21
Des
11

5 negara pemakai kincir angin terbesar di dunia

Sobatsepeda, Kekuatan angin adalah salah satu bentuk sumber energi terbarukan dan ramah lingkungan . Hal ini adalah juga salah satu cara untuk mengatasi keterbatasan energi yang tersedia. Sekitar 194.400 MW energi listrik telah dihasilkan oleh kincir anging diseluruh dunia.Kebanyakan negara-negara di belahan Eropa mayoritas memanfaatkan energi angin untuk memenuhi kebutuhan akan energi , dibanding belahan bumi lainnya. Setiap ladang terdiri dari ratusan Kincir angin dengan ladang seluas lebih dari ratusan mil persegi untuk menghasilkan energi listrik dalam skala besar. Sebagian besar dari kincir angin tersebut dipasang pada ladang-ladang pertanian penduduk setempat. Terdapat dua jenis ladang turbin , yang satu jenis on-shore dan yang lainnya jenis off-shore. Kali ini kami kemukakan beberapa negara yang berinvestasi dalam pemanfaatan ladang kincir angin untuk mencukupi kebutuhan energi. Yang merupakan energi yang sangat bersih dan menghindarkan lingkungan ini dari berbagai bentuk polusi (wicak).

Wind Energy

Inlah kekuatan dari energi angin 

Dibawah ini adalah 5 negara dengan pembangkit listrik tenaga angin kapasitas terbesar didunia

1. China

China Wind FArm

Ladang kincir angin di China 

China telah memanfaatkan energi angin dalam jumlah yang sangat besar diseluruh dunia. Terhitung sekitar 45 Giga Watt energi yang dihasilkan dari sekitar 80 ladang kincir angin. Dan merekan akan terus memperbanyak ladang kincir hingga kapsitas 100 GW pada tahun 2015 untuk mencukupi semua kebutuhan energi mereka dengan mengandalkan keseluruhan kekuatan angin pada tahun 2030. China masih memiliki banyak rencana untuk meningkatkan kapasitas produksinya. Mereka harus memperbanyak kapasitas  energi  angin dengan cara memperbanyak memasang kincir angin. Salah satu alasan utama pemerintahan China untuk berinvestasi dalam memperbanyak kincir angin  adalah struktur geografik yang mendukung serta kebutuhan energi dengan jumlah yang sangat besar dengan jumlah penduduk yang tidak kalah banyak. Garis pantai Dataran China yang sangat panjang bahakan bisa dibilang terlalu panjang, sehingga mereka memutuskan untuk bisa memasang kincir angin lebih banyak. China juga mengupayakan energi dari kincir angin yang lebih kecil , yang biasanya dipasang pada atap gedungbertingkat dan pada lampu jalanan(wicak).

2. USA

USA Wind Farm

Ladang kincir angin di Amerika

USA menempati posisi Runer-up dalam bidang kapasitas energi listrik yang dihasilkan dari garakan kincir angin dengan jumlah sekitar 43 Giga Watt yang dihasilkan dari 101 kincir angin .Semenjak Amerika merasa membutuhkan energi jauh lebih besar dari pada negara lain dibelahan dunia manapun, mereka merasa harus menginvestasikan sebagian belanja negara untuk menghasilkan energi hijau. Amerika belum menginvestasikan ladang kincir angin off-shore akan tetapi dalam waktu dekat mereka akan melakukannya. Amerika merupakan salah satu pelopor dari penggunaan kincir angin .GE(General Elektrik ) Energy adalah pembuat kincir angin terbesar di Amerika .Terdapat Ladang turbin  Roscoe dengan jumah kincir angin sekitar 627 buah , yang merupakan ladang kincir angin terbesar di Dunia.Total kapasitas energi yang dihasilkan adalah 781 MW . Masing -masing kincir angin diladang ini menghasilkan listrik sebesar 1 MW energi listrik. ini bisa mensuplay listrik  sebanyak 260.000 Rumah  penduduk Texas(wicak) .

3. Jerman

Germany Wind Farm

Ladang kincir angin di Jerman

Kali ini jerman menduduki posisi ke 3 dalam pemanfaatan energi listrik dengan kapasitas 28 GW, hal ini terhitung sekitar 9 % dari total energi listrik yang dihasilkan diseluruh Jerman. Jerman telah mendirikan sekitar 21.607 kincir angin dan mereka fokus pada peningkatan kincir angin lepas pantai.Pada bagian tengah jerman terdapat pembangkit yang listrik terbesar.Enercon -126 adalah kincir angin terbesar di dunia yang dibuat serta dipasng di Jerman dengan diameter Rotor 126 meter. Dengan kapasitas senergi yang dihasilkan  sekitar 7 MW . Jerman termasuk negara eksportir terbesar dalam penjualan kincir angin(wicak).

4. Spanyol

Spain Wind Farm

Ladang kincir di Spanyol

Ladang kincir angin di Spanyol telah memenuhi kebutuhan energi listrik sebanyak 16 % dari seluruh energi yang dihasilkan dari negara itu. dan kali ini menduduki peringkat ke 4 di dunia . Denga total produksi sekitar 21 GW dan menduduki peringkat 3 terbesar energi yang digunakan di negara itu .Spanyol telah banyak berupaya untuk meningkatkan kapasitas produksi listrik dan mencoba meningkatkan energ listri menjadi sumber energi utama di negara itu. Sebagian besar ladang kincir angin mereka letakkan pada dataran perbukitan dan tidak begitu banyak yang berada di lepas pantai. Spayol adalah salah satu exportir terbesar dalam penjualan kincir angin (wicak).

5. India

India Wind Farm

Ladang kincir angin di India 

India adalah kelima yang terbesar di dunia dalam kapasitas kincir angin yang dihasilkan . dengan kapasitas sekitar 14 GW dan terhitung sebesar 1,6 % dari keperluan listrik yang dihasilkan oleh negara itu. salah satu yang terbesar adalah ladang kincir Muppandal yang terletak diwilayah Tamil Nadu adalah ladang kincir terbesar di Sub-benua ini dan sebagian  besar dimiliki secara pribadi oleh sebuah perusahaan. Kebanyakan ladang kincir angin di India terletak pada daerah pertanian serta wilayah pegunungan . Meskipun sebagian besar wilayah india tidak sesuai untuk pemanfaatan kincir angin sebagai sumber energi , akan tetapi mereka msih bia menduduki peringkat ke 5 dunia dalam kapasitas produksi listrik. Suzlon adalah pembuat kincir angin terkemuka di India dan juga instalatur terbesar dalam pemasangan kincir angin untuk kebutuhan pertanian(wicak).

Semakin banyak negara besar yang beberapa diantaranya memiliki cadangan energi terbesar didunia. tetap mengandalkan energi angin untuk masa depan bangsa mereka. Masihkah kita mengandalkan energi yang semakin lama semakin menipis ? pola hidup konsumtif kita terkadang sangat membahayakan kelangsungan masa depan anak cucu kita kelak. berfikir jauh kedepan adalah salah satu solusi terbaik, mealui blog sederhana ini mudah-mudahan satu jalur mulai terbuka dan sebuah keputusan menjadi lebih bijaksana (wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/12/21/5-negara-pemakai-energi-angin-terbesar-di-dunia/

Iklan

6 Responses to “5 negara pemakai kincir angin terbesar di dunia”


  1. 12/23/2011 pukul 09:35

    ternyata belanda gak masuk yaa, padahal kan dia negeri kincir angin….
    btw seharusnya Indonesia bisa nih pake metode kincir angin yang banyak, soalnyakan Indonesia banyak muncul angin..

    salam blogwalking

    baca juga iBangle, iPod Model Terbaru

  2. 01/30/2012 pukul 23:46

    di Indonesia bisa gak ya….?

  3. 5 Hans
    05/29/2012 pukul 21:57

    Stuju skali dg energi alternatif. Sy blm bsa mengerti mengapa pemerintah lbih bnyak explorasi energi mineral..ketimbang energi altrnatif (angin), padahal enrgi mineral itu kan bisa jdi harta karun buat klangsungan hidup penerus bangsa. Mudah2an artikel di atas bisa mengingatkan para pemegang kekuasaan di negri ini.

    • 05/29/2012 pukul 22:09

      percuma diexplore…mata bor dan pipanya pun berbendera asing ….kita malah harus beli ke mereka dengan harga semakin mahal …..untuk sesuatu yang mengalir dibawah kaki kita sendiri…..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: