21
Jan
12

Skill yang diperlukan dalam balapan sepeda gunung

Balapan sepeda gunung membutuhkan berbagai keterampilan dan kebugaran tubuh . Disini pembalab harus memiliki bukan hanya kekuatan saja akan tetapi daya tahan juga diperlukan, disampin kemapuan teknis dalam menangani berbagai medan, seperti dalam menghadapi berbagai jalur dengan berbagai bentuk permukaan .Mengembangkan keterampilan dalam bersepeda gunung sangat membutuhkan waktu , ketekunan dan praktek yang tidak sedikit, dan seorang pembalab yang baik harus tetap fokus meski berada pada berbagai jenis medan dan kondisi saat balapan,termasuk dalam mengembangkan kemapuan taktis dan teknical skill hingga semakin tajam.Dimuali dengan kemampuan dasar , mempelajari berbagai kelemahan dan selalu konsentrasi untuk meningkatkan kemampuan selama latihan(wicak).

Latihan

Dalam melaksanakan jadwal latihan dan persiapan balapan, tetap berlatih terutama pematangan technical skill dan maupun non teknis lainnya sebelum balapan. Ketika merancang jadwal latihan harian anda ,lakukan latihan yang cukup dan rencanakan jadwal hampir setiap hari. Akan tetapi jangan lupa ,  tetap cantumkan waktu untuk istirahat dan waktu pemulihan stamina diantara jadwal latihan, seperti yang disarankan oleh Outdoor.com.(wicak).

balap sepeda gunung sangat memerlukan daya tahan atau stamina yang tidak sedikit, dan anda harus bisa bertahan selama balapan yang artinya harus tetap berstamina prima sepanjang lintasan balap.Porsi latihan yang disamakan dengan beban saat balapan sangat diperlukan atau kalau perlu lebih berat atau lebih panjang dari saat balapan. Dan bermain dengan teknik putaran berulang bilamana perlu,Apabila anda bisa ,pelajari bentuk medan yang akan dihadapi pada saat balapan sehingga anda dapat mempelajari trik yang diperlukan saat balapan berlangsung(wicak) .

Setiap minggu, tetapkan berbagai target latihan yang harus dipenuhi, seperti contohnya pada tahap pertama melakukan pemantapan teknik pada saat mekakukan latihan off-road ,setelah itu dilajutkan latihan daya tahan sepanjang latihan , setelah itu keduanya bisa dilakukan secara on-road dan off-road , yang diharapkan kemampuan dayatahan akan naik 10% setiap minggunya(wicak).

Secara keseluruhan , latihan ini akan membuat anda menjadi seorang pengendara Holistik , yang maksudnya keseluruhan latihan diatas akan membantu anda untuk siap dalam menghadapi berbagai jenis balapan sepeda dengan berbagai teknik yang diperlukan. Luangkan sedikit waktu untuk meningkatkan kekuatan  dan fokus untuk memperbaiki kelemahan anda. Lanjutkan latihan dengan keterampilan , seperti memulai dengan kecepatan , sprint dan penanganan berbagai bentuk medan , sambil meningkatkan dayatahan serta kekuatan (wicak).

Saat balapan

Pada saat mengikuti balapan sepeda gunung, carilahb posisis start yang nyaman. karena pembalap pertama harus tetap didepan pembalap yang lainnya setelah mereka meninggalkan ruang sempit diantara mereka, menurut Outdoor.com. Buatlah anda dalam posisi senyaman mungkin saat melakukan start dan pastikan kaki anda pada posisi clip pedal sepeda anda karena hal ini akan meminimalisir anda dari kehausan pada saat anda mengejar posisi paling depan . Pada saat latihan , buatlah setiap saat latihan seakan-akan anda menghadapi  start pada saat balapan sesungguhnya(wicak).

Kecepatan

Meskipun anda memiliki bentuk badan  yang cukup atau sangat ideal sekalipun , anda akan tetap membutuhkan kemampuan teknik yang baik untuk mendapatkan kecepatan selama balapan sepeda gunung . Contohnya , mengetahui saat yang tepat dalam pengereman pada saat latihan dapat membantu anda dalam meningkatkan kecepatan , menurut penjelasan dalam majalaha “Mountain Bike”. Mempelajari teknik keseimbangan pada saat menikung dengan cepat serta pengereman sangat membutuhkan latihan dan tidak mudah untuk menguasainya. Bagaimana cara efektif menghadapi segala bentuk medan yang tentunya tidak mengurangi kecepatan?. Dalam dunia sepeda gunung , kecepatan itu sendiri bukanlah hal utama atau yang paling penting , akan tetapi anda harus finish paling depan untuk memenangkan segalanya.saat mempersiapkan sebuah balapan sepeda gunung setidaknya sebuah sesi kecepatan setiap minggunya sangat dibutuhkan dimana mungkin harus dilakukan pada jarak yang lebih dekat untuk tetap fokus pada kecepatan, termasuk dalam kemampuan sprint dan sesi latihan jarak untuk membangun kemampuan anda agar semakin cepat dan semakin kuat, disamping ketahanan fisik dan mental yang juga harus ditempa(wicak).

 pemulihan stamina /Recovery

Recovery atau pemulihan sangatlah penting sebagai bagian dari balapan sepeda gunung,terutama selama balapan berdurasi lebih panjang.Tetap fokus padapemulihan pada saat menghadapi jalan menurun setelah menghadapai tanjakan yang cukup sulit dan berat. Latihan pemulihan pada sebuah tanjakan yang kemudian bertemu jalan menurun langsung sehingga anda dapat berkendara dengan kencang saat melewati tanjakan dan berkendara dengan lancar seperti saat melalui medan menurun dan memulihkan stamina(wicak).

Implikasi

Penguasaan teknik sangat diperlukan pada saat balapan sepeda gunung , yang sangat memerlukan banyak keahlian baik kecepatan , kekuatan maupun daya tahan. dan barang siapa yang bisa menguasai ketiganya maka bukan suatu yang berlebihan apa bila dia keluar sebagai pemenang. disamping penempaan daya tahan fisik serta mental yang perlu di tempa. semoga uraian kami diatas dapat bermanfaatbagi para sobatsepeda yang berbahagia , untuk kritik dan saran kami terima dengan lapang dada,  untuk perbaikan selanjutnya(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/01/21/skill-yang-diperlukan-dalam-balapan-mountain-bike/


Iklan

1 Response to “Skill yang diperlukan dalam balapan sepeda gunung”


  1. 02/02/2012 pukul 10:25

    i bookmarked you in my browser admin thank you so much i will be seeking your future posts


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: