02
Feb
12

Gula Bit adalah pesaing berat gula tebu

A Blackfoot Family Harvests Sugar Beets in Alberta

Photo: John Woodruff. Library and Archives Canada, C-007819 via BiblioArchives (LibraryArchives)

Sobatsepeda, hampir kebanyakan orang mengira hanya wilayah beriklim tropis saja yang bisa menghasilkan gula pasir, akan tertapi ternyata ada sumber Sukrosa yang sangat penting yaitu gula Beet. Pada tahun 2006 , terhitung sebagai tanaman gula yang tumbuh dilingkungan domestik Amerika serikat,gula Bit telah memenuhi hampir 59% dari total produksi gula disana.  Yang sisanya adalah berasal dari tebu , tanaman ini bisa tumbuh di daerah beriklim tropis dan sub tropis(wicak).

A Danish Church behind a Heap of Sugar Beets

Photo: Lars Plougmann

Memperkenalkan gula Bit

Gula bit,atau dengan nama latin  Beta vulgaris, atau memiliki kekerabatan lebih dekat dengan Beet merah, hampir mirip dengan Lobak Swiss.

Tanaman Beet biasanya tumbuh di daerah beriklim sedang dan dalam berbagai kondisi tanah. seperti pada sebagian wilayah Eropa , Amerika utara dan Russia(wicak).

Image of a Sugar Beet Field

Photo: Gilles San Martin

Siklus kehidupan tanaman gula Bit

Tanaman gula Bit tumbuh berawal dari biji .Seperti tanaman lain yang tumbuh menyimpan zat gula pada akarnya hingga musim dingin tiba dan hawa dingin mengentikan proses photosintesa.Setelah melewati musim dingin , tanaman ini akan memiliki bunga selama musim berikutnya yaitu musim semi . Satu tanaman akan menghasilkan serbuk sari sebelum siap dibuahi.Pada proses penyerbukan tanaman ini sangat tergantung dengan hembusan angin (wicak) .

Pada awalnya tanaman Bit tumbuh dari bunga berbiji banyak dalam sebuah cluster,sehingga apabila petani menghendaki menanam perbijinya harus dipisahkan , karena pada kondisi ini tanaman Bit masih dalam satu area sempit.Setelah dipisahkan dan tumbuh petani harus memangkas habis daun hingga tertinggal akarnya saja , agar pertumbuhannya lebih baik .Tumbuhan Bit baru memiliki biji tunggal, sekaligus menghemat tahap pemangkasan, untuk tumbuh kembali(wicak).

Kali dalam 2 tahun masa kerja , contohnya di Oregon , karena musim dingin yang cukup ringan untuk tanaman gula Bit agar bisa bertahan .Oregon adalah sumber utama benih tanaman gula Bit yang ada di Amerika utara(wicak).

Dalam beberapa kasus, tanaman gula Bit akan tumbuh bunga dan kemudian menghasilkan biji pada tahun pertamanya.Ini biasanya dikarenakan stress lingkungan, dan merupakan sebuah keadaan yang tidak diinginkan(wicak).

Image of a Field of Sugar Beets

Photo: Dag Endresen

Bagaimana cara para petani menumbuhkan tanaman Bit ini ?

Para petani di iklim dingin memanen tanaman Bit mereka setahun sekali.Pada sebagian wilayah Amerika utara seperti Michigan ,Minnesota ,North dakota atau Wisconsin( pada wilayah bagian Canada seperti Alberta dan Ontario) musim dingin juga bisa membunuh tanaman ini(wicak).

Akar Bit akan mencapai pertumbuhan maksimal pada musim awal , yang akhirnya akan menarik kadar gula yang tersimpan untuk menghasilkan bungan dan biji-bijian(wicak).

Pertama, Para petani mungkin perlu utnuk mempersiapkan sebidang tanah untuk penanaman dangkal dan pemupukan, yang kemudian dilakukan penanaman biji benih dalam barisan. Serta penyertaan herbisida dan penyiangan yang sangat diperlukan untuk mempermudah pertumbuhan tanaman yang masih sangat muda .Dalam beberapa kasus . Pestisida atau perlakuan lain sangat diperlukan untuk membasmi atau mengendalikan hama serangga yang sering mengganggu(wicak).

Tanaman Bit sangat memerlukan curah hujan yang konsisten baik selama masa irigasi mupun pada masa pertumbuhan . Seperti yang telah tertulis diatas ,pertanian tradisional tanaman bit ini sangat padat karya sehingga membutuhkan banyak tenaga kerja, baik untuk masa pengeprasan (penghilangan daun ) dan sekedar mencangkul atau mencabut rumput liar disekitarnya(wicak).

tanaman Bit ini juga tergolong salah satu tanaman yang sangat rewel, untuk memperoleh pertumbuhan yang  optimal serta kadar gula yang diinginkan.Pemupukan dan pengobatan sangat memerlukan keahlian serta kehati-hatian untuk tetap menjaga kwalitas tanaman agar tumbuh seperti yang diinginkan (wicak).

Masa panen tanaman Bit adalah sebuah pekerjaan yang sangat besar dan sibuk,setidaknya memerlukan 2 pekerjaan besar untuk melakukannya.Pada tahap awal pemotongan dedaunan dari pokoknya, dan setelah itu membersihkan akar dari tanah(wicak).

Rotasi tanaman tahunan biasa dilakukan pada lahan yang ditanami Bit . Teknik ini juga sangat membantu mengendalikan hama serta penyakit, juga sangat baik untuk pemulihan kesuburan tanah. tanaman Barley dan gandum yang biasanya mendahului musim tanam Bit(wicak).

British Sugar Beet Factory

Photo: Andrew Hill

Pengolahan tanaman Bit menjadi gula

Terlihat sangat mudah untuk membuat sebuah gula dari tanaman Bit adalah dari akarnya yang telah dibersihkan , dipotong-potong tipis dalam bentuk yang sangat pipih, dan kemudian dimasak oleh pada sebuah pabrik gula Bit(wicak).

Gula, yang merupakan hasil turunan dari Sukrosa ,yang kemudian dilarutkan dalam air panas menjadi syrup . Pada proses yang lebih jauh adalah pemisahan Molase dari Sukrosa , yang kemudian dikeringkan , dan syrup Sukrosa murni berubah menjadi gula bubuk(wicak).

Gula coklat yang mengandung Molase .Demerara,Muscovado dan Turbinado adalah varian yang dihasilkan dari kombinasi antara Molase dan kristal Sukrosa(wicak).

variasi takaran dari kristal dikarenakan proses pengeringan atau penggilingan kristal menjadi bubuk halus , seperti gula icing(wicak).

Image of Sugar Cubes

Photo: Uwe Hermann

Gula Bit cair adalah produk yang sangat layak dikonsumsi termasuk Molase dan Goden Syrup,meskipun gula tebu juga sama-sama cocok untuk diubah menjadi produk sejenis(wicak).

Kegunaan lain dari Gula Bit

Tanaman ini bisa dimanfaatkan manusia ataupun hewan ternak sebagai bahan makanan, meski beberapa orang lebih akrab dengan istilah lobak Swiss.Hasil pulp residu dari gula Bit ini , yang merupakan hasil samping dari pembuatan gula , masih bisa dijual untuk makanan ternak(wicak) .

Gula bit juga bisa digunakan sebagai sumber bahan bakar Biofuel seperti halnya tanaman jagung.Pembuatan ethanol berbahan tanaman Bit pernah diteliti setidaknya pada tahun 2006 , akan tetapi pada saat itu ditemukan harga dua kali lebih mahal dari Ethanol berbahan jagung(wicak).

Sebuah pengembangan lebih lanjut bahan ini digunakan sebagai De-sugared juice, yang merupakan produk sampingan dari pengolahan gula Bit, sebagai aditif untuk de-icing air garam.Disiramkan atau disemprotkan diatas permukaan jalan sebelum hujan salju turun , cairan ini bisa bekerja dibawah suhu -30F, tambahan 15 derajat fahrenheit dibawah larutan air asin biasa(wicak).

Image of Granulated Sugar

Photo: David Eccles

Pemanfaatan gula Bit dari masa lalu hingga masa depan

Gula Bit moderen yang pemanfaatannya dari akar hingga daun memiliki garis sejarah yang sangat panjang.Dan pada masa sekarang lebih banyak dimanfaatkan untuk produksi Gula, gula Bit suatu saat kelak akan menjadi bahan baru pada aplikasi ilmiah dan lingkungan didunia moderen(wicak).

Implikasi: Tanaman gula bit juga pernah dicoba di tanam di Indonesia beberapa saat yang lalu, yang mungkin untuk mencoba memperbaiki tata niaga gula di negeri ini saat itu. akan tetapi sampai sekarang belum ada hasil yang berarti sebagai tanaman alternatif penghasil gula.akan tetapi tidak menutup kemungkinan bisa memperkuat tata niaga gula negeri ini apabila ditemukan varian tanaman Bit yang sesuai dengan kontur tanah serta iklim Indonesia , semoga menambah wawasan tentang tanaman Gula Bit untuk rekan pembaca sekalian(wicak)

Sumber:

Iklan

0 Responses to “Gula Bit adalah pesaing berat gula tebu”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: