30
Jan
12

Perangkat baru pembersih tumpahan minyak itu adalah sabun Magnetik

Sobatsepeda, Tumpahan minyak seperti kita tahu memiliki dampak yang sangat buruk bagi kehidupan laut .Seperti pada gambar-gambar yang ada pada rtikel sekarang ini , kami dapat dari teluk Mexico beberapa waktu yang lalu untuk sama-sama kita pahami bahwa efek itu sangatlah mengerikan.Bocornya sumur minyak  Deepwater Horizon telah menumbahkan minyak mentah sebanyak 4,9 juta barel  yang telah mencemari teluk Mexico pada tahun 2010. Tumpahan minyak telah menyebar kemana-mana mencakup area sangat luas, dan sangat mengganggu kedamaian berbagai ekosistem disana dan menyebabkan berbagai jenis masalah lingkungan (wicak).

Untuk mengendalikan situasi disana,Sekitar 3 juta liter Dispersant diperlukan disana,termasuk sabun industri yang disebut surfactant yang diperkenalkan dalam mengatasi permasalahan di sumur minyak Deepwater Horizon. Zat kimia tersebut bukan hanya cepat larut kedalam cairan minyak tumpah, akan tetapi sangat cepat menyebar lebih luas keseluruh kawasan tumpahan minyak.Dan akan terurai enam bulan kemudian. Sebuah cara yang cukup berkelanjutan dan merupakan solusi yang cukup aman diperlukan,  mengingat akan semakin banyak kasus tumpahan minyak dimasa yang akan datang(wicak).

Para Ilmuwan telah mengembangakan sabun mangnetik pertama di dunia yang bertujuan untuk mempercepat proses pembersihan tumpahan minyak mentah di permukaan laut.Sabun magnetik ini terdiri dari garam-garam yang kaya akan kandungan zat besi dan sangat mudah bercampur dengan air, ion Bromida dan Chlorida. Ion ini akan membentuk inti magnetik dalam partikel sabun dan dapat dikendalikan oleh medan magnet selama berada dipermukaan air(wicak) .

Kali ini , proyek tersebut masih dalam tahapan teori , namun bagaimanapun para ilmuwan telah membayangkan di masa yang akan datang detergen seperti ini dapat mereka hasilkan dari hipotesa sekarang ini, dimana akan mengarahkan kita untuk bisa membersihkan tumpahan minyak dengan lebih aman dan mengatasi berbagai masalah lingkungan yang sensitif.Julian Estoe yang merupakan pimpinan riset tersebut mengatakan bahwa sabun magnetik kemungkinan dapat digunakan untuk mengatasi fenomena yang sama serta dalam penggunaan yang lebih komersil dalam bentuk semacam cairan,seperti dalam berbagai aplikasi seperti pembersih air (water treadment) serta berbagai pembersih produk  industrial (wicak).

Teknik baru telah ditemukan dengan metode pengujian terbatas oleh para peneliti.sabun dimasukkan kedalam larutan organik dengan tingkat kepadatan yang kurang yang terdapat didalam sebuah tabung uji.dibawah efek kekuatan magnetik , sabun itu telah melapisi permukaan yang diinginkan(wicak).

 
Implikasi: Sebuah teknologi baru hanya bisa ditemukan melalui berbagai percobaan serta pengujian , yang tentunya dimulai dengan sebuah teori dasar yang perlu dibuktikan. Riset sangat diperlukan untuk mengetahui kelemahan serta kekurangan dari sesuatu yang masih sangat baru. Pada akhirnya sebuah teknologi yang bisa diandalkan harus memiliki kwalitas dan meminimalisir kekurangan.Disinilah berbagai penelitian yang bertujuan sebagai tahapan penyempurnaan sangatlah diperukan(wicak).
Iklan

3 Responses to “Perangkat baru pembersih tumpahan minyak itu adalah sabun Magnetik”


  1. 02/03/2012 pukul 03:28

    you might be really variety a person admin your blogging is remarkable i continually check out your blog i am positive you might be the perfect

  2. 02/03/2012 pukul 12:40

    Greetings thanks for excellent put up i was looking for this challenge final a couple of nights. I will look for future precious posts. Have pleasurable admin.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: