13
Jan
12

Mengapa sebuah sepeda bisa berharga lebih mahal dari yang lain ?

Sobatsepeda, seperti yang terlihat pada gambar terlihat dua sepeda “randonneur” yang terlihat nyaris sama dan tidak jauh berbeda. Keduanya memiliki rak pada bagian depan , dengan formasi gear yang sama . Akan tetapi sebuah kenyataan bahwa harga sepeda yang sebelah kanan jauh lebih mahal bahkan lima kali lipat dari harga sepeda yang ada di sebelah kiri, apalagi kalau Agan sekalian memesannya pada hari ini , pesan blogger mendingan cari sekenannya ya…xixixi(wicak).

Kembali ke artikel, Tentu saja terlihat sebuah perbedaan yang sangat jelas: salah satu dilengkapi dengan lampu dan fender sementara yang satunya tidak sama sekali. Meskipun apa bila kita menempelkan beberapa asesoris dan pernik seharga $ 500 sekalipun pada sepeda yang sebelah kiri  , masih jauh tertinggal dalam soal harga karena memang luar biasa.Akan tetapi mengapa sepeda yang sebelah kanan bisa sedemikian mahal bahkan jauh lebih mahal dari yang sebelah kiri?(wicak)

Sepeda yang sebelah kiri adalah hasil dari sebuah produksi masal yang tentunya dikerjakan dengan mesin, Sedangkan untuk yang sebelah kanan dikerjakan dengan tangan ahli (totaly hand made) yang biasanya dikerjakan oleh konstruktor kecil bahkan industri rumahan. Seperti kita tahu bahwa cap untuk sebuah karya hand-made selalu menghasilkan karya yang sangat baik dan indah karena memang dibuat dengan sangat hati-hati melalui tangan sebuah ahli, akan tetapi apa yang didapat dari sebuah produk yang dikerjakan oleh mesin dalam produksi massal yang pasti hal-hal seperti tadi sering kali tidak diperhatikan bahkan terabaikan, apakah benar ?, mengingatkan saya akan perbedaan yang sangat signifikan antara sebuah mobil Roll Royce dengan Toyota(wicak).

Akan tetapi fakta dilapangan , sebuah sepeda yang dikerjakan oleh sebuah mesin yang baik tidak jarang membuat pengendaranya puas akan performancenya saat berkendara. Jadi apakah sebuah sepeda hasil pengerjaan tangan yang terkenal kelas High-end menawarkan sesuatu yang sesuai sengan harganya yang sangat mahal? Menurut pengalaman saya , uang lebih yang harus dikeluarkan saat membelinya meliputi 3 pertimbangan :

1. Performance: Sepeda High-end memiliki dimensi geometri yang  diperhitungkan dengan sangat teliti dan hati-hati yang memang ditujukan untuk mendapatkan desain yang diinginkan. (Untuk sebuah sepeda hasil produksi seperti sepeda road bike , rak juga ditambahkan ), untuk sebuah sepeda kustom , pipa yang dipilih secara khusus untuk menawarkan kinerja maksimal yang diinginkan oleh sang pengendara.Bilah garpu yang lebih pipih selain lebih mengurangi gesekan angin juga meredam getaran lebih baik . Untuk sepeda pabrikan pada rak juga dipasang agak rendah dan kaku ,sehingga beban kerja  menyatu dengan beban kemudi.Sementara Fender dipasang tanpa spacer , jadi lebih mirip sebuah mainan atau sebuah resonansi(wicak).

Akan tetapi pada sepeda semua komponen bekerja lebih sempurna . Crank yang dipasang lebih pipih dan lebih presisi , dengan pemilihan chainring yang disesuaikan dengan keinginan pengendara.Yang akhirnya menghasilkan sesuatu dengan performance maksimal saat dikendarai, baik saat mananjak dan menuruni lembah, semuanya terasa lebih ringan dan tidak melelahkan (wicak).

2. Durabilitas: Untuk sepeda yang merupakan hasil pekerjaan tangan selalu menggunakan bahan tube masing-masing sangat hati-hati dalam pemilihan dan dihitung sangat presisi. Untuk pekerjaan hand-made yang terbaik biasanya di Brazing oleh seorang yang telah ahli yang benar-benar paham dengan apa yang harus mereka kerjakan pada maha karya mereka(master piece).Anda bisa memeriksanya pada setiap sambungan lasnya , akan terlihat lebih kokoh sehingga akan menjamin lebih awet dan ridak akan terlepas sebelum waktunya.Begitu pula untuk pemilihan komponen bearing akan dipilih yang lebih presisi dan ketahanan yang lebih baik, yang akhirnya akan jauh lebih awet berkali-kali apabila  dibandingkan dengan sepeda yang lebih murah.Pengerjaan crank ditempa dengan tekanan jauh lebih kuat sehingga lebih awet dan tahan lama(akan kami jelaskan proses pembuatan crank pada artikel yang akan datang).Bahkan cat yang  dipilih juga yang terbaik sehingga lebih awet , karena telah diberikan pelapis cat dasar lebih dari sekali, dan dilakukan pengopenan dan berbagai perlakuan panas(tempering) didalamnya sehingga menjanjikan performa maksimal(wicak).

Untuk sepeda yang lebih murah atau produksi pabrikan , Kwalitas yang disajikan sangat sederhana dan tidak akan sama. Setiap komponen yang dipasang memiliki spesifikasi yang sangat minimum dengan biaya yang paling rendah (karena mungkin mengejar nilai harga jual/keuntungan) dari pada kwalitas yang terbaik.Begitu pula untuk pemilihan tubing frame hingga pemilihan srew dan baut kebanyakan dipilih dalam spesifikasi minimum yang akhirnya memilih dimensi yang jauh lebih tipis atau bahkan paling  kecil. Yang semuanya sangat tergantng dari frekwensi anda dalam mengendara atau berapa lama dalam mengendara, sepeda pabrikan ini akan bisa menjadi sangat memuaskan anda, atau membuat anda cukup frustasi karena harus sering mengganti komponen yang lebih cepat aus bahkan patah(wicak).

3. Esthetika: Seperti padagambar diatas Sebuah konstruksi yang cukup hati-hati dan teliti akan menghasilkan sesuatu karya tangan dengan penampilan yang sangat halus dan tampak lebih mewah. Serta penampilan kurva garpu yang jauh lebih lembut dari pada tekukan kaki anjing(Dog-leg bend) yang menekuk ditengah.Lugs yang praktis juga ditempatkan disana.Penempatan rak yang tepat diatas ban depan . Penempatan fender yang mengikuti kurva ban terlihat sangat serasi. semua komponen yang menyatu dipoles dengan halus dari pada sekedar perlakuan cat (powdercoated). yang pasti sepeda seperti ini sangat nyaman dikendarai dan akan bertahan sangat lama sehingga jauh lebih aman dan bergengsi(wicak).

Apakah anda membutuhkan sepeda yang lebih baik?
Inilah pertanyaan yang sering terngiang ditelinga seorang pengendara sepeda apakah sepeda yang lebih mahal itu lebih baik ? apakah biaya ekstar yang mereka keluarkan itu sebanding dengan apa yang mereka peroleh?. Akan tetapi saya sangat percaya bahwa apapun yang anda rencanakan dengan bersepeda sangat bergantung dengan sejauh mana rencana anda untuk berkendara sepeda. Jika anda sesekali saja atau sangat jarang dalam berkendara sepeda maka pilihan terbaik  adalah sepeda dengan harga yang lebih murah atau pabrikan.Akan tetapi apabila anda memilih untuk berkendara jauh lebih sering apalagi dengan jarak jangkau lebih jauh , yang pasti anda akan sangat menghargai sebuah pekerjaan dengan hasil performa yang terbaik lebih awet dan tahan lama. Bahkan sebuah penampilan juga sangat penting karena sebuah sepeda dengan penampilan yang sangat baik akan membuat anda lebih sering menaikinya(wicak).

Mungkin untuk sepeda dengan performa terbaik akan membutuhkan biaya lebih saat membelinya , akan tetapi jauh lebih murah pada saat anda mengendarainya pada jarak yang lebih jauh dan waktu lebih lama. Bukan hanya dilengkapi dengan komponen terbaik dan tahan lama akan tetapi sangat minimum perawatan, akan tetapi biaya tambahan itu akan muncul saat anda tergoda untuk meng up-gradenya untuk mendapatkan spesifikasi yang lebih tinggi , dan disinilah fakfor prestise dan gengsi itu sendiri yang cenderung menguras kantong anda(wicak) .

Akhirnya semua kembali pada anda , semua pengendara sepeda akan mengambil keputusan sesuai dengan kompromi masing-masing . ada beberapa yang sangat memperdulikan faktor estetika , dan yang lain tidak memerlukan  kecepatan . Yang pasti untuk para sobatsepeda yang ingin membeli sepeda , buatlah anda memiliki informasi selengkap mungkin tentang sepeda yang anda ingikan , lebih bijaksana dalam setiap pengeluaran dan spesifikasi seperlunya akan lebih baik buat kita semua(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/01/13/mengapa-sebuah-sepeda-bisa-berharga-lebih-mahal-dari-yang-lain/

Iklan

2 Responses to “Mengapa sebuah sepeda bisa berharga lebih mahal dari yang lain ?”


  1. 02/02/2012 pukul 07:24

    i bookmarked you in my browser admin thank you so much i is going to be trying to find your following posts


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: