16
Feb
12

Balap sepeda gunung Endurance, apakah itu ?

Sobatsepeda,Subyek yang kami bahas kali ini adalah “Balapan endurance” ini cukup sulit untuk didefinisikan, mungkin menurut pikiran anda tentang endurance sangat berbeda dengan balapan sepeda gunung yang ada.berdasarkan yang terdapat pada situs the orienteering terdapat poin , salah satu penggunanya menuliskan bahwa ini merupakan sebuah even yang diawali dengan kesenangan , akan tetapi pada saat mencapai pertengahan etape mereka akan berkata : saya benci olah raga ini , mengapa saya melakukannya ? akan tetapi setelah 10 menit berlalu dan perlombaan ini telah selesai , kamu akan menemui sisi menarik dari lomba ini dan sangat menyukainya.bahkan menurut Union Cycliste Internationale atau UCI , telah menentukan standar tentang apa yang dinamankan balapan adu ketahanan atau endurance pada sepeda gunung(wicak).

Definisi

sebuah sepeda gunung atau mountain bike didesain khusus dengan ban dengan kegunaan serta daya tahan lebih (heavy duty), gear multi speed dan handel bar horizontal yang dapat melalui berbagai jenis medan serta rintangan. Dan balapan daya tahan sepeda gunung atau yang sering disebut sebagai mountain bike endurance race merupakan kombinasi dari ketahanan fisik , kekuatan mental dan kematangan teknik dalam melalui berbagai medan(wicak).

Implikasi

Pada sebuah balapan daya tahan sepeda gunung , kamu akan berkendara cukup lama untuk menguji kemampuan dalam mengatasi aktifitas yang cukup menegangkan selama jangka waktu tertentu.menurut Shaun taylor ,yang merupakan salah satu pembalap daya tahan sepeda gunung serta pemilik sebuah situs pembinaan dengan pelayanan on-line, mendefinisikan bahwa balapan endurance merupakan sebuah balapan sepeda yang memiliki durasi lebih dari 6 jam .beberapa even balapan sepeda gunung memiliki durasi lebih dari 6 jam, sementara beberapa even yang lain sampai menghabiskan waktu beberapa hari(wicak).

Sejarah

Sejarah balapan sepeda gunung pertama di populerkan pada awal 1980-an. Kompetisi  pada waktu itu diadakan di California : semenjak itu , balapan sepeda gunung menjadi lebih semakin berkembang pesat dan sangat populer dikalangan atlit. Dan pertama kalinya UCI-memperkenalkan kejuaraan tingkat dunia pada sebuah even yang dilaksanakan pada tahun 1990. Dan piala dunia dalam mountain biking dimulai pada tahun 1991. perlombaan daya tahan sepeda gunung terbuka baik untuk pembalap profesional maupun masyarakat umum .Contohnya pada even LeadVille 100 , yang juga mengakomodir para amatir atau bukan pembalap.Balapan diatur agan memenuhi standar keselamatan dengan menetapkan waktu check-point . untuk pengendara sepeda yang tidak memenuhi waktu kuota check poin tidak bisa melanjutkan balapan berikutnya(wicak).

Jarak

UCI mendefinisikan sebagai maraton atau even daya tahan sebagai balapan dengan jarak sekitar 60 sampai 120 km atau sekitar 37 sampai 74,5 mile. Pada sebuah komunitas pembalap sepeda gunung di  Amerika bagian utara , yang terbiasa melewati berbagai medan terjal dalam balapan sepeda gunung dengan jarak 100 mil.Balapan sepeda gunung endurance mencakup berbagai jenis medan , termasuk medan berat(single track) , medan menajak dan menurun .Terdapat pit stop bantuan , untuk mencegah kekurangan nutrisi serta dehidrasi,disediakan pelatihan berkala sepanjang khursus,memungkinkan pembalap untuk mengisi energi kembali selama perjalanan yang cukup panjang itu(wicak).

Sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/02/16/balap-sepeda-gunung-endurance-apakah-itu/

Iklan

0 Responses to “Balap sepeda gunung Endurance, apakah itu ?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: