasakan nafas vulkanis disana(wicak).

Mt Merbabu

Photo: Noan Fesnoux

Ben Atop Gunung Merapi

Photo: Noan Fesnoux

Gunung Merapi, hanya 2 jam perjalanan sebelah utara Keraton(Istana) Jogjakarta, yang merupakan tempat yang sangat indah untuk memulai petualangan . Saat itu kami memulai mendaki pada musim hujan , Waktu terbaiknya adalah lewat tengah malam . setelah 6 jam pendakian terlihat matahari di ufuk timur yang terus menanjak dan menghangatkan tulang kami yang pada waktu itu terserang hawa dingin.Mulai terlihat kembaran gunung ini yang bernama Gunung Merbabu ,yang memberikan kesempatan yang cukup sempurna bagi kita untuk mengukur seberapa tinggi kita telah mendaki (wicak).

Puncturing the clouds at dawn

Photo: Noan Fesnoux

Puncak lain terlihat dari jarak yang cukup jauh , dan masing-masing tertutupi gumpalan awan dipuncaknya bagaikan sebuah kabaret yang terdiri dari awan lenticular(wicak).

The flanks of Merapi

Photo: Noan Fesnoux

setelah hampir semalaman pendakian , melihat kebawah  kebawah akan lebih mengejutkan dengan pemandangan yang menakjubkan.Setelah melihat kebelakang, kami melihat gumpalan awan pada gambar sebelah kiri yang merupakan bukti sebuah uap vulkanik sebuah gunung berapi. Saat pendakian terakhir kami menuju bibir kawah kami sempat agak bingung dengan dengan gejala yang ada, bahkan beberapa meter kebawah menuju bibir kawah dengan tekanan udara meningkat (wicak).

Gunung  Bromo

Tentunya siapa yang tidak kenal gunung Bromo dengan pemandangan yang cukup menakjubkan, serta hamparan pasir vulkanik yang paling terkenal di Indonesia bahakan di Dunia , taman nasional ini sebenarnya terdiri dari beberapa gunung berapi yang sebenarnya terletak pada sebuah Supervolcano yang terbaring dengan kondisi dorman(wicak).

Mount Bromo Crater

Photo: Noan Fesnoux

Terlihat hamparan pasir hitam yang sebenarnya berasal dari abu vulkanik yang menyebar rata membentuk padang pasir, beberapa vegetasi mulai merambah kawasan itu , kan tetapi hamparan pasir mondominasi luasan yang ada, sehingga mayoritas masih merupakan hamparan pasir vulkanik(wicak).

Mt. Bromo and Batok

Photo: Noan Fesnoux

Ditengah hamparan pasir hitam tersebut berdiri juga Gunung Batok, berdiri hampir sama tinggi dengan gunung Bromo yang memang posisinya hampir berdekatan. Pada sat kondisi cuaca cerah dapat juga terlihat pemandangan gunung Semeru dari kawasan tersebut , yang terlihat seakan dibelakang gunug ini.Seperti kita ketahui , Gunung Semeru adalah termasuk gunung tertinggi di Pulau jawa dan paling aktif di Indonesia(wicak).

Parched landscape in Bromo Nat. Park

Photo: Noan Fesnoux

Terlihat lansekap pemandangan yang ada sangat beraneka warna . Hamparan pasir hitam yang dipadu kontras dengan kesegaran warna hijau rerumputan yang menghiasi lereng gunung hingga bibir kawah .inilah permukaan gunung batok yang kaya dengan vegetasi yang ditutupi rerumputan tinggi dan pepohonan pinus kecil(wicak).

The flanks of Bromo

Photo: Noan Fesnoux

Pemandangan diluar kawah , jauh lebih hijau . Ladang sayur dan hijau pepohonan hutan seakan bersaing untuk menutup permukaan tebing yang curam . Sepertinya aliran air juga ikut mengukir kedalaman lembah ini begaikan pisau cukur dengan sisi tajam membelah permukaan yang ada.Mungkin penduduk lokal pernah membayangkan sebuah dataran yang cukup luas dan sama datarnya dengan lapangan sepak bola,bagaikan suatu hal yang sulit dijumpai bahakan untuk dibayangkan(wicak).

Gunung Agung di Bali

Jawa tentu bukan satu-satunya pulau yang memiliki gunung berapi aktif. pada bagian lain Indonesia juga terdapat beberapa gunung api aktif yang siap memuntahkan kemarahan  sewaktu-waktu.Langsung saja kita menuju bagian timur pulau jawa yang terkenal sebagai pulau dewata yaitu Bali(wicak).

Disini , seperti di pulau jawa , Budaya masyarakat sekitar sangat kental dengan perkembangan gunung api tersebut, bahkan pada gunung agung (pada gambar diatas ) dan gunung batur yang mengakar dalam sangat kuat dengan perkembangan budaya dan tradisi mereka(wicak).

Manado, Sulawesi Utara:

Beberapa gunung api diIndonesia bagaikan permukaan yang patah dan membentuk kepulauan disekitarnya(wicak).

Manado Tua in Bunaken

Photo: Remy Fesnoux

Sulawesi utara juga kaya akan gunung api ,Terdapat sejumlah gunung api yang terdaftar dan telah kami jelajahi. Dan yang paling mudah dan paling banyak dikunjungi adalah Manado Tua , yang terbaring diluar kota Manado.Turis datang dari seluruh penjuru dunia untuk menyelam dan menyaksikan taman terumbu karang yang sangat menakjubkan, dan terdapat bonus pemandangan matahari terbenam setiap menjelang malam yang dapat dilihat dari balik puncak muda(wicak).

Keberadaan Indonesia sangat sulit dipisahkan dari gunung api.Karena sangat terkait erat dengan pemandangan yang ada serta akar budaya yang selalu tumbuh dan berkembang, yang merupakan bukti nyata keselarasan hidup budaya manusia dengan alam (wicak).

Crossing Java by plan

Photo: Noan Fesnoux

Bahkan dari ketinggian 10000 kaki , puncak gunung itu tetap tetap terlihat berdiri tegak …

Implikasi: banyaknya pegunungan berapi di bumi Indonesia ikut mewarnai corak serta gradasi budaya masyarakat sekitar. meski sebuah gunung berapi bagaikan kepingan mata uang dengan dua sisi berbeda, di suatu sisi memberikan kehancuran bahkan kematian akan tetapi disisi lain memberikan kesuburan tanah dan sangat dibutuhkan dalam sebuah sistim pertanian.masih banyak kekayaan bumi ini yang belum kita eksplorasi dan gali. kami tunggu petualangan kalian untuk kemudian berbagi dengan kami disini Sobatsepeda(wicak)

Sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/02/18/rasakan-nafas-indonesia-melalui-expedisi-gunung-api/

Iklan

0 Responses to “Rasakan nafas Indonesia melalui expedisi gunung api”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter


%d blogger menyukai ini: