12
Jan
12

7 ladang kincir angin lepas pantai berskala raksasa sedang dalam pengerjaan

Sobatsepeda, Sepeti kita tahu kapasitas power untuk sumber energi terbarukan selama ini bagaikan kejar-kejaran satu sama lainnya ,akan tetapi energi tenaga angin telah jauh meninggalkan energi Nuklir dalam segi kwantitas apalagi kapasitas. Masa sekarang hampir bisa dikatakan energi angin hampir menuju masa kejayaan , karena dari tingkat kapsitas dan kwantitas telah melalui fasa yang belum pernah dilampaui sebelumnya serta sangat menjanjikan keuntungan dari angka statistik yang pernah kami terima dari lembaga riset kami. Meski beberapa tahun yang lalu sempat diremehkan seperti pada tahun 2000 dengan kapasitas hanya sebesar 194,4 Gwatt . Dan pada masa sekarang telah menawarkan angka hingga 2,5% dari semua kebutuhan listrik seluruh dunia yang artinya sekitar 430 TWh dan sepertinya akan terus bertambah , Untuk energi berkelanjutan ini  mereka telah menjadikan ladang-ladang kincir angin yang menyajikan potensial cukup tinggi ,seperti dibangunya berbagai ladang kincir berskala Mega Offshore yang ada dibawah ini , diseluruh belahan dunia .Inilah mereka yang sedang berlomba-lomba menambah kapasitas (wicak).

offshore wind farm opzvp 69

gambar diatas adalah Ladang kincir angin lepas pantai opzvp 69

1. Ladang lepas pantai London Array :

london array offshore wind farm

Ladang lepas pantai London Array

Inilah yang dinamakan The London array yang sedang dalam rencana  pembangunan , yang merupakan ladang kincir lepas pantai yang dibangun dan akan mengambil lokasi bagian luar Thames  Estuary di negara Inggris . Dengan kapasitas sekitar 1000 Mega Watt dan meliputi wilayah seluas 230 kilometer persegi , yang pasti akan menjadi ladang kincir lepas pantai yang terbesar didunia.  Dan terjadi sesuatu yang disayangkan pada beberapa bulan yang lalu , karena beberapa  sponsor proyek ini pada minta bailout , yang tentunya hampir membuat pekerjaan  ini tertunda dan nyaris menggagalkan proyek yang mereka nilai ambisius . Akan tetapi , kali ini menurut keterangan Reuters , ” Chief eksekutif dari E.On Climate and Renewable yang bernama Frank Mastiaux mengatakan bahwa proyek ini telah didukung oleh Dong Energy dan Masdar yang kan menginvestasikan sekitar 2,2 milliar euro atau sekitar $ 2.98 miliar , yang pasti akan menjadi phase berikutnya dari proyek ini(wicak).

2. inilah nasib Ladang kincir lepas pantai pertama di Amerika :

fate of first us offshore wind farm

inilah Ladang kincir lepas pantai  di Amerika

Masih terjadi perdebatan sengit untuk pembebasan lahan ladang tersebut , masih menggema hingga saat ini dan mengancam nasib keberadaan ladang kincir angin terbesar lepas pantai pertama di Amerika .Merupakan proyek yang sangat besar yang akan dikerjakan oleh Energy Management Inc, yang akan didirikan sekitar 130 kincir angin bergenerator , dengan ketinggian maksimun beserta bilahnya sekitar 440 kaki , yang akan didirikan beberapa mil lepas pantai Cape Cod , Massacusetts, Akan tetapi beberapa masyarakat Cape Cod telah menyuarakan nada penolakan bahkan para wisatawan dan penduduk lokal , termasuk juga suku-suku Indian hingga para nelayan bahkan keluarga Kennedy , mereka semua telah menyuarakan penentangan akan proyek ini , dengan alasan akan mengganggu pemandangan yang indah pada sebuah situs bersejarah . Akan tetapi  disisi lain , enam gubernur  sepanjang pantai timur telah meregangkan otot politik mereka untuk menyetujui proyek tersebut(wicak).

3. Salah satu Ladang kincir angin terbesar di Eropa , yang sedang dibangun di Denmark:

msnbc largest offshore wind farm

msnbc adalah salah satu ladang kincir angin terbesar

Meski tidak persis masih dalam tahap pengerjaan taukan memang sudah selesai dibangun , Megaproyek ini menelan dana sekitar $ 1 Milliar yang kerjakan oleh sebuah perusahaan utilitas  berbendera Denmark yang bernama Dong Energy , yang merupakan sebuah ladang kincir angin terbesar di Eropa . Yang dinamakan Horn rev 2 , yang terdiri atas 91 kincir angin raksasa , yang dapat memenuhi kebutuhan energi sekitar 200.000 rumah tangga. Lebih penting lagi , hal ini sepertinya kurang mencermati tujuan yang ditetapkan oleh Uni Eropa untuk menjangkau 20% porsi kebutuhan akan sumber energi terbarukan di  Eropa hingga tahun 2020(wicak).

4. Ladang kincir angin lepas pantai berkapasitas 960 MW yang sedang dibangun di  German:

vattenfallthanet

Ladang kincir angin vattenfallthanet

Apabila ladang kincir angin Denmark cukup besar bagi anda , sebaiknya kita harus berfikir 2 kali , untuk ladang kincir angin buatan German ini dengan kapasitas 960 MWh ini yang dinamakan ‘Innogy Nordsee 1’  akan mencakup wilayah laut seluas 150 kilometer persegi , dan akan memakan biaya sekitar 2,8 miliar euro atau sekitar $ 3,7 miliar . yang terletak sekitar 40 km utara pulau Juist , dan Proposal telah di teliti dan disusun yang diharapkan semua akan selesai pada taun 2015(wicak).

5. Ladang kincir angin di Korea selatan :

6 south korea offshore wind power farm

Inilah ladang kincir angin lepas pantai yang bernama 6 south korea 

Sebuah hasil kolaborasi dua perusahaan raksasa – Hyundai Heavy Industries dan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering yang menghasilkan ladang kincir angin yang sangat menakjubkan dengan menginvestasikan dana sekitar 9,2 trilun Won ($ 8,2 milliar )untuk ladang kincir angin lepas pantai ini.Yang terdiri dari 500 kincir angin , dengan total kapasitas sekitar 2500 MWh , yang artinya sangat mudah menyalip semua proyek yang sedang dikerjakan di Amerika maupun Eropa . Yang akan dibangun di bagian barat Daya kabupaten Buan dan Yeonggwang , dan direncanakan akan selesai dikerjakan pada tahun 2019(wicak).

6. Ladang kincir angin berkapasitas 700 Megawatt yang akan dibangun disekitar kota  New York:

700 megawatt offshore wind farm

inilah ladang kincir angin berkapasitas 700 megawatt itu

Untuk yang satu ini masih dalam tahap studi pendahuluan , yang masih di pelajari oleh Long Island Power Authority dan Con Edison yang akan mengambil inisiatif dalam pengembangan bersama untuk kapasitas hingga 700 Mwh disebuah ladang kincir angin lepas pantai yang terletak sekitar 13 mile semenajung Rockaway .Akan tetapi masalah yang akan timbul adalah apa bila proposal ini disetujui , sistem transmisi listrik dari tenaga angin harus di overhoul yang diperkirakan memerlukan dana sekitar $415 juta .Dan proyek awal akan memiliki kapsitas  sekitar 350MWh,yang akan memenuhi kebutuhan listrik sekitar 250000 rumah(wicak).

7. Inilah rencana Google untuk memenuhi kebutuhan listrik hampir 2 juta rumah dengan energi yang bersih:

offshore wind farms

Ladang kincir angin lepas pantai

Yah…inilah Google yang kita semua tahu, dan tidak mau ketinggalan dalam bidang yang satu ini .Setelah mencoba dengan surat Biogradable dan Innovative EV station , mereka mencoba terjun kedalam sebuah proyek ambisius yaitu pasar energi tenaga angin yang terus berkembang .Rencana besar mereka membutuhkan pembangunan kabel listrik bawah laut membentang sejauh 563 kilometer . Yang artinya proyek ini akan mencakup sepanjang pantai Atlantik di wilayah Amerika yang akan dikerjakan seluruhnya oleh Trans-Elect.Dan efeknya , area ini akan menjadi sebuah ‘wind power zone’ yang akan membentang sepanjang Virginia hingga New Jersey . Dan Proyek ini akan terhubung dengan berbagai Power Plan untuk menyalurkan daya sekitar 6000 MWh yang berasal dari sumber energi yang bersih dan hijau yang dapat mencukupi kebutuhan listrik dengan angka yang cukup fantastis sekitar 1,9 juta rumah (yang pasti dapat mencukupi kebutuhan listrik sekitar 7,2 juta orang ).

Semakin banyak yang sadar akan energi hijau dan terbarukan akan semakin memperbaiki kwalitas udara yang kita hirup sehari-hari, semakin menipisnya energi fosil yang ada dan semakin tingginya harga energi yang tidak terbarukan membuat mereka berfikir jauh kedepan , semoga bangsa bisa kita belajar dari kesadaran bangsa lain yang semakin berfikir jauh kedepan(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/01/12/7-ladang-kincir-angin-lepas-pantai-berskala-raksasa-sedang-dalam-pengerjaan/

Iklan

5 Responses to “7 ladang kincir angin lepas pantai berskala raksasa sedang dalam pengerjaan”


  1. 1 zain
    04/02/2012 pukul 10:54

    semoga pemerintah kita benar-benar memperhatikan energi terbarukan ,bahkan di negara kita ini sangat bagus sekali potensinya,999999999,,

    • 04/02/2012 pukul 17:19

      itulah salah satu tujuan diunggahnya artikel ini …..negeri kita memiliki potensi wilayah , sumberdaya alam maupun manusia yang cukup mumpuni……

      • 3 dedi irawan
        06/06/2012 pukul 10:42

        indonesia sudah punya pembangkit listrik tenga angin terbesar di wilayah bantul dengan kapasitas 1 kw. tapi masih butuh pembenahan dan teknologi yang lebih canggih. ada infokah tentang teknologi kincir snggin ?

      • 06/07/2012 pukul 05:20

        terimakasih atas perhatiannya , teknologi kincir angin masih banyak yang perlu dikembangkan dan disempurnakan, yang kami punya adalah berbagai kincir angin skala rumahan, untuk skala bigbang masih belum bisa kami cantumkan …..

  2. 5 Bahrul ulum
    03/30/2015 pukul 22:28

    Cocok untuk kawasan NTT


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: