11
Feb
12

Daur ulang sampah di Russia : Sebuah hasil wawancara dengan Eco Company No.More.Trash

Mixed bottles for recycling

Photo: Steve Bullivant

Sobatsepeda,Sampah menjadi urusan pelik yang tidak ada habisnya dari waktu-kewaktu, apalagi dikota-kota di Indonesia, tanpa pernah terlihat penanganan serius dan berkelanjutan ,  Inilah hasil penelusuran kami tentang samapah yang berhasil kami kutip dari  wawancara Environmental Graffiti (EG) dengan Yulia (Y)seorang anggota Musora.Bolshe.Net atau  No.More.Trash.Sebuah perusahaan yang merupakan runner up dari sebuah kompetisi  “Social entrepreneurship is our future“, yang diselenggarakan oleh portal terbesar dan terlengkap di Russia dalam bidang Green/holistik berkelajutan OboMnenie(wicak).

Musora.Bolshe.Net adalah sebuah ormas yang didirikan atas inisiatif swasta pada tahun 2004.Saat ini telah didirikan 30 pusat dari 20 kota di Russia dan CIS , Yang berkantor pusat  di St.Petersburg(wicak).

Musora.Bolshe.Net telah terdaftar sebagai salah satu perusahaan peduli hijau pertama dengan produk bermerek  OboMnenie  dan terdaftar dalam sebuah data base EcoShop yang menawarkan berbagai informasi tetang dimana mereka mendapatkan produk serta pelayanan hijau di Russia. Dan ini hanya sebuah database untuk layanan hijau di Russia untuk masa sekarang.Selain bisnis lokal ,ecoShop juga membuka peluang untuk produsen luar negeri dalam memasarkan produk hijau mereka di pasaran lokal dengan mendaftarkan produk mereka berbahasa Russia untuk dilihat para distributor dan importir lokal(wicak).

Trash in the neighborhood

Photo: Anne Oeldorf-Hirsch

Di Eropa, Masyarakat menyikapi masalah daur ulang sangat serius .bukan hanya kepedulian pribadi atau masing-masing , mereka juga sangat berhati-hati memilah jenis sampah yang mereka buang  dalam tempat-tempat yang telah disediakan khusus.tidak satu pun terlihat penduduk yang melempar sampah seenaknya dijalanan. bagaimana situasi sebenarnya di Russia? (wicak)

Sangat terlihat jauh berbeda, rata-rata masyarakat disana sama sekali tidak peduli tentang sampah apalagi pemilahannya, Sangat tidak peduli dengan keberadaan sampah disekitar.Namun dibalik itu semua, terdapat berbagai aktivis , mahasiswa dan kalangan generasi  muda khususnya yang tertarik dengan perubahan paradigma tersebut(wicak).

EG:Tolong ceritakan apa yang menjadi pekerjaan anda dalam hal ini , apa misi anda ? darimana motivasi perusahaan anda didirikan ?

Yulia: Tujuan utama dari gerakan ini adalah merubah sikap masyarakat dan pendekatan terhadap alam akan tetapi hal ini masih sejauh dalam masa perkembangan.Dalam hal ini pemerintah sama sekali belum ada proyek ke arah sana. karena itulah hal ini termasuk sangat sulit.Dan semuanya harus dimulai oleh relawan. dan misi utama dari organisasi kami adalah untuk merubah sikap  terhadap sampah pada semua tingkat kesadaran  publik, dari kalangan masyarakat biasa sampai pegawai pemerintahan. Tujuannya adalah untuk memecahkan masalah tentang pembuangan sampah,polusi dan pembangunan pabrik pengolahan yang terus berkembang dari waktu ke waktu.dan yang paling penting , akar masalah diatas adalah kurangnya pemahaman kultural serta kepedulian akan habitat mereka sendiri. Organisasi ini telah menerima berbagai penghargaan dari berbagai kompetisi , termasuk didalamnya  “Our Town” (2007) dan  “National Public Award for volunteering” (2008)(wicak).

Misi kami adalah tentang bebas sampah dan tentang sampah yang memiliki nilai sumber daya.Dan telah banyak perusahaan sejenis yang bertujuan membersihkan semuanya. Saya bergambung dengan perusahaan ini 3 tahun lalu. Kegiatan kami salah satunya beberapa waktu yang lalu adalah “garbage is our mission“ yang betujuan untuk membersihkan sampah sebelum tanggal 17/09/2011 di wilayah Leningrad(wicak).

Juga penanaman pepohonan dikota-kota, untuk membantu masyarakat Russia agar bernafas lebih mudah .Penanaman hutan kembali . sebuah arah baru yang telah kami mulai pada tahun 2009(wicak).

Motivasi pribadi saya setelah membaca tentang perusahaan ini pada awalnya , saya pikir ini adalah hal bagus untuk berbuat sesuatu untuk alam dan saya sangat antusias untuk ikut membuat sebuah perubahan dan saya ingin menjadi bagian dari gerakan ini(wicak).

DSC00826, St. Isaac's Square, St. Petersburg, Russia

Photo: Jim G, jimg944

EG: Strategi daur ulang apa yang diberlakukan di Russia ?

Y: Cara awal dari semua, kepedulian akan hal ini perlu dibentuk. Karena masyarakat sama sekali tidak memiliki kebiasaan untuk memilah sampah,tidak ada dalam pikiran masyarakat Russia.Perusahaan ini memperkerjakan pegawai yang bertugas untuk memilah sampah ,sebagian besar dari mereka adalah relawan.Juga, setiap bulannya terdapat kegiatan atau  program yang berbeda dan berpindah-pindah tempat, seperti membersihkan tempat disekitar danau.Para relawan dan masyarakat sekitar yang berdekatan akan saling bantu .Kami mencoba memotivasi masyarakat untuk menolong dan menunjukkan pada mereka bahwa sampah atau limbah bisa dijadikan sumber daya sekunder dan bukan hanya sekedar sampah yang hanya bisa dibuang(wicak).

contohnya, salah satu proyek kami telah ditampilkan dalam sebuah pameran produk yang terbuat dari sampah.

Juga , pada tanggal 11 September 2010, lebih dari 50 ton sampah yang telah kami kumpulkan melalui aksi massa dalam membersihkan sampah di St.Petersburg dan sebagian wilayah Leningrad . melaui media  Internet serta berbagai web portal dan alur informasi dari mulut ke mulut juga teman sekelas ketika kami masih sama-sama bersekolah di sebuah Universitas , kami bisa merekrut beberapa relawan untuk bekerja(wicak).

Para relawan kami pisah-pisah dalam sebah kelompok yang lebih kecil dengan satu kepala kelompok. para ketua kelompok saling berhubungan satu sama lain dan kemudian menjangkau para relawan.Setelah sampah dikumpulkan , kemudian dipilah dan sebuah bagian digunakan untuk proses daur ulang(wicak).

Single Bin Recycling

Photo: Michael Coté

EG: Sebelumnya, sampah dibuang dengan mudah menuju tempat khusus pembuangan sampah yang biasanya diuar wilayah perkoptaan. Menurut kementrian sumber daya alam Federasi Russia , hanya sekitar 30 % total sampah atau sekitar 3,5 milyar ton setiap tahunnya yang bisa diproses daur ulang . Adapun limbah perkotaan , hanya 5 % yang bisa didaur ulang . Tanpa bantuan masyarakat sekitar untuk memilah sampah , rasanya bukan hal yang mudah untuk memperbaiki angka diatas .Apakah solusi yang bisa dilakukan ? langkah seperti apa yang akan diambil untuk mencapai pendekatan realistis dalam menerapkan strategi daur ulang?(wicak)

Y: Sayangnya , tidak semua orang mau melakukan hal ini dan beberapa masyarakat kalangan tua Russia mempunyai kebiasaan untuk mengkoleksi barang-barang yang tidak bermanfaat dan pekakas  kuno seperti : furnitur, pakaian  dan lain-lain.Mereka tetap menyimpan semua itu karena samapah ya tetap sampah , sama sekali tidak ada gunanya. Generasi muda sama sekali tidak peduli dengan alam , mereka sangat meng abaikan. Banyak kalangan muda lain yang benar-benar tertari dengan adanya perubahan dan kebanyakan dari mereka adalah ari kalangan pelajar dan mahasiswa, para aktivis serta organisasi sekolahan(wicak).

Proyek yang lain adalah Ekoblok. Proyek ini bertujuan membangun platform untuk memilah sampah pada kontainer-kontainer  yang telah disiapkan pada rumah hunian.dimana masyarakat sekitar mentolelir sampah yang tidak dipilah pada lokasi konstruksi dan tempat pembuangan sampah .Pada lantai kontainer , terdapat kontainer dengan penutup yang telah dipasang untuk memilih sampah  yang bisa dimanfaatkan sebagai sumber daya sekunder .Sampah yang masih tercampur akan ditangani oleh kontraktor yang akan memilha sampah yang memiliki nilai jual sebagai sumber daya sekunder yang akan dipindahkan pada kontainer yang bisa di kunci yang akan ditangani oleh sebuah sub kontraktor.Warga yang ingin mengumpulkan sampar dengan metode terpisah juga memiliki kesempatan yang sama dan melihat bahwa mereka bisa juga memberikan andil terdapat pertambahan nilai sampah dan lingkungan disekitarnya(wicak).

Recycle Logo From Recycling Bin

Photo: chrissatchwell

EG: Apakah masyarakat Russia bisa dibuat peka bahwa kenyataannya daur ulang sampah bisa menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan?

Y: Hal ini sangat sulit untuk membuat mereka percaya bahwa daur ulang sampah dapat menjadi sebuah bisnis yang sangat menguntungkan . ini merupakan ide sangat baru bagi mereka dan mereka akan mulai mengerti mungkin kira-kira sekitar 5 tahun kedepan(wicak).

EG: Apakah masyarakat Russia di ajarkan etika sederhana tentang daur ulang sampah?

Y: Ya , saya tentu berharap demikian , dan sangat berharap pada generasi yang lebih muda akan memperhatikan alam , dan sebagian besar relawan adalah pelajar atau aktivis yang terlibat pada sebuah misi untuk membuat sebuah perubahan (wicak).

Yulia, kami sangat berterima kasih untuk bisa berpartisipasi dalam wawancara ini !

Implikasi: Sampah memang selalu menimbulkan masalah pelik di negeri ini,namun melalui sebuah penanganan dan kesungguhan bukan hal yang mustahil bisa ditanggulangi bersama.Kita mendengar berbagai kasus seperti Leuwi Gajah,Bantar gebang dan masih banyak lagi , yang merupakan solusi kuno yang sudah tidak  layak pakai untuk menangani sampah, Dengan hanya dibuang ketempat yang jauh dari wilayah perkotaan, dan mengorbankan masyarakat sekitar lokasi pembuangan. Russia sudah berfikir 5 tahun kedepan Bagaimana dengan Indonesia? dari tahun-ketahun selalu menimbulkan masalah sosial yang cenderung berkepanjangan.Pencegahan jauh lebih mudah daripada penanggulangan(wicak).

sumber: https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/02/11/daur-ulang-sampah-di-russia-sebuah-hasil-wawancara-dengan-sebuah-eco-company-no-more-trash/


0 Responses to “Daur ulang sampah di Russia : Sebuah hasil wawancara dengan Eco Company No.More.Trash”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter

temukan kami di Facebook


%d blogger menyukai ini: