20
Jan
12

Pohon bisa berukuran sangat tinggi dan menjulang karena berumur panjang

Sunshine through some California Giants

Photo: Richard Masoner

Sobatsepeda, Pada tahun 1997 , ketika itu seseorang yang bernama Julia “Butterfly” Hill yang berusia 24 tahun memanjat sebuah pohon dan tidak turun lagi selama 2 tahun , dan beberapa orang berpendapat bahwa orang tersebut tidak waras. Julia tinggal disekitar hutang yang terdapat pepohonan redwood yang berukuran raksasa , dan dia dipanggil “Luna ” setelah 728 hari kemudian, hal tersebut bermaksud untuk menyelamatkan area ini , yang merupakan habitat pepohonan raksasa tersebut yang harus dilindungi dari pengrusakan.Dan yang dia lakukan telah mendapatkan banyak perhatian untuk sebuah sumber daya kami yang tak ternilai harganya(wicak).

Seiring bertambahnya usia pohon , mereka tidak akan meningkatkan tingkat mutasi yang dikarenakan ulah manusia. Bagian dari pohon sebagian bisa  mati sementara yang lain bisa tetap melanjutkan hidup untuk tumbuh dan berkembang , dan memungkinkan pohon ini tetap hidup hingga ribuan tahun. Pohon adalah juga salah satu organisme terbesar di planet ini . Mereka adalah salah satu yang paling penting , tak ternilai dan yang paling tidak dihargai sebagai sebuah sumber daya di planet bumi ini. Bank dunia memperkirakan bisnis produk kehutanan telah mencatat keuntungan sekitar $ 270 Milliar per tahunnya  .Kami sangat bergantung dengan adanya pohon untuk banyak hal, namun penebangan itupun tetap berjalan dari waktu ke waktu , yang mungkin bisa kita katakan sekarang, suatu saat di hutan itu tidak akan terlihat pepohonan lagi(wicak).

Ray of sun

Photo: Fovea Centralis

Tersembuyi jauh kedalam Redwood National Park berdiri tegak berusia sekitar 700 tahun Hyperion. Terkenal sebagai salah satu pohon tertinggi didunia ,berdiri tegak dengan ketinggian sekitar 115,5 meter diatas permukaan tanah.Inilah jenis Redwood tepi pantai yang terkenal sangat tinggi , pepohonan ramping ini tumbuh di sepanjang garis pantai berkabut di California. pohon-pohon ini cukup besar  sebagai pelindung sebuah ekosistem kecil yang mereka miliki, dengan binatang didalamnya , lumut , tumbuhan bahkan pepohonan kecil pun dapat tumbuh diatas permukaan kanopi ekosistem tersebut(wicak) .

Del norte titan

Photo: H Dragon

Inilah pohon raksasa Redwood yang setinggi menara diatas pohon yang lain , yang dinamakan  the giant sequoias yang memiliki volume lebih besar dari yang lain. berusia 2200 tahun , berdiri tegak setinggi 83,8 meter inilah yang dinamakan giant sequoia General Sherman yang memiliki volume sekitar 1486 m3 dan berat sekitar 6000 on. dengan keliling atau lingkar kayu bawah sekitar 32,8 meter, sebenarnya pohon ini bisa olebih besar lagi. Dan inilah ukuran Giant Sequoia yang tumbuh dengan normal dengan kayu yang cukup setiap tahunnya (wicak) .

General Sherman Tree

Photo: Jim Bahn

inilah pohon  Montezuma Cypress yang tumbuh di Mexico yang tumbuh tinggi menjulang akan tetapi tidak setinggi Redwood dan Sequoias akan tetapi mengalahkan mereka dalam ketebalan . Di Mexico terkenal dengan sebuah pohon yang dinamakan  Arbol del Tule yang memiliki keliling pergelangan bawah sekitar 48,8 meter dan dipercayai telah berumur lebih dari 2000 tahun .Seperti kita lihat pada pergelangan dasar bagaikan berbagai batang yang tumbuh bersama, akan tetapi test DNA menyatakan bahwa pokok tersebut merupakan sebuah pohon(wicak) .

Tulle tree

Photo: Rodolfo Araiza G.

Sebuah pohon yang berusia 4842 tahun , yang merupakan salah satu pohon tertua didunia merupakan sebuah pohon pinus yang ada di bristlecone yang dikenal sebagai Methuselah.Beberap pohon pinus di  bristlecone telah beradaptasi bertahun-tahun terbukti dari beberapa bukti adaptif yang terdapat disana. Pohon ini tumbuh dibawah kondisi ekstrim dengan kandungan tanah dan kelembaban yang sangat minim. Pohon kuno ini relatif pendek dengan tinggi sekitar 18,3 meter dan hanya bertambah 1/100 tahun dari setiap inchi setiap tahunnya . Selama ini enam minggu masa pertumbuhan cukup untuk melewati masa sulit yang terjadi selama musim dingin. Sisi yang paling menyedihkan adalah , saat ini ancaman yang paling berbahaya adalah dari orang-orang sekitarnya .pohon Methuselah telah ditandai, merupakan tempat yang paling cocok sebagai persembunyian untuk melindungi mereka dari Vandalisme(wicak)

Bristlecone pine

Photo: IvyMike

Ketika kita membicarakan pohon berumur panjang , Pohon aspen ini tidak bisa dianggab remeh . Pohon inii termasuk salah satu organisme yang memiliki sistem cukup komplek dengan akar tetap dibawah tanah dan sinar matahari memberikas sianrnya yang cukup untuk memasak makanan yang akhirnya dikirim ke batang dan daun untuk proses reproduksi asexual – yang sering kita dengar sebagai proses cloning . Akar pohon tersebut mengkloning pohon yang telah berusia ribuan tahun,dengan kloning tertua , yang terletak di Utah dan disebut sebagai Pando, diperkirakan berumur sekitar 80.000 tahun. Pohon ini juga dikenal sebagai salah satu pohon yang bisa melakukan photosintesis di musim dingin, yang dikarenakan lapisan bawah kulit yang berwarna hijau.Lapisan hijau tersebut juga bermanfaat sebagai cadangan makanan bagi rusa-rusa selama musim dingin . Dengan kemampuan kloningnya, membuat pohon ini sangat jauh dari kepunahan.Sementara pohon cemara hidup menjulang menyalip pohon aspen , kondisi dorman yang dimilikinya akan membuatnya tetap bisa bertahan dalam kondisi yang paling tidak menguntungkan sekalipun sambil menunggu sinar matahari mencapai permukaan tanah. membuat pohon aspen bisa bertahan dari berbagai bencana bahkan kebakaran hutan sekalipun dan bisa bangkit kembali dalam kondisi yang sangat minim untuk tumbuh kembali dan melanjutkan hidup(wicak).

Aspen

Photo: Kaibab National Forest

Membicarakan tentang pohon tidak lengkap apabila tanpakehadiran pohon Beringin . Yang biasanya hadir sebagai miniatur bonsai , di alam liar beringin biasanya tumbuh sangat lebat dan besar . Dengan akar melingkar dan batang berurat yang menopang dengan kokoh rimbunya daun berbentuk seperti kanopi yang hampir menutupi area seluas 100 meter persegi. Penyebaran pohon beringin sangat tergantung oleh burung pemakan biji-bijian yang akan menjatuhkan benih beringin sepajang jalur penerbangannya bahkan diatas medan yang cukup keras. Sementara biji yang tumbuh akan terus melanjutkan petumbuhan  , dan batang-batangnya akan mengeluarkan akar udara hingga menyentuh ketanah , yang memberikan penampilan yang sangat mencolok (wicak).

Banyan tree

Photo: GoDakshin

Dan seperti gambar diatas merupakan contoh kecil dari beberapa pepohonan menakjubkan kami. Dengan berbagai keunikannya , pohon tersebut mesih terlindungi. Akan tetapi kebanyakan yang terjadi dilapangan mereka sangat tidak terlidungi . Hutan hujan tropis semakin berkurang hingga pada tingkatan yang sangat menghawatirkan , dan hutan Redwood tepi pantai , contohnya , yang memiliki ukuran hanya 5% dari ukuran normal. Dengan menyelamatkan hutan berarti kita menyelamatkan pepohonan(wicak).

Implikasi

Begitu banyak hutan yang berkurang dimuka bumi ini , meski sebagai penghasil Oksigen dan pembersih udara untuk kwalitas pernafasan kita sehari-hari tidak menyurutkan berbagai pihak untuk menebangnya hanya untuk kepentingan sesaat. Semakin banyak manusia semakin banyak memerlukan Oksigen dan udara bersih untuk bernafas. Disisi lain pohon bisa tinggi dan berukuran besar karena berumur sangat panjang dan bukan karena masih kecil sudah ditumbangkan , marilah lestarikan pepohonan disekitar kita untuk masa depan anak cucu kita dikemudian hari(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/01/20/pohon-bisa-berukuran-sangat-tinggi-dan-menjulang-karena-berusia-sangat-lama/

Iklan

8 Responses to “Pohon bisa berukuran sangat tinggi dan menjulang karena berumur panjang”


  1. 01/25/2012 pukul 01:01

    I am really enjoying the theme/design of your weblog. Do you ever run into any web browser compatibility problems? A few of my blog readers have complained about my blog not operating correctly in Explorer but looks great in Chrome. Do you have any ideas to help fix this issue?

  2. 02/03/2012 pukul 12:02

    i bookmarked you in my browser admin thank you a lot i will likely be seeking your up coming posts

  3. 03/20/2012 pukul 06:32

    Pohon bisa berukuran sangat tinggi dan menjulang karena berumur panjang sobatsepeda I was suggested this website by my cousin. I am not sure whether this post is written by him as nobody else know such detailed about my trouble. You’re incredible! Thanks! your article about Pohon bisa berukuran sangat tinggi dan menjulang karena berumur panjang sobatsepedaBest Regards Craig

  4. 03/22/2012 pukul 05:03

    Wow, marvelous blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is magnificent, let alone the content!. Thanks For Your article about Pohon bisa berukuran sangat tinggi dan menjulang karena berumur panjang sobatsepeda .


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: