03
Feb
12

Tips aman bersepeda ditengah lalulintas super sibuk

Sobatsepeda, Mencoba berpola hidup lebih hijau dan ramah lingkungan , merubah gaya hidup dari kendaraan yang mengeluarkan asap dari knalpot menjadi sebua kendaraan yang lebih ramah lingkungan tanpa emisi mungkin sebuah jawaban. akan tetapi apakah cukup aman selama bersepeda dijalanan yang cukup ramai terutama pada jam-jam sibuk?(wicak)

Apabila anda lebih suka berkendara sepeda ditengah padatnya lalu lintas  , anda harus sangat hati-hati karena mungkin akan membahayakan nyawa anda apa bila anda tidak benar-benar memahami karakter lalu lintas dimana anda bersepeda. Atau Setidaknya, anda menjadi orang yang super panik dengan mencengkeram grip stang terlalu kuat ?yang pasti hal itu juga sangat mudah membuat anda terlibat dalam sebuah kecelakaan lalu lintas. Sekedar tahu saja, bahwa kebanyakan pengendara sepeda di belahan bumi mana saja terutama yang memiliki karakter lalu lintas sangat sibuk dan cenderung  macet akan menjangkau tempat tujuan lebih cepat dengan effisiensi waktu lebih tinggi di kota-kota yang memiliki populasi  penduduk sangat padat(wicak).

Maka dari itu anda harus mengetahui cara terbaik untuk bisa mengambil berbagai keuntungan dari moda sarana transportasi tersebut.Di bawah ini kami cantumkan berbagai tips aman untuk berkendara sepeda ditengah hiruk-pikuk lalulintas padat , agar anda memiliki pengalaman lebih baik dalam bersepeda(wicak).

Gunakan akal sehat anda

Bukan hanya sekedar menggunakan helem kemudian semua aman, ada beberapa poin yang perlu agan sekalian pertimbangkan :

• Pahami karakter dari rute yang anda ambil dalam bersepeda. mungkin anda harus memanfaatkan jalur sepeda yang ada. Apabila tidak ada , ambil jalur yang longgar dengan temperamen agak lambat seperti pada bahu jalan yang lebar(wicak).
• Hindari kondisi gelap pada saat temperamen lalulintas yang tinggi atau sibuk , atau bekali lampu penerangan depan atau belakang(lampu merah kedap-kedip) untuk mempermudah kendaraan lain melihat sepeda anda(wicak).
•sebisa mungkin gunakan road bike karena untuk melalui lalu lintas aspal diperlukan manuver yang lebih sigap dan cepat(wicak) .
• Lawan arus lalu lintas , karena cara ini membuat anda lebih mudah terlihat oleh mobil saat  melintas , karena akan dianggap sebagai mobil lain dari arah berlawanan, untuk tips ini hanya dipakai pada saat berkendara sendiri dan kecepatan rendah, yang pasti lihat kondisi jalan serta prilaku sopir daerah tersebut(wicak).
•jangan terlalu dekat dengan mobil yang sedang diparkir. apabila memang harus, pastikan bahwa didalam mobil tersebut tidak ada orang yang kemungkinan tiba-tiba terbuka pintu saat anda melintas dari belakang(wicak) .

Buka telinga dengan baik

Sebaik mata anda melihat belum tentu menghindarkan anda dari bahaya yang kemungkinan mengancam, karena resiko bahaya tidak bisa hanya mengandalkan mata anda saja.Dengarlah semuanya dengan baik dan pasti  akan menghindarkan anda dari berbagai bahaya melalui signal yang mungkin anda dapat untuk menjaga jarak agar tetap aman saat berkendara.Selain melihat situasi sekitar dengan tidak lupa melihat kebelakang melalui bahu anda secara teratur ,akan membantu anda agar selalu menempati posisi yang cukup aman. sekaligus hal ini membantu anda untuk menentukan waktu yang tepat saat akan mengambil manuver yang dibutuhkan(wicak).

Tour de France Peleton

Photo: anthonycramp

Pelan-pelan

Hal ini sangat dianjurkan pada saat anda melalui sebuah persimpangan jalan agar mengurangi kecepatan.Ingat ,bahwa kemampuan melihat adanya bahaya dipersimpangan kurang bergitu baik karena banyak penghalang, dan jangan pernah berfikir bahwa setiap orang mentaati berbagai peraturan lalulintas apa lagi sopan berlalu lintas.Pada saat mendekati persimpangan jalan , waspadai lalul intas sekitar anda , baik kiri kanan maupun depan belakang anda , yang mungkin harus bergantian untuk melalui jalur yang akan anda lewati(wicak).

Signal yang diperlukan saat mobil mendekat

Pada saat berkendara cukup cepat dan dan datang mobil menunggu untuk memotong jalur anda , waspadai kendaraan tersebut , memotong terus berhenti atau sekedar memotong dan melanjutkan  perjalanan , semua pastikan dengan seksama dan persiapkan rem anda yang kemungkinan sangat diperlukan pada saat itu. hal ini membantu anda untuk memastikan bahwa pengemudi lain benar-benar melihat anda atau tidak . selalu siap melakukan manuver dengan cepat tanpa ragu karena hal itu akan membantu kesigapan anda dijalan raya(wicak).

Implikasi: Berkendara sepeda memang sehat , karena bisa membakar kadar gula dalam darah . lemak dibawah kulit serta berbagai protein yang mengendap didalam tubuh. akan tetapi apa bila berhubungan dengan arus lalulintas yang cukup sibuk diperlukan tingkat kewaspadaan yang cukup tinggi dan selalu siap melakukan manuver yang diperlukan.Selain harus mentaati peraturan lalulintas. meski di negeri ini belum banyak tersedia jalur sepeda akan tetapi masih relatif aman untuk pengendara sepeda, tetap semangat dan selalu jaga kesehatan anda dengan bersepeda(wicak).

Sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/02/03/tips-aman-bersepeda-ditengah-lalulintas-super-sibuk/

Iklan

0 Responses to “Tips aman bersepeda ditengah lalulintas super sibuk”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: