19
Des
11

Warna-warni perkampungan miskin Brazil dalam “Favela Painting”

Sobatsepeda, Warna-warni itulah kesan pertama kami pada waktu pertama kali memijakkan kaki di kota Rio de Jainero, yah …itulah ibukota negara Brazil yang sangat indah dan terletak di sebuah teluk Rio yang indah, serta diwarnai keramahan masyarakat sekitarnya. Ketika kami tanya tentang warna-warni cat yang mendekorasi perkampungan perkotaan disekitar sana mereka berkata “kami belum pernah pergi ke musium sepanjang hidup kami , dan kali ini kami telah merasa hidup didalamnya” , itulah yang dikatakan seseorang kalangan perkampungan miskin Cruzeiro dengan penuh bangga disebuah perkampungan yang bernama Vila Favela. Yah…seperti yang kami lihat juga di filem Hollywood dalam FastFurius 5 yang dilatar belakangi perkampungan Rio yang penuh sesak namun masih estetik. Inilah hasil karya dua orang seniman belanda yang bernama Jeroen Koolhaas dan Dre Urhahn  yang telah  melakukan aksi dinamiknya dalam bentuk karya seni amal yang mereka sebut sebagai Favela painting. Favela adalah salah satu kawasan perkotaan yang  kumuh  dimana terdapat berbagai perumahan masyarakat miskin bahkan mungkin yang paling miskin disana, dimana mereka hampir tidak memungkinkan untuk menemukan peningkatan taraf hidup maupun dalam pekerjaan apalagi mendapatkan perumahan yang lebih layak. Sebagian dalam kondisi rusak dan sebagian lagi tidak layak huni , dan lebih sempurnanya lagi kehidupan mereka sangat diabaikan oleh pemerintahan kota Brazil. Disinilah dilakukan amal yang bertempat di wilayah Favela brazil yang terlupakan , dimana Koolhaas dan Urhahn bertujuan membangkitkan rasa percaya diri serta kebanggan dikalangan masyarakat miskin dengan memberikan tampilan baru pada perkampungan mereka yang selama ini terlihat sangat kumuh, dengan sentuhan seni yang sangat indah(wicah).

Sebuah tim dibentuk dalam  Favela Painting yang bertujuan menghias perkampungan Favela di Brazil, mereka tinggal diantara masyarakat miskin disana dan membentuk tim yang sebagian terdiri dari masyarakat sekitar yang bersedia bergabung dengan mereka dalam sebuah karya seni yang mereka garap.Koolhaas dan Urhahn mengatur pengecatan bagian demi bagian yang mereka usulkan pada masyarakat sekitar secara detail dari tangan -ke tangan masyarakat lokal yang bersedia membantu.dan hasilnya seperti yang kita lihat , bagaikan sebuah karya seni yang sangat menakjubkan bisa terbilang sangat mutlak artistik, sebuah paduan warna yang sangat dinamik bercampur dengan seni geometrik yang sangat indah, sepertinya akan merubah sebuah perkampungan yang sama sekali diabaikan menjadi sebuah karya seni hidup . Seperti kita lihat bisa membuat penduduk yang tinggal disekitarnya menjadi bangga tinggal didalamnya dan merasa lebih nyaman berada di kominitas mereka yang selama ini terkesan angker , kumuh , patah semangat dan membosankan, kami sampaikan terima kasih pada tim yang telah beramal dikampung kami dan telah bekerja tanpa kenal lelah untuk kampung kami dalam Favela Painting(wicak).

“Paranaueee…..paranaueee…..parana….. ” itulah yang saya ingat dengan sedikit alunan disco remix berbaur musik etnik. Mereka seakan berdansa atau menari merupakan gerakan oleh raga beladiri yang bernama Capoeira. Capoeira melambangkan semangat kebangkitan serta kebebasan, membuat kami lebih bersemangat tinggal di perkampungan penuh warna-warni ini (wicak)

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/12/19/warna-warni-perkampungan-miskin-brazil-dalam-favela-painting/

Iklan

4 Responses to “Warna-warni perkampungan miskin Brazil dalam “Favela Painting””


  1. 12/20/2011 pukul 11:27

    wlpun p’mkman pdat pndduk bgt bs jd klhtan cntik 🙂

  2. 12/20/2011 pukul 14:13

    kreatif sih jadi lebih ceria yaa kotanya..
    tapi knp agak sedikit norak karena perpaduan warnanya tapi ya namanya juga kreasi orang 😀

    salam blogwalking

  3. 12/20/2011 pukul 16:37

    jadi tahu tentang Rio de Jainero, dulu ingat petinju yang terkenal dari kota ini


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: