16
Jan
12

Mengapa harus ada asupan makan pada saat balapan Long Endurance?

Sobatsepeda, pada saat kita mengikuti event balapan berdurasi lama atau Long endurance event , seperti triathlon dan marathon, sangat memerlukan sejumlah latihan dan persiapan sebelum balapan atau event tersebut kita ikuti, akan tetapi juga memerlukan beberapa makanan suplement dan nutrisi selama balapan . Dan keseluruhan performance anda sangat ditentukan oleh waktu dan kwalitas apa yang anda makan dan minum selama acara tersebut.Pada sebuah kompetisi yang memiliki durasi lebih dari 2 jam , Tubuh anda akan membutuhkan energi yang  berasal dari 3 sumber antara lain: – simpanan glikogen yang terdapat didalam otot dan hati , lemak yang tersedia dibawah kulit dan protein dari otot. Yang hasilnya , anda harus menerima asupan gizi selama event endurance tersebut, akan tetapi pertimbangkan nutrisi tersebut secara spesifik, timing yang tepat dan takaran yang sesuai sebelum hari H dilaksanakan(wicak) .

Nutrisi

Nutrisi yang paling penting untuk dikonsumsi selama balapan long endurance antara lain : air , cairan elektrolit , karbohidrat dan protein  . Untuk pembalap jarak pendek biasanya cukup dipenuhi dengan sebotol air saja , akan tetapi nutrisi tambahan juga sangat diperlukan untuk tetap menjaga kebugaran dalam stamina tetap prima dengan kekuatan otot agar tetap berfungsi dengan baik.Sumber  karbohidrat harus digabungkan dari sumber karbohidrat komplek dan sumber karbohidrat yang sederhana untuk tetap memberikan aliran energi yang stabil. Protein tambahan harus dilengkapi karbohidrat dalam balapan berdurasi lama, seperti balapan yang berdurasi diatas 2 sampai 3 jam untuk mengisi bahan bakar otot & tubuh anda dan sekaligus mencegah kerusakan otot yang berlebihan (wicak).

Cairan

Supplemen atau makanan cair adalah cara terbaik untuk memenuhi asupan nutrisi atau makanan selama event bersepeda long endurance. Memakan makanan padat selama melakukan balapan bisa meningkatkan ketidak nyamanan perut seperti perut kembung , kram perut bahkan muntah-muntah. makanan yang telah dihaluskan (diblender ) atau yang dicampur dengan cairan lebih mudah dimasukkan kedalam sebuah botol air dan kemudian meminumnya sebagai asupan supplemen yang sangat mudah diserap semudah anda memulai berlari atau bersepeda kembali untuk melajutkan balapan. Makanan cair sangat mudah diserap secara langsung kedalam aliran darah sehingga nutrisi dapat digunakan dengan segera(wicak).

Takaran yang diperlukan

Seperti kita ketahui , kebutuhan kalori selama balapan Long endurance adalah sekitar 200 hingga 400 kalori/ jamnya. Jumlah ini tentunya cukup bervariasi tergantung ukuran tubuh anda, tingkat pengalaman , serta berbagai kondisi selama lomba. Jumlah kalori yang dikonsumsi tidak harus sama dengan jumlah kalori yang dibakar. Tujuan asupan nutrisi selama lomba adalah tetap menjaga tingkat energi dan elektrolit agar tetap prima hingga selesai lomba. Anda juga dapat melengkapi asupan kalori sekitar 500 sampai 750 ml dalam bentuk cair setiap jamnya(wicak).

Program Latihan

Latihan untuk balapan long endurance sangat memerlukan waktu , dedikasi dan perencanaan . Jangan merusak balapan dengan tidak latihan teknik asupan gizi , supplemen dan teknik hidrasi. memasukkan asupan makanan dengan cara berbeda yang dicampur dengan cairan adalah bagian dari latihan yang sangat penting untuk melihat bagaimana reaksi tubuh anda terutama perut anda terhadap bentuk nutrisi yang masih baru tersebut. Jika anda tidak pernah mencoba dengan makanan yang berbeda selama latihan , akan sangat beresiko seperti ketidaknyamanan pencernaan atau perubahan konsentrasi gula darah selama perlombaan  dan lebih parahnya lagi akan secara signifikan mempengaruhi kinerja anda secara keseluruhan (wicak).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan untuk yang akan melakukan rally jarak jauh atau yang akan ber long endurance  berdurasi diatas 3 jam apalagi yang berada diatas sadel sepeda , semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam bersepeda , semua kami sajikan untuk para sobatsepeda yang berbahagia(wicak)

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/01/16/mengapa-harus-makan-pada-saat-balapan-long-endurance/


0 Responses to “Mengapa harus ada asupan makan pada saat balapan Long Endurance?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter

temukan kami di Facebook


%d blogger menyukai ini: