03
Des
11

10 air terjun tertinggi didunia

Sobatsepeda, teringat dulu pada masa kecil saya , apa bila masa kanak-kanak Agan sekalian seperti saya , akan menikmati sensasi melemparkan sesuatu yang cukup berat seperti batu kebawah dataran yang jauh lebih rendah atau dari atas atap gedung yang sangat tinggi sekalipun. Dapat kita saksikan selama apa menyentuh permukaan bawah dan secepat apa sampai pada permukaan tersebut hampir seperti bantingan smash pada shutle kock atau bola volley. Dan sekarang sebagai seorang yang dewasa yang harus bertanggung jawab, saya memandang sebuah kesenangan dari sisi lain yaitu dengan memandang cucuran air dari ketinggian yang sangat ekstrim serta hasil cipratan yang membentur bebatuan dibawahnya , yang terlihat cukup spektakuler menurut saya. Kami mencoba menemukan lebih jauh , sehingga memutuskan untuk memilah serta mencari dimanakah air terjun yang tertinggi didunia itu , terhitung dari kucuran air tertinggi sampai permukaan yang paling bawah tentunya(wicak) .

10. Air terjun Ramnefjells Walls (Ramnefjellsfossen)

Terletak disebuah distrik yang bernama Sogn og Fjordane  yang masih merupakan bagian dari kota praja Stryn, Nesdalen dinegara Norwegia . Air terjun Ramnefjellsfossen adalah salah satu dari serangkaian air terjun bertingkat yang dinamakan horsetail (ekor kuda) dengan titik kucuran tunggal yang paling tinggi yaitu sekitar 1968 kaki (600 meter), Namun , dari total ketinggian , apabila dimasukkan dari titik cascade yang lebih kecil hingga titik yang paling rendah dari Ramnefjellsbreen Glacier hingga dibawah titik utama akan mencapai 2685 kaki (818 meter), Dikarenakan aliran kecil yang datang dari Jostedal Glacier, yang sama sekali belum pernah dijadikan pembangkit untuk keperluan energi listrik , tidak seperti air terjun lainnya yang ada di Norwegia(wicak).

9. Air terjun Kukenam 

Air terjun Kukenam, yang juga dikenal sebagai air terjun  Cuquenan ,yang merupakan salah satu ait terjun terbesar didunia. Yang terletak di daerah Salto , yang berada diperbatasan antara Guyana dan Venezuela, yang terkenal dengan titik kucuran air tertinggi dalam single drop setinggi 2000 kaki atau (610 meter) , yang mata airnya muncul dari ketinggian 8620 kaki (2627 meter) yang berada diketinggian gunung Kukenaam dan jatuh kebawah pada Kukenaam Tepui , yang kemudian mengalir melaui sungai Arapobo yang berada di Cuquenan Plateau di Mata Hui. Apa bila Agan ada di Venezuela , jangan pernah lewatkan pemandangan yang sangat indah dan spektakuler ini !! (wicak).

8. Air terjun Lang  (Langfoss)

Terletak di  Horadland, Norwegia bagian barat, Langfoss adalah salah satu air terjun bertingkat dengan ketinggian keseluruhan 2008 kaki (612 meter) sebelum lompatan menuju Åkrafjorden. is a cascade that falls for a total of 2,008 feet (612 meters) before it leaps out into Åkrafjorden. Dikarenakan rute perjalanan para penjelajah eropa dengan nama E134 yang menyusuri sepanjang permukaan dasar air terjun , beberapa orang biasanya berhenti untuk mengambil gambar hanya untuk mengagumi fenomena alam , yang merupakan salah satu alasan untuk mempertimbangkan air terjun ini sebagai yang terindah didunia(wicak).

7. Air terjun Alfred Creek 

Alfred Creek adalah salah satu air terjun tertinggi di amerika utara. Mengalir dari Alfred Glacier secara bertingkat turun kebawah melaui dinding batu setinggi 700 meter sebelum akhirnya membanting pada sebuah dataran alluvial yang berbentuk kipas sangat besar. Yang terletak di dekat pantai Sunshine di negara Canada, yang diperkirakan ketinggian air terjun ini sekitar 2296 kaki (700 meter).

6. Air terjun Kjerag  (Kjeragfossen)

Kjerag,yang juga  dikenal sebagai  Kiragg, adalah salah satu pegunungan di Norwegia, Terletak di  Lysefjorden, di daerah  Rogaland . Yang sangat terkenal dengan batu besarnya ,Yang mengalir diantara dua batu berukuran raksasa , Sangat sesuai untuk pemanjatan dan penyelaman . yang merupakan air terjun yang meiliki ketinggian sangat ekstrim , dengan ketinggian kucuran sekitar 2345 kaki (715 meter), dengan pemandangan yang sangat spektakuler , jadi jangan lupa selalu bawa kamera Agan ! (wicak)

5. Air terjun Mana’wai’nui 

terletak di  Maui, Hawaii (tidak persis tempat pertama yang saya harapkan untuk menemukan sebuah air terjun yang sangat besar ) inilah air terjun  Mana’wai’nui . menurut masyarakat sekitar atau Orang-orang Hawaii, ini berarti  “air dengan banyak semangat”. Yang dikarenakan sepanjang musim penghujan , membentuk 25 tingkatan terbentuk bagaikan ekorkuda. Kucuran tunggal  tertinggi pada air terjun Mana’wai’nui sekitar 2360 kaki (719 meter)(wicak).

4. Air terjun Ølmäa  (Ølmäafossen)

Terletak di Rauma , Møre Og Romsdal salah satu propinsi bagian Norwegia, sebelah barat dari Mongenfossena, terdapat air terjun tertinggi di Eropa yang bertype ekorkuda. Anehnya tidak memiliki nama sehingga nama Ølmäafossen lah yang sering dijadikan referensi untuk membicarakan air terjun ini. Dimana air berasal dari aliran Gletser kecil yang berada di dataran Romsdalen yang turun kebawah dengan perlahan. Dengan kucuran air setinggi 2362 kaki (720 meter) (wicak).

3. Air terjun Monge (Mongefossen)

Mongefossen, terletak di  Norwegia, inilah air terjun tertinggi di negara Norwegia dengan ketinggian total kucuran sekitar 2535 kaki atau 773 meter. Kabanyakan air dari sini dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air. inilah yang merupakan alasan utama mengapa kebanyakan kering sepanjang tahun – kecuali saat Agan sekalian kesana selama musim pencairan salju sehingga air mengalir dengan  deras.(dari pertengahan musim semi hingga pertengahan musim panas )(wicak).

2. Air terjun Waihilau 

Dia Hawaii terletak disebuah lembah yang cukup besar bernama  Waimanu, Air terjun  Waihilau Adalah yang tertinggi kedua di dunia , Dengan perkiraan mengalir dari ketinggian 2600 kaki (792 meter). Untuk para pejalankaki , pemandangan lembah ini terkenal sangat indah dan menarik, seluruh area ini ditinggalkan pada tahun 1940 sehingga menjadi salah satu tujuan wisata alam yang masih alami serta tidak banyak diketahui oleh orang Hawaii sekalipun . Apabila Agan berada disana akan melihat sebuah fenomena alam yang berbentuk pelangi , kata orang sih cukup mengerikan , kata indah tidak akan  cukup menjelaskan apa yang akan Agan sekalian  lihat disana (wicak) .

1. Air terjun Bidadari atau Angel Falls

Akhirnya inilah airterjun tertinggi di dunia dengan total ketinggian 3212 kaki (979 meter) dan air jatuh bebas sekitar 2648 kaki (807 meter), terkenal dengan Angle falls (Kerepakupai merú ) yang terletak di Taman nasional Camaima, diantara padang sabana yang cukup luas dinegara bagian Bolivar ,Venezuela. pertama ditemukan oleh  Ernesto de Santa Cruz  pada tahun 1910. Meski demikian , tentang kisah seorang pilot yang bernama Jimmy Angle yang telah menemukan pertama kali di tahun 1937 (yang terjungkap kedalam lembah tersebut bersama pesawatnya ). dan kisah ini jauh lebih terkenal . Untungnya , dia dan semua penumpang berhasil lolos meski dengan berbagai luka yang mereka derita dan kisah itu termasuk dalam sebuah legenda di Venezuela. Dan setelah itu dinamakan Angle Falls. Tempat ini juga dikenal dengan nama Kerepakupai merú (dalam bahasa pribumi ) yang artinya jatuh dari tempat terdalam (wicak).

Keindahan alam bukanlah apa-apa kalau kita tidak bisa merawat atau menjaganya. pengrusakan hutan terkadang yang merusak keindahan alam untuk dinikmati kemudian hari. Inilah salah satu dari berbagai warisan dunia yang harus kita jaga dan lestarikan untuk bekal anak cucu kita dikemudian hari(wicak).

sumber:https://sobatsepeda.wordpress.com/2011/12/03/10-air-terjun-tertinggi-didunia/


0 Responses to “10 air terjun tertinggi didunia”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


follow us on twitter

temukan kami di Facebook


%d blogger menyukai ini: