29
Des
11

5 Data center (pusat data) yang paling hijau serta ramah lingkungan

Sobatsepeda, Data center/pusat data  adalah merupakan pusat dari repositori dimana disana tersimpan semua data kita dari berbagai komunikasi hingga web hosting. Pada pusat data ini telah dikalkulasi memerlukan sekitar 3 Giga Watt energi listrik setiap tahunnya dan merupakan penyumbang yang sangat besar bagi peningkatan jejak karbon . Dengan adanya  “Go Green ” yang merupakan nyanyian para Environmentalis  di seluruh penjuru dunia masa sekarang ini , beberapa pusat data tersebut telah dalam pengawasan untuk menemukan cara menurunkan kebutuhan akan  konsumsi energi listrik. Sebagai hasil dari efisiensi pemanfaatan energi pada pusat data telah terjadi evolusi dalam jumlah angka yang sangat besar pada beberapa tahun belakangan ini(wicak) .

Seperi kita tahu pada jaman sekarang ini era pasca PC , lebih banyak menggunakan smart-phone , atau Tablet PC . dimana kita mengenal istilah cloud baik proccesing maupun storage. inilah infrastruktur yang kita butuhkan untuk keandalan perangkat kita dalam melenggang  di alam maya. Pasti semenjak era Tablet PC semakin menuntut kinerja pusat data yang tentunya akan mengkonsumsi energi listrik jauh lebih banyak dari era PC biasa(wicak).

Energy efficient data center

Penghematan Energy pada pusat data

Melalui berbagai penghematan energi pada pusat data sangat sulit dalam pengelolaan , karena energi ini sangat dibutuhkan setiap waktu . terdapat dua area dimana energi ini sangat dibutuhkan pada pusat data dan harus di check setiap saat.

1.Listrik sangat di perlukan untuk mejalankan server serta jaringan komputer dimana yang merupakan basis dari sebuah pusat data.

2.air conditioners serta  perbagai sistim pendingin sebagai media pendukung beban listrik dari pusat data serta system kerja  komputer.

Dimana nilai index yang kami pakai adalah : Power Usage Effectiveness (PUE) dan Data Center Infrastructure Efficiency (DCIE) sebagai standard parameter dalam menentukan tikat kehijauan sebuah pusat data. Dengan berbagai pertumbuhan affinitas menuju perdagangan online, game online , tiket online dan sebagainya  berbagai perusahaan raksasa seperti seperti Microsoft, Google, Yahoo, Face book telah memahami akan kebutuhan metodologi yang lebih hijau dan membangun pusat data yang tentunya mematuhi ketentuan index yang telah dikatakan diatas. dan dibawah ini kami cantumkan beberapa pusat data generasi masa depan(wicak) .

Yahoo Energy-Efficient Data Center

Yahoo Energy-Efficient Data Center

1. Yahoo Energy-Efficient Data Center

Berlokasi di  Lockport, New York, Merupakan pusat data yang cukup effisien milik Yahoo yang terinspirasi bentuk kandang ayam. Yang cukup spesial dari pusat data ini , membutuhkan energi 40 % lebih sedikit dari pusat data biasanya dan memiliki index PUE sebesar 1.08 dimana sangat ketat mengikuti standard hijau. Modul ini dijalankan dengan  memanfaatkan energi listrik tenaga air dari aliran air terjun Niagara. Terlepas dari ini ,yahoo telah memilih tempat yang sangat tepat untuk pusat data ini yang dikelilingi oleh beberapa danau yang selalu mengkonstribusikan hawa dingin disekitarnya sebagai media pembantu proses pendinginan server serta sistim kerja komputer, dari konsep ini memang terlihat seperti kandang ayam(wicak).

Proyek hijau ini merupakan bagian dari pengurangan jejak karbon serta memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat setempat .Karena konsep yang sangat baik dari ide ini , Departemen energi telah rela mendanai proyek ini sebesar $ 9.9 juta (wicak).

Hitachi data center

Pusat data Hitachi 

2. Hitachi Data Center

Hitachi data systems (HDS) yang berdiri pada saat peringatan hari bumi dan pertama kali dikenalkan sebuah pusat data inovatif  dengan konsep hijau yang berlokasi di Yokohama , Jepang. Yokohama menjadi pusat data utama persahaan , yang terdiri dari hardware dan software sebagai kekuatan mereka dalam bidang teknologi. PUE index dari pusat data Hitachi ini adalah 1,6 .termasuk sangat rendah dikelasnya. dalam emisi karbun sangat ramah lingkungan karena pusat data ini dapat menguranginya secara substansial sebesar 20%. Pusat data Hitachi telah mengelola penghematan energi dengan cara memanfaatkan berbagai perangkat ramah lingkungan seperti pendingin air pada server dan rak , serta konverter arus searah dan masih banyak lagi. Terdapat juga taman diatas atap (rooftop garden) yang berfungsi untuk mempertahankan pendinginan terutama dimalam hari. Pusat data Hitachi bahkan telah mengklaim sebagai pusat data terkuat di Dunia(wicak).

Colocation America's Data Centers

Pusat data Colocation  Amerika

3. Colocation America’s Data Center

Colocation America’s datacenter dirancang oleh perusahaan kolokasi terkemuka dan handal dalam bidang hosting. Mereka dilengkapi  berbagai insinyur disiplin ilmu jaringan dengan kemampuan terbaik dan cukup handal dalam instalasi ,mengelola jaringan , konfigurasi dari pusat data ini dengan memanfaatkan energi yang cukup optimal dan sangat efisien. Berlokasi di Los Angles , California . Dan pusat data ini ingin merupakan bagian dari hari esok yang lebih hijau dengan berbagai perubahan seperti penggunaan e-mail untuk mengurangi pemakaian kertas sebagai media komunikasi internal, pengurangan ruang antara rak untuk sirkulasi yang lebih baik, serta penggunaan pengatur cahaya pada pusat data , aula dan masih banyak lagi(wicak). Syracuse University’s data center

Pusat data Universitas Syracuse 

4. Syracuse University’s Data Center

Inilah pusat data paling hijau yang pernah ada dalam operasinya merupakan hasil kerja sama dengan IBM, pada negara bagian New York dengan Universitas Syracuse di kampus mereka menghabiskan lahan seluas 6000 kaki persegi dengan biaya investasi $12,4 juta . Inisiatif ramah lingkungan yang disuguhkan pada pusat data ini dapat mengurangi pemakaian energi separo dari pusat data biasanya.Rumah pusat data ini dilengkapi dengan generator listrik yang dihasilkan dari 12 mikro turbin yang dioperasikan dengan energi gas alam. Panas yang dihasilkan dari putaran turbin mikro dilewatkan melalui pendingin absorbsi untuk menghasilkan air dingin sebagai media pendingin server. Selama musim dingin , server akan didinginkan secara alami oleh udara dingin disekitarnya sementara itu panas yang dihasilkan oleh turbin dimanfaatkan untuk menyuplai air panas untuk gedung-gedung disekitarnya. Karena inovasi tersebut sangat patut diacungi jempol apalagi dalam bidang penghematan energi, Otoritas Riset  dan pengembangan  energi negara bagian New York telah menyumbangkan dana sebesar $ 2 juta  untuk proyek ini dalam bentuk Hibah(wicak). Facebook's  Energy Efficient Data Center

Pusat data Facebookjuga menghemat pemakaian  energi
5. Pusat data Facebook

Pusat data Facebook Prineville yang berlokasi di Oregon ini dibangun untuk menghemat pemakaian daya sekitar 36% dan juga 24 % lebih murah apa bila dibandingkan dengan bentuk usaha kerja sama yang lain dengan Facebook. Dengan rasio PUE sebesar 1.07 sementara pada server yang lain dalam kisaran masin 1.5 jelas menunjukkan tingkat efisiensi energi yang cukup inggi dikelasnya.Untuk mempromosikan dan membantu berbagai organisasi untuk mereplikasi model ini  , facebook akan merilis berbagai spesifikasi mekanik dan tekniknya dalam bentuk perangkat keras terbuka(wicak) .

Pada tahun 2007 , The Environment Protection Agency telah memperkirakan sebuah peringatan tentang peningkatan pemakaian energi yang digunakan oleh berbagai pusat data akan meningkat dua kali lipat dari kurun waktu 2005 hingga 2010 . Namun berkat kesadaran kan pemanasan global yang selalu dinyanyikan para enviromentalis pada masa sekarang, hasilnya seperti sekarang ini penghematan pemakaian energi cukup signifikan pada sebuah pusat data yang telah berevolusi. Meski tingkat prediksi belum tercapai , Hal ini merupakan tonggak awal sebagai sebuah individu yang juga turut menyumbangkan pemakaian energi yang efisien untuk masa depan yang lebih hijau(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/12/29/effisiensi-energi-pada-beberapa-data-center-pusat-data/

Iklan

4 Responses to “5 Data center (pusat data) yang paling hijau serta ramah lingkungan”


  1. 12/29/2011 pukul 16:07

    harusnya pusat data bisa di kunjungi untuk studi banding , bisa sebagai contoh ya cara untuk menghemat energi

  2. 3 ian
    12/30/2011 pukul 01:11

    provider” indonesia harus baca nih, jgn mau duit nya aja..

    oh iya boleh minta komentar sobat sepeda gak di postingan yg ini?
    http://herzablog.blogspot.com/2011/11/seandainya-saya-menjadi-anggota-dpd-ri.html
    makasih yah sblmnya 🙂

    • 12/30/2011 pukul 16:57

      provider indonesia semuanya modal asing jadi nggak perlu pusing” dengan alam indonesia, bagi mereka negeri ini tempat penghasil uang dan tempat buang sampah….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: