06
Jan
12

Bisphenol A adalah zat yang tersembunyi dalam botol plastik minuman anda dan sangat berbahaya

Molecule of Bisphenol A

Photo: Stock.xchng Stock Photo

Sobatsepeda, Bisphenol A (BPA) adalah sebuah zat yang terkait dengan berbagai penyakit kelas berat atau tingkat tinggi seperti Kardiovasculer , Diabetese serta kelainan enzim hati pada manusia. Bahkan sebuah badan pengawas obat dan makanan  sekelas Food and Drug Administration (FDA) telah menolak pengaturan penggunaan zat tersebut pada hampir semua jenis plastik pembungkus makanan (wicak).

Kandungan BPA dengan konsentrasi lebih tinggi dapat di deteksi dari konsentrasi kandung kemih yang mengandung BPA dan mungkin hal ini juga diakibatkan kebiasaan Morbiditas seorang penderita. Jelas ini merupakan sebuah masalah serius bagi populasi penduduk dunia dalam jumlah yang sangat besar (wicak) .

BPA dapat ditemukan pada beberapa peralatan rumah tangga kebanyakan seperti : cangkir minum , mankok bahkan pada beberapa peralatan makan. Pemanasan ataupun menambahkan  cairan panas didalamnya dapat menyebabkan zat kimia ini tercampur pada sesuatu yang akan kita minum atau kita makan didalamnya(wicak).

Plastic Water Bottle

Photo: Stock.xchng

Beberapa kalangan mempercayai bahwa para agen pengawa obat dan makanan tersebut belum pernah membuktikan bahwa BPA aman dan beberapa pihak berpendapat bahwa para agency tersebut terlalu dini mengambil keputusan dengan mengeluarkan peraturan.Akan tetapi beberapa pihak mengatakan sangat setuju , berdasarkan sebuar artikel yang ditulis oleh Bryan Walsh dalam The perils of plastics pada bulan september 2008 (wicak).

Beberapa negara seperti Canada telah mempertimbangkan hal ini dan membuat berbagai regulasi tentang pemanfaatan berbagai bahan yang mengandung BPA dan sejumlah produsen  serta pengecer telah berjanji untuk berpindah dari penggunaan plastik yang mengandung zat berbahaya ini(wicak).

Bahkan beberapa pabrik seperti Eden Foods telah mulai memproduksi berbagai kemasan makanan yang bebas BPA untuk mengurangi efek penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh zat ini dan akan terjadi dimasa yang akan datang(wicak) .

Untuk menghindari atau membatasi diri anda terkena dampak dari zat ini , perlu diperhatiakn hindari penggunaan kemasan makanan atau minuman yang berlabel (7) yang biasanya tercetak pada bagian bawah kemasan. Jangan pernah memasukkan makanan dalam kemasan atau kontainer  plastik ke dalam Microwave dan jangan pernah mencuci plastik jenis ini kedalam pencuci piring dengan detergen keras dalam suhu air sangat panas. Karena kombinasi air panas dan detergen akan mengakibatkan BPA  yang akan mengendap dan mengenai berbagai peralatan makanan lainnya seperti piring dan gelas bahkan yang berbahan kaca atau gelas(wicak) .
Plastic RecyclingPhoto: Stock.xchng Stock Photo

Berbagai plastik yang memiliki kandungan BPA dapat dan akan didaur ulang selama beberapa tahun kedepan dan masih akan didaur ulang secara terus menerus hingga masa yang akan datang . Yang pasti untuk menjaga kesehatan organ tubuh anda ,seminimal mungkin menghindari kemasan makanan dan minuman yang mungkin mengandung BPA apalagi menempatkan apa yang akan kita makan didalamnya(wicak).

Menjaga kesehatan lebih murah dari pada mengobati penyakit , berpola hidup sehat serta alami adalah dambaan setiap insan. Tidak ada salahanya apabila mulai dari sekarang kita lebih teliti dan waspada akan zat-zat yang mungkin akan membahayakan tubuh kita dimasa yang akan datang. Semoga sedikit informasi diatas bermanfaat dan menambah pengetahuan kita akan bahayanya(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2012/01/06/bisphenol-a-adalah-zat-yang-tersembunyi-dalam-botol-plastik-minuman-anda-dan-sangat-berbahaya/

Iklan

1 Response to “Bisphenol A adalah zat yang tersembunyi dalam botol plastik minuman anda dan sangat berbahaya”


  1. 02/03/2012 pukul 07:20

    I was looking for this wonderful sharing admin considerably thanks and also have nice blogging bye


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: